Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Fakta Unik Atari, Pengembang Game Konsol Pecat Bill Gates

Game Konsol
Ilustrasi game lawas Atari | foto : berbagai sumber

Jakarta, Unbox.id – Dengan maraknya perkembangan dunia game hingga Esports saat ini, banyak orang yang tidak mengenal apa itu Atari. Sama seperti Nintendo dan PlayStation, Atari adalah salah satu pengembang game konsol yang pernah sukses pada masanya. Mungkin jika mendengar nama Bill Gates atau Steve Jobs, pikiran akan segera tertuju pada kesuksesan besar teknologi.

Namun, siapa sangka, sang pendiri perusahaan Microsoft dan Apple tersebut pernah menjadi anak buah perusahaan Atari. Bahkan, Bill Gates muda pernah mengalami pemecatan karena pekerjaannya yang selalu tidak tepat waktu. Itu sebelum Atari sendiri memfokuskan diri pada pengembangan game konsol, mereka adalah perusahaan yang bergerak di bidang komputer.

Awal Mula Berdirinya Pendahulu Game Konsol Atari

Meski namanya terdengar kejepang-jepangan, akan tetapi Atari ini pertama kali berdiri oleh Nolan Bushnell dan Ted Dabney di California 1972. Sebelum resmi memperkenalkan diri dengan nama Atari, Nolan dan Ted awalnya menggunakan nama Syzygy Engineering, sebuah firma permesinan. Dalam satu tahun, mereka dengan bantuan teknisi Allan Alcorn berhasil membuat pengembangan dari game pertama di dunia Magnavox Odyssey. Yaitu PONG, permainan tennis yang berbentuk arcade video game.

baca juga : Magnavox Odyssey: Nenek Moyang Game Konsol Tahun 1972

Pada awal-awal pembuatan game konsol Atari, mereka masih menggunakan desain yang besar dan boros. Selain itu, konsol yang mereka buat masih sangat sederhana, lebih mirip persneling mobil ketimbang joystick karena ukurannya yang cukup besar. Grafik yang tampil di layar juga masih sangat kuno, berbeda jauh dengan versi atari yang ada di tahun 90an atau setelah tahun 2000. 

Ilustrasi game lawas Atari | foto : berbagai sumber

Persaingan atari di bidang industri game konsol terbilang cukup berat. Mereka harus melawan derasnya arus kecanggihan dari SEGA, Nintendo, bahkan tetangganya sendiri, Kee Games. Perjalanan Atari pun tak semudah yang dibayangkan. Mereka sempat meredup pada tahun 1992 saat perusahaan terlibat dalam kegiatan monopoli ilegal.

Atari Infogrames yang Masih Bertahan Hingga Sekarang

Di awal perjalanannya, Atari game arcade terinspirasi dari tingginya minat masyarakat dengan permainan komputer. Sementara itu, harga yang ada terlalu tinggi untuk dapat terjangkau oleh mereka. Hanya kalangan elit yang bisa merasakan game saat itu. Jika harga permainan seperti Magnavox Odyssey sangat mahal, ini adalah kesempatan untuk menjajakan game dengan harga satu koin secara bergantian.

baca juga : Latar Belakang Dicetuskannya PlayStation Oleh Sony

Ini adalah fakta menarik dari perusahaan pengembang game yang berdiri di perancis saat ini. Di mana mereka membuat game arcade menggunakan budget seadanya. Hanya dengan bermodalkan layar televisi bekas, kayu murahan, serta penampung koin dengan bekas kantong susu. Ajaib bukan? Dan game yang ada pun adalah ide produk buatan orang lain, yakni PONG.

Magnavox Odyssey sempat mempermasalahkan hal ini dan membawanya sampai ke pengadilan. Namun, nyatanya mereka tidak membutuhkan waktu lama untuk membuat jalan tengah dari masalah tersebut.

Nah, setelah sekian lama tidak ada kabar, kini Atari tengah meluncurkan produk barunya yang tidak diketahui banyak orang. Yaitu Ataribox, salah satu game konsol yang akan kita bahas pada artikel selanjutnya.

sumber : berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Tech Industry

Jakarta, Unbox.id – Mengingat game klasik masa kecil tentunya tidak terlepas dari Super Mario Bros atau Sonic The Hedgehog. Kedua game yang pernah menjadi...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Untuk kalian generasi 90an tentu saja sudah tak asing lagi dengan nama game seperti Tekken 3, Winning Eleven, Harvest Moon Back...

Sony

Jakarta, Unbox.id – Setelah pembahasan tentang sejarah game konsol di era Magnavox Odyssey tahun 1972, kini redaksi akan lanjut ke PS atau PlayStation. Di...

Artikel

Jakarta, Unbox.id – Perkembangan teknologi game konsol memiliki perjalanan yang sangat unik. Pastinya, akan menarik jika dibahas pada artikel kali ini. Ya, redaksi akan...