Connect with us

Hi, what are you looking for?

Artikel

Foxconn Invest Pabrik Baru di Utara Tiongkok

Apple Store

Foxconn

Unbox.id – Foxconn, produsen produk Apple sekaligus produk smartphone lainnya ungkap bakalan suntik dana segar untuk membangun pabrik baru di Utara Tiongkok. Tepatnya Taiyuan, Tiongkok. Pembangunan pabrik ini bukan tanpa alasan jelas. Melainkan Foxconn sendiri merasa keteteran dengan permintaan iPhone 14 termasuk produksi pabrik mereka, Zheng Zhou pun tak bisa berbuat apa-apa.

Sebenarnya pabrik lainnya seperti Henan dan Jiangshu pun jadi target utama Foxconn terutama produksi dari iPhone itu sendiri. Bahkan produsen semi konduktor ini bakalan genjot produksi beberapa negara seperti India, Vietnam dan masih banyak lagi.

Foxconn pun suntik dana ke pabrik mereka di India

Tidak heran kalau produksi iPhone kali ini terancam mandek bahkan langka sama sekali. Alhasil banyak sekali permasalahan terutama model ini. Hal tersebut membuat produsen ini berpikir untuk menyuntik dana ke India ketimbang ke Tiongkok.

pabrik

Karena produksi pabrik India mereka tidak terganggu oleh policy Zero Covid, otomatis pabrikan India pun jadi pusat produksi iPhone berikutnya. Termasuk Vietnam kabarnya akan jadi pusat produksi untuk Foxconn itu sendiri.

Masalah berikutnya adalah karyawan pabrik lainnya protes atas kebijakan Zero Covid di Tiongkok tak menyelesaikan masalah. Justru inilah biang kerok selama ini, banyak protes serta prokes ketat tak ada ujung menyebabkan banyaknya masalah terutama produksi iPhone dan produk Apple lainnya.

Dengan total investasi mencapai US$ 500 Juta, rasanya cukup besar untuk ukuran investasi pabrik baru. Bahkan India sendiri jadi favorit ketimbang Indonesia, Lantas masalahnya apa sih?

Tidak mau Melirik Indonesia?

Apple Store

Sejatinya Foxconn sendiri sudah pernah jajaki produksi iPhone untuk kawasan Asia Tenggara. Cuma, persoalannya tidak diketahui lebih lanjut. Bahkan kesannya India lebih bagus daripada Indonesia. Hal seperti ini melecut Indonesia jadi tempat untuk membangun pabrik smartphone dan teknologi.

Padahal pengguna smartphone di Indonesia sendiri sangat besar dan potensinya begitu kuat sekali. Bisa jadi pemasukan baru sekaligus pusat Industri dari segala macam penjuru bukan. Selain itu, pengiriman pun lebih murah karena itu posisi Indonesia sendiri sudah bagus.

Lantas masalah penetrasi pasar yang begitu kuat dari Android atau ada hal lain? Entahlah sebuah cerita yang tak bisa kita lihat dengan semestinya.

 

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Apple

Unbox.id – Bootloop di iPhone merupakan salah satu hal yang paling menyebalkan. Banyak pengguna yang panik saat menghadapi masalah ini. Mengutip GizChina, bootloop merupakan...

Software

Unbox.id – Samsung Electronics Indonesia resmi mengumumkan ketersediaan opsi bahasa Indonesia di Galaxy AI. Dengan dukungan tersebut, pengguna dapat lebih mudah memanfaatkan fitur Galaxy...

Tech Industry

Unbox.id – Aplikasi YouTube Music di iOS mengalami masalah saat dibuka. Beberapa pengguna mengeluhkan bug yang menyebabkan aplikasi menampilkan layar hitam, sehingga pengguna tidak...

Tech Industry

Unbox.id – Chipset Snapdragon 8 Gen 4 diperkirakan akan diluncurkan tahun ini di acara tahunan Qualcomm yakni Snapdragon Summit 2024. Snapdragon 8 Gen 4...