Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

Fitur Baru Google Maps Mampu Tampilkan Kualitas Udara

Fitur Air Quality Google Maps (sumber: pocket-lint.com)
Fitur Air Quality Google Maps (sumber: pocket-lint.com)

Jakarta, Unbox.id – Kualitas udara saat ini menjadi salah satu faktor penting yang perlu dipertimbangkan ketika akan mengunjungi suatu tempat. Selain pemandangan dan fasilitas yang ada, kualitas udara juga merupakan hal yang penting karena hal itu dapat mempengaruhi kesehatan. Sepertinya hal itu juga menjadi pertimbangan Google Maps untuk menghadirkan fitur terbarunya ini.

Nah, baru-baru ini, Google Maps telah menghadirkan fitur baru yang memungkinkan para pengguna untuk menampilkan kualitas udara di sekitar lokasi yang ingin dituju pengguna.

Fitur baru yang diluncurkan oleh Google ini yakni disebut dengan Air Quality. Fitur tersebut dapat memberikan informasi mengenai kualitas udara yang ditampilkan dalam Air Quality Index (AQI) dengan angka kualitas udara antara 0-400, dengan tampilan atau indikator warna dari hijau ke merah.

Baca juga: Gabungkan Meet dan Duo, Google Akan Tambahkan Fitur Baru

Semakin buruk kualitas udara yang ada di lokasi yang Anda pilih, maka indikator akan menampilkan tampilan warna mulai dari kuning hingga merah. Sedangkan jika indikator tersebut berwarna hijau, maka hal tersebut menunjukan bahwa kondisi kualitas udara tersebut baik.

Data mengenai kualitas udara ini berasal dari pihak ketiga yang menyediakan sensor pendeteksi kualitas udara di wilayah tersebut. Untuk menghadirkan informasi kualitas udara secara realtime, Google bekerja sama dengan lembaga pemerintah Environmental Protection Agency (EPA) dan jaringan sensor udara PurpleAir untuk menampilkan informasi kualitas udara.

Fitur Air Quality Google Maps (sumber: pocket-lint.com)

Fitur Air Quality Google Maps (sumber: pocket-lint.com)

Dengan hadirnya Air Quality ini, pengguna dapat melihat nomor Indeks Kualitas Udara (AQI) pada lokasi yang dipilih dan dengan panduan untuk aktivitas di luar ruangan serta kapan informasi tersebut terakhir kali diperbarui.

Dengan begitu, pengguna dapat membuat keputusan yang tepat untuk melakukan kegiatan yang akan mereka lakukan diluar ruangan hanya dengan menggunakan terbaru Google Maps ini.

Saat ini, fitur Air Quality ini baru dapat diakses di wilayah Amerika Serikat saja dan belum ada informasi yang lebih lanjut mengenai kapan fitur Air Quality ini akan diluncurkan untuk pengguna secara global. Tentunya jika fitur ini diluncurkan secara global, maka ini akan menjadi salah satu fitur penting yang nantinya dapat berguna bagi para pengguna yang tinggal di kota besar seperti Jakarta.

Fitur Air Quality pada aplikasi Google Maps ini tersedia untuk perangkat Android dan iOS, jadi jika Anda telah menginstalnya dan berada atau sedang berlibur di Amerika Serikat, Anda dapat mencobanya untuk memeriksa kualitas udara di lokasi tertentu.

Baca juga: Apple Akan Segera Luncurkan Mesin Pencari Pengganti Google

Namun, selain tersedia pada perangkat Android dan iOS, Anda juga dapat menggunakannya melalui web yakni dengan mencari di Google seperti misalnya mencari “Kualitas udara di dekat saya” atau “Kualitas udara di [nama lokasi di Amerika], dan kemudian Anda akan melihat informasi mendetail tentang kondisi udara pada lokasi tersebut.

 

Sumber: dari berbagai sumber

Foto: news9live.com, pocket-lint.com

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Google memperkenalkan beberapa solusi baru pada acara Google Next 2024. Salah satu solusi yang dihadirkan pada acara tersebut adalah Gemini Code Assist...

Tech Industry

Unbox.id – Google Doodle hari ini merayakan Hari Bumi 2024 dengan serangkaian gambar yang menampilkan kata “Google” dari gambar satelit. Hari Bumi 2024 atau...

Tech Industry

Unbox.id – Google Pixel Fold memang tidak sepopuler merek ponsel layar lipat lainnya seperti Samsung, Oppo, atau Huawei. Meski begitu, Google Pixel Fold tetap...

Tech Industry

Unbox.id – Membeli aplikasi atau game melalui Google Play kini lebih aman. Pasalnya Google menerapkan metode keamanan biometrik untuk mengonfirmasi transaksi yang dilakukan. Ini...