Connect with us

Hi, what are you looking for?

Artikel

Fungsi AirDrop Pada iPhone dan Cara Menggunakannya

Fungsi AirDrop Pada iPhone dan Cara Menggunakannya (news.softpedia.com)
Fungsi AirDrop Pada iPhone dan Cara Menggunakannya (news.softpedia.com)

Last updated on 20 Juni, 2024

Jakarta, Unbox.id – Saat ini sudah mulai banyak orang yang menjadikan iPhone sebagai perangkat yang digunakan untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Selain terkenal akan premium dan sistem iOS-nya yang simple, iPhone juga menghadirkan beragam fitur yang dapat memudahkan para penggunanya, salah satu fitur yang menarik yakni adalah AirDrop.

AirDrop adalah merupakan fitur yang memungkinkan pengiriman data antara perangkat Apple secara cepat dengan menggunakan dukungan jaringan WiFi dan Bluetooth. Dengan kata lain, Anda dapat transfer berbagai data dari iPhone ke sesama iPhone maupun perangkat Apple lainnya dengan cepat tanpa perlu repot layaknya menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti SHARE It.

baca artikel menarik lainnya tentang : transfer data iphone iphone

Selain itu, data yang dikirimkan antar perangkat Apple juga menjadi aman berkat adanya enkripsi antar perangkat. Anda hanya perlu mengkatifkan fitur AirDrop Bersama jika ingin bertukar data maupun file.

Baca juga: Apple Berencana Gunakan Port USB-C Pada iPhone Terbaru

Apabila fitur AirDrop diaktifkan, maka secara otomatis Bluetooth dan WiFi akan menyala secara otomatis. Hal ini karena Bluetooth membuat hubungan antar perangkat, sementara WiFi membuat jembatan untuk transfer data.

Transfer data menggunakan AirDrop ini memiliki kecepatan yang tinggi, bahkan sangat jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan menggunakan Bluetooth. Hal ini berkat AirDrop memanfaatkan koneksi WiFi dan Bluetooth untuk kebutuhan yang berbeda.

Dengan begitu, bagi para pengguna perangkat Apple seperti iPhone maupun iPad, bertukar file dengan ukuran besar bukan menjadi sebuah masalah berkat adanya fitur AirDrop ini.

Jika Anda merupakan pengguna baru perangkat Apple ataupun belum pernah menggunakan fitur AirDrop ini, berikut adalah cara melakukan transfer data ke sesame pengguna Apple menggunakan AirDrop.

Cara menggunakan AirDrop

Cara menggunakan AirDrop (lifewire.com)

Cara menggunakan AirDrop (lifewire.com)

  • Slide layar dari bagian bawah ke atas untuk membuka Control Center pada perangkat Apple (iPhone/iPad).
  • Aktifkan AirDrop pada perangkat Apple yang akan menerima data. Anda bisa memilih untuk menerima hanya dari Kontak Anda maupun dari semua orang.
  • Kemudiam cari foto, video, atapun dokumen lain yang hendak Anda kirimkan.
  • Setelah sudah memilik file atau dokumen yang akan dikirim, Anda dapat menekan tombol Share.
  • Pada menu pop-up yang muncul, akan ada nama perangkat yang akan menerima data Anda, kemudian pilih perangkat tersebut.
  • Perangkat Apple tersebut akan mendapatkan notifikasi penerimaan file dari perangkat Anda.
  • Tekan tombol Terima atau Accept.
  • Tunggu hingga pengiriman selesai, dan Anda telah berhasil melakukan transfer data menggunakan AirDrop.

Baca juga: Keuntungan dan Resiko Jailbreak Pada iPhone dan iPad

Berikut tadi adalah cara melakukan transfer data menggunakan fitur AirDrop secara mudah dan praktis. Meskipun proses transfer data maupun file melalui fitur AirDrop ini sangat cepat, namun estimasi waktu dari proses transfer tersebut tentu akan berbeda-beda tergantung dari ukuran serta banyaknya data yang hendak dipindahkan.

 

Sumber: dari berbagai sumber

Foto: news.softpedia.com, lifewire.com

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Apple

Unbox.id – Seri iPhone 16 disebut-sebut akan meluncur pada acara peluncuran pada September 2024. Meski masih 2 bulan lagi, bocoran informasi mengenai seri iPhone...

Tech Industry

Last updated on 5 Juli, 2024 Unbox.id – Apple saat ini mengklasifikasikan tiga produknya sebagai produk lama, yakni klasik. Perusahaan telah memperbarui daftar produk...

Apple

Last updated on 1 Juli, 2024 Unbox.id – Apple meluncurkan dua produk iPad baru pada Mei 2024, yaitu iPad Pro 2024 dan iPad Air...

Tech Industry

Unbox.id – Apple dikabarkan akan mengganti 50% pekerja perakitan iPhone dengan sistem otomasi atau dikenal dengan tenaga robot. Informasi ini berdasarkan laporan dari The...