Connect with us

Hi, what are you looking for?

Artikel

Fitur Floating Keyboard Yang Sangat Cocok Dengan Smartphone Layar Jumbo

Last updated on 26 Oktober, 2018

Unbox.id – Google telah menambahkan fitur baru yang menarik kedalam aplikasi keyboard Android Gboard-nya. Fitur ini disebut floating keyboard dan mungkin hanya ini jawaban atas masalah yang didapat saat mengetik dalam smartphone bezel-less yang bisa membuat tergelincir saat menggunakannya. Fitur ini juga sangat bagus bagi siapa pun yang merasa keyboard terasa lebih besar karena dengan layar besar dengan jari-jari yang kecil.

Jika aplikasi keyboard ini telah anda perbarui ke versi 7.6 atau yang lebih baru, anda bisa menemukan fitur praktis ini. Tepat seperti namanya, keyboard itu terkunci dari bagian tepi bawah layar dan memungkinkan anda bergerak dengan bebas, meletakkannya tepat di tempat yang diinginkan.

Kenapa anda harus menggunakan fitur ini melalui keyboard satu tangan di mana semua tombol-tombol berada ke satu sisi layar? Fitur Ini sangat cocok untuk generasi smartphone baru dengan bezel less. Area ini memberi ide pada Google agar pengguna ponsel nyaman mengetik pesan dalam smartphonenya walaupun yang dalam layar yang lebih besar, tetapi sekarang keyboard ini bisa diatur menjadi jauh lebih kecil, dan lebih mudah untuk meraba-raba saat mengetik. Tempatkan fitur keyboard mengambang ke bagian ponsel dimana anda merasa nyaman menggunakannya dengan satu tangan.

Baca Juga – Fitur Baru Google Maps Membuat Perjalanan Anda Kian Nyaman

Ingin mencobanya? Jika anda masih belum memasang Gboard didalam ponsel Android anda, buka didalam google PlayStore dan dapatkan sekarang, karena keyboard ini lebih baik daripada kebanyakan aplikasi keyboard lain yang ada di luar sana. Untuk menemukan mode Floating Keyboard, anda harus menggalinya kedalam beberapa menu. Ketuk ikon Google “G” di keyboard, lalu kemudian tiga titik untuk pilihan lebih lanjut yang ada di bagian paling kiri dari menu paling atas yang muncul. Ikon untuk Floating Keyboard ada dibagian kiri dari 4 pilihan yang muncul. Ketuk, dan keyboard akan mengambang di layar. Anda bisa atur posisi nya dengan cara mengetung dan menahan lambang navigasi keyboard yang terlihat menonjol kebawah yang berada tepat dibawah tombol spasi. Dan kemudian bisa anda seret keyboard ponsel anda ke bagian yang anda inginkan.

Untuk mengembalikan posisi keyboard, anda cukup membalik instruksi sebelumnya dan ketuk ikon Floating Keyboard lagi. Jika anda ingin membuat akses lebih cepat, ketuk dan tahan ikon Floating Keyboard dan seret ke baris akses cepat.

Jika keyboard didalam layar ponsel anda selalu terasa aneh untuk diketik, atau anda khawatir kalau nanti ponsel anda jatuh, cobalah fitur ini.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Google Pixel Fold memang tidak sepopuler merek ponsel layar lipat lainnya seperti Samsung, Oppo, atau Huawei. Meski begitu, Google Pixel Fold tetap...

Tech Industry

Unbox.id – Membeli aplikasi atau game melalui Google Play kini lebih aman. Pasalnya Google menerapkan metode keamanan biometrik untuk mengonfirmasi transaksi yang dilakukan. Ini...

Apps & Games

Unbox.id – Google Workspace mengumumkan sejumlah pembaruan fitur pada acara Google Cloud Next 2024. Seperti tema besar acara tahunan ini, kecerdasan buatan (AI) menjadi...

Apps & Games

Unbox.id – Google baru saja mengumumkan kabar baik untuk semua pengguna Android. Pengguna tablet atau ponsel Android kini dapat menggunakan fitur pengeditan foto di...