Connect with us

Hi, what are you looking for?

Artikel

Exynos atau Snapdragon? Pilih Mana Kalian?

Exynos atau Snapdragon

Unbox.id – Saat memilih smartphone, ada juga yang melihat prosesor apa yang mereka gunakan. Terkadang pemilihan ini membutuhkan sebuah keputusan yang sulit. Selain dukungan fitur juga kemampuan baterai juga punya pengaruh banyak.

Saat ini kedua prosesor yang jadi perhatian banyak orang adalah, Exynos dan Snapdragon. Keduanya jadi bahan keributan dan juga biasanya jadi kekecewaan bagi konsumen yang inginkan. Apalagi persoalannya adalah banyak konsumen pro pada prosesor dari luar ketimbang dari produsen itu sendiri. Sedangkan produsen lainnya ingin gunakan resources dari mereka sendiri.

Exynos atau Snapdragon

Bagaimanapun,  kedua prosesor tersebut merupakan prosesor terbaru dan sangat unggul dalam performa. Namun, sulit untuk memilih yang paling unggul karena keduanya memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Jadi tergantung masing-masing pabrikan inginkan model seperti apa bukan.

Kali ini kami bahas kemampuan dan keunggulannya serta kelemahannya dari kedua prosesor baik dari segi in-house dan juga pabrikan seperti Snapdragon ini. Terutama untuk Smartphone seperti Samsung S23 Series.

Exynos, Buatan Samsung namun Belum dapat tempat

Exynos 2200 merupakan prosesor buatan Samsung sendiri, dan memang buatan khusus di dalam ponsel flagship terbaru seperti Samsung Galaxy S22. Prosesor ini memiliki delapan inti dengan kecepatan hingga 3,09 GHz dan lengkapi dengan teknologi 5 nm. Selain itu, Exynos 2200 juga dilengkapi dengan grafis Mali-G78 yang dapat memberikan performa grafis yang lebih baik.

Namun, namanya juga Exynos dan sebenarnya belum bisa jadi solusi untuk Samsung buat membawa prosesor ini kepada konsumen setia mereka.

Bagaimana dengan Snapdragon atau Exynos?

Sementara itu, Snapdragon 895 Gen 2 merupakan prosesor terbaru dari Qualcomm, dengan teknologi 5 nm sebenarnya sangat mumpuni bahkan punya kemampuan yang lebih baik daripada generasi sebelumnya. Prosesor ini memiliki delapan inti dengan kecepatan hingga 3,2 GHz dan dilengkapi dengan grafis Adreno 730.

Secara spek sendiri terlihat berbeda bukan. Namun, bukan itu saja, masih banyak lagi perbedaan yang membuat model ini terlihat berbeda sekali. Karena itu, Snapdragon 895 Gen 2 sendiri jadi pilihan menarik buat yang mau model paling kencang.

Jadi, secara umum Snapdragon 895 Gen 2 mungkin memiliki sedikit keunggulan dalam performa karena kecepatan yang lebih tinggi, tetapi Exynos 2200 juga merupakan prosesor yang sangat unggul dan dapat memberikan performa yang sangat baik dalam penggunaan sehari-hari. Namun, pilihan antara kedua prosesor ini juga bergantung pada preferensi dan kebutuhan pengguna.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga