Connect with us

Hi, what are you looking for?

Artikel

Essential Sedang Membangun Ponsel Dengan AI Yang Mampu Meniru Tindakan Penggunanya

Last updated on 13 Oktober, 2018

Unbox.id – Sepertinya Essential Phone akan segera mendapatkan suksesornya. Menurut laporan baru dari Bloomberg, Essential telah memulai pengerjaan ponsel baru mereka yang akan menggunakan A.I yang mampu meniru pengguna dalam melakukan berbagai tugas seperti merespons pesan secara otomatis.

Sepertinya Essential bekerja dengan penuh semangat pada proyek baru ini – faktanya, Essential dikabarkan telah menghentikan pengembangan pada berbagai hal seperti speaker home yang direncanakan dan berpotensi dibeberapa produk lain dengan bertujuan menaruh fokusnya pada ponsel baru ini.

Menurut laporan dari Bloomberg, bahkan desain ponsel Essentian baru ini benar-benar berbeda dari smartphone lainnya. Ponsel ini dikabarkan memiliki layar kecil dan sebagian besar pengguna akan berinteraksi dengan ponselnya hanya melalui kontrol suara yang akan bekerja dengan software A.I buatan Essential sendiri. Dengan kata lain, perangkat bertujuan untuk menjadi lebih dari sekedar digital assistant dari ponsel yang telah hadir sebelumnya.

Hal ini terdengar agak memiliki unsur sci-fi, tapi sepertinya itulah tujuan utamana. Andy Rubin, salah satu pendiri Android dan pendiri Essential Product, menyatakan tengah mencoba membangun perangkat yang bisa “menangkap imajinasi orang” dengan menjadikannya sesuatu yang sangat berbeda dari rivalnya.

Tentu saja dengan ide ini, Essential masih memiliki jalan yang panjang di depannya. Saat ini, konsumen A.I.masih didominasi oleh berbagai perusahaan raksasa seperti Google, Amazon, dan Apple, tetapi assistant yang telah diwujudkan dari perusahaan-perusahaan besar itu masih bisa dikatakan sebagai kegagalan yang mana masih memaksa penggunanya untuk melakukan tugas secara manual. Dengan ponsel yang hanya memiliki layar kecil, melakukan tugas secara manual mungkin jauh lebih sulit. Perangkat baru ini bisa ditargetkan pada mereka yang ingin menghabiskan waktu lebih sedikit dalam menggunakan ponsel mereka.

Baca Juga – Tim Peneliti Deezer Mengembangkan AI Yang Bisa Memilih Lagu Berdasarkan Suasana Hati

Jadi pertanyaannya, kapan kita akan melihat perangkat baru Essential ini? Essential dikabarkan memiliki prototipe pertama produk ini yang akan selesai pada akhir tahun ini, tetapi tidak mungkin konsumen bisa melihat seperti apa prototipe itu. Menurut Bloomberg, Essential berniat untuk memperlihatkan ponsel ini kepada partner industri mereka di Consumer Electronics Show pada bulan Januari yang diadakan di Las Vegas – meskipun konsumen nantinya tidak mungkin akan melihat perangkat ini hingga memasuki tahun 2019.

Bahkan ketika Essential akhirnya merilis perangkat baru ini, tidak ada jaminan bahwa perangkat ini akan terjual – dan jika tidak, ini bisa menjadi salah satu perangkat terakhir yang bisa kita lihat dari Essential.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Meta meluncurkan versi beta dari alat pembuat gambar real-time bertenaga AI di WhatsApp. Sayangnya, hanya pengguna WhatsApp di AS yang akan mendapatkan...

Tech Industry

Unbox.id – Microsoft Research Asia baru saja meluncurkan alat AI eksperimental baru yang disebut VASA-1. AI ini dapat memodifikasi gambar seseorang serta file audio...

Social Media

Unbox.id – Setelah menyaksikan pesatnya perkembangan AI, Meta pun tak tinggal diam. Perusahaan induk Facebook telah berupaya menerapkan AI ke dalam ekosistemnya selama beberapa...

Tech Industry

Unbox.id – Chatbot AI yang diproduksi perusahaan Elon Musk kini mampu “memahami” gambar, mulai dari diagram hingga tabel berisi informasi. Hal tersebut diungkapkan xAI...