Connect with us

Hi, what are you looking for?

Software

Fungsi Lain Cache Pada Smartphone

Last updated on 24 September, 2017

Mungkin istilah cache pada smartphone sudah tidak asing lagi Anda dengar. Istilah ini sering digunakan karena berhubungan dengan internet. Cache merupakan tempat penyimpanan data yang sifatnya hanya sementara. Cache berfungsi untuk mempercepat akses data pada komputer maupun smartphone, karena cache dapat menyimpan data atau informasi yang telah diakses oleh suatu buffer. Akhirnya kerja prosesor pun menjadi lebih ringan.

“Namun sayangnya cache yang menumpuk di smartphone bisa menyebabkan smartphone menjadi lambat. Banyak pengguna smartphone yang memakai aplikasi booster untuk membersihkan cache yang telah menumpuk di smartphone. Sebenarnya cache bukanlah sampah, namun sesuatu yang berguna bagi sebuah smartphone. Berikut ini merupakan beberapa fungsi cache yang tidak banyak diketahui.”

Mempercepat instruksti sistem

Cache menggunakan memori internal yang ada pada smartphone. Sehingga apabila cache mulai menumpuk, maka ruang penyimpanan menjadi semakin sedikit. Sehingga tidak heran apabila Anda banyak pengguna smartphone yang memilih memakai aplikasi pembersih cache seperti Clean Master dan Cache Cleaner.

Sebenarnya fungsi cache ialah mempercepat proses untuk membuka dan menjalankan suatu aplikasi. Misalnya saja pada saat pengguna membuka aplikasi Instagram, kemudian pindah ke aplikasi BBM, maka cache tersebut lah yang membantu pengguna untuk langsung berpindah tanpa harus memulai dari awal atau dari atas lagi.

Memberikan iklan secara spesifik

Mungkin Anda pernah merasa penasaran mengapa Google dapat menampilkan iklan yang relevan pada pencarian yang dilakukan oleh penggunanya? Sebenarnya Google memakai sistem cache untuk menyimpan seluruh riwayat kunjungan Anda. Google bukan berniat jahat, namun cache browser yang tersimpan digunakan oleh Google untuk menayangkan iklan yang relevan dengan kebutuhan Anda. Tentu saja hal ini tidak hanya dilakukan pada komputer saja, namun juga dilakukan cache pada smartphone.

Itu tadi fungsi-fungsi cache yang tidak banyak diketahui oleh para pengguna. Intinya, sebenarnya cache itu memiliki fungsi tersendiri bagi smartphone. Jadi jangan anggap cache seperti sampah. Namun jika menumpuk dan tidak rajin dibersihkan, smartphone memang bisa menjadi lambat. Oleh karena itu, sebaiknya Anda tetap rutin membersihkan cache yang ada pada smartphone.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Software

Jakarta, Unbox.id – Salah satu faktor penyebab HP lemot adalah kapasitas penyimpanan memori yang mulai penuh. Dalam beberapa kasus, bahkan ponsel tidak mampu menjalankan...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Beberapa masalah muncul saat aplikasi WhatsApp ngehang atau tiba-tiba macet dan tidak bisa menanggapi. Beberapa di antaranya bahkan membuat ponsel menjadi...

How To

Aplikasi menyimpan  data sementara atau cache untuk mempercepat proses kerjanya. Sebagai efeknya, beberapa bagian dari memori harus terpotong untuk menyimpan data-data sampah tersebut. Memiliki...