Connect with us

Hi, what are you looking for?

Social Media

Facebook Rilis Fitur Feed Baru Tampilkan Postingan Teman dan Keluarga

Facebook Rilis Fitur Feed Baru Tampilkan Postingan Teman dan Keluarga (sumber: techcrunch.com)
Facebook Rilis Fitur Feed Baru Tampilkan Postingan Teman dan Keluarga (sumber: techcrunch.com)

Jakarta, Unbox.id – Facebook baru saja meluncurkan fitur baru pada yang memungkinkan pengguna melihat unggahan dalam urutan kronologis terbalik daripada konten yang diberi peringkat oleh algoritme.

Fitur yang disebut “Feeds,” ini adalah tab khusus di aplikasi Facebook yang nantinya akan menampilkan semua unggahan terbaru dari teman atau keluarga. Halam pertama atau beranda sekarang akan dikenal sebagai “Home,” dan akan berubah fungsi menjadi mesin pencarian berdasarkan kebiasaan pengguna.

Mark Zuckerberg selaku CEO Meta mengungkapkan melalui unggahannya pada Facebook bahwa salah satu fitur yang paling banyak diminta untuk Facebook yakni adalah memastikan orang tidak melewatkan unggahan teman. Jadi hari ini kami meluncurkan tab Feeds di mana Anda dapat melihat posting dari teman, grup, Halaman Anda, dan lainnya secara terpisah dalam urutan kronologis.

Fitur ini nantinya akan diluncurkan secara global selama minggu depan di Facebook versi smartphone dan nantinya versi desktop dijadwalkan untuk rilis dalam beberapa minggu ke depan.

Baca juga: Facebook Akan Hadirkan Fitur Multiple Profil Dalam 1 Akun

Tampilan baru Facebook (sumber: howtogeek.com)

Tampilan baru Facebook (sumber: howtogeek.com)

Dengan membuat tab “Home” lebih personal, Meta juga bersaing dengan TikTok dengan mencoba meniru kesuksesan aplikasi video tersebut dengan pengguna internet “Gen Z” yang sebagian besar didorong oleh algoritme rekomendasi yang membuat ketagihan. Tab “Home” nantinya juga akan menyertakan Reels, serta Stories dan konten lainnya.

Sedangkan tab “Feeds” baru adalah kembalinya ke pengalaman media sosial dasar Facebook di mana difokuskan pada aktivitas dan unggahan dari teman, keluarga dan grup Anda. Namun, umpan Beranda atau “Home” yang diubah seperti menunjukkan keinginan Meta untuk mengejar TikTok yang merupakan ancaman terbesarnya saat ini. Mengingat fakta bahwa Beranda algoritmik adalah apa yang akan dilihat pengguna saat pertama kali membuka aplikasi Facebook, mudah untuk melihat di mana letak prioritas Meta.

Di dalam “Feeds” pengguna juga dapat mempersonalisasi tab favorit untuk secara eksklusif menampilkan unggahan dari teman, halaman, dan grup tertentu yang paling diminati oleh pengguna. Pengguna dapat menambahkan hingga 30 favorit.

Tab lain di bilah pintasan seperti Watch, Marketplace, dan Grup, akan bervariasi berdasarkan fitur yang paling sering digunakan dari setiap pengguna. Namun, pengguna juga memiliki opsi untuk menyematkan tab di bilah pintasan untuk memastikannya tetap ada secara permanen.

Tampilan baru Facebook (sumber: pocketnow.com)

Tampilan baru Facebook (sumber: pocketnow.com)

Pengguna dapat memilih Menu di bilah pintasan, ketuk Pengaturan & privasi, Pengaturan, Pintasan, dan Bilah pintasan, buka menu tarik-turun di sebelah pintasan yang ingin mereka sematkan, dan tekan Pin.

Baca juga: Facebook Watch Hentikan Akses Layanan di Apple TV

Upaya Facebook ini tentu merupakan bagian dari persaingannya dengan TikTok, terlebih pFacebook juga telah kehilangan banyak pengguna harian untuk pertama kalinya pada kuartal terakhir tahun 2021, dan meskipun platform tersebut kembali tumbuh pada kuartal pertama tahun ini, pertumbuhannya sekarang lebih lambat dari sebelumnya karena TikTok telah menggeser pasar.

 

Sumber: dari berbagai sumber

Foto: pocketnow.com, howtogeek.com, techcrunch.com

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Apps & Games

Unbox.id – WhatsApp, platform perpesanan instan terkemuka di dunia, secara aktif menjajaki pengintegrasian fitur-fitur kecerdasan buatan, yang juga dikenal sebagai AI. Meta dikatakan sedang...

Tech Industry

Unbox.id – Perusahaan induk Instagram dan WhatsApp, Meta, saat ini tengah terlilit masalah hukum di Amerika Serikat. Pasalnya, Komisi Perdagangan Federal (FTC) menuduh perusahaan...

Tech Industry

Unbox.id – YouTube terus meningkatkan program monetisasi kontennya melalui video pendek. Dikutip Engadget, perusahaan mengumumkan bahwa lebih dari seperempat pembuat konten yang tergabung dalam...

Software

Last updated on 31 Maret, 2024 Unbox.id – Belum lama ini, Apple mengumumkan pembaruan menarik untuk pengguna iPhone lawas, khususnya pemilik iPhone 12. Pasalnya,...