Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Deretan Kemampuan Microsoft 365 Copilot Saat Didukung GPT 4

Microsoft 365 copilot_1a
Microsoft 365 hadir sebagai salah satu layanan canggih yang bisa digunakan para penggunanya. (Sumber: Computerworld)

Unbox.id – Microsoft baru saja mengumumkan hadirnya fitur kecerdasan buatan (AI) bernama Copilot. Telah diumumkan bahwa perusahaan akan mengintegrasikan teknologi Copilot ke dalam semua aplikasi dan layanan Microsoft 365, dari MS Word, Excel, Outlook, dan PowerPoint. Microsoft menjelaskan bahwa Copilot mendukung GPT-4 yang dibuat oleh OpenAI dan akan muncul bersama Aplikasi Microsoft 365 sebagai bantuan.

Menggunakan Copilot

“Ini bekerja untuk Anda, dibangun ke dalam aplikasi yang digunakan jutaan orang setiap hari” Jared Spataro, kepala Microsoft 365 Word, Excel, PowerPoint, Outlook, Teams, dan lainnya.

Mengutip The Verge, Sabtu (18/3/2023), pengguna dapat menggunakan Copilot untuk memberikan informasi mengenai rapat yang akan diadakan di Microsoft Teams.

Dia mungkin juga diminta untuk memberi seseorang pembaruan tentang proyek, perubahan organisasi, seperti perekrutan terbaru, serta pembaruan tentang kolega yang kembali setelah liburan. Lalu fitur dan manfaat apa saja yang bisa Anda dapatkan dengan Microsoft 365 Copilot?

Baca juga: Microsoft Bing Dan Edge Dilengkapi Fitur Mirip ChatGPT

Tentang Microsoft 365 Copilot

Microsoft 365 copilot_2b

Platform aplikasi Microsoft ini memang didukung dengan sistem canggih yang menarik untuk digunakan lebih lanjut. (Sumber: Pureinfotech)

Copilot juga dapat menulis, mengedit, dan meringkas teks yang ingin ditulis. Pengguna dapat menggunakan Copilot untuk mengatur dokumen berdasarkan file lain. Anda juga dapat membuat teks menggunakan Copilot di MS Word, yang nantinya juga dapat diedit dan disesuaikan dengan bebas.

Sama seperti di Word, pengguna dapat lebih mudah menerjemahkan ide dalam presentasi PowerPoint. Cukup masukkan presentasi yang ingin dibuat, Copilot dapat langsung membuat 10 slide PPT. Pengguna juga tidak perlu repot mengatur tata letak teks atau gambar di PPT, semuanya sudah diurus oleh Copilot.

Mirip dengan Excel, fitur Copilot dapat membantu pengguna mendapatkan wawasan tentang data tertentu, mengidentifikasi tren, atau membuat tampilan data profesional dalam sekejap. Ini berarti bahwa pengguna Excel dapat menggunakan Copilot untuk secara instan membuat analisis SWOT atau tabel pivot berbasis data.

Di Outlook, Copilot dapat membantu pengguna membuat email dan mengelola email secara massal ke kotak masuk. Perusahaan yang didirikan oleh Bill Gates itu mengatakan, dengan cara ini, pengguna bisa lebih fokus berkomunikasi dengan pemangku kepentingan daripada sibuk dengan email.

Baca juga: Rencana Microsoft Tambahkan OpenAI Pada Aplikasi Office

Manfaat Microsoft 365 Copilot

Salah satu keunggulan Copilot adalah peningkatan efisiensi kerja. Didukung oleh kecerdasan buatan, pengguna dapat menyelesaikan tugas umum dengan lebih cepat dan lebih efisien. Anda dapat fokus pada pekerjaan yang lebih penting. Dalam jangka panjang, ini dapat membantu Anda meningkatkan produktivitas dan menyelesaikan pekerjaan dalam waktu yang lebih singkat.

Dibangun menggunakan GPT-4 OpenAI, Copilot dapat memprediksi kebutuhan pengguna dan memberikan solusi yang paling sesuai secara real time. Dengan demikian, Anda dapat meningkatkan efisiensi kerja dan mengoptimalkan penggunaan waktu Anda.

Dilengkapi dengan sistem enkripsi canggih dan keamanan data yang ketat, Anda tidak perlu khawatir dengan keamanan data saat menggunakan layanan ini. Di lingkungan kerja yang semakin berisiko terancam oleh serangan siber, Microsoft menjanjikan peningkatan perlindungan di Copilot sehingga pengguna dapat menggunakan AI ini dengan tenang.

Perusahaan juga menjanjikan kemudahan bagi pengguna ketika ingin mengakses Office Copilot, baik melalui desktop maupun melalui perangkat mobile Android dan iOS. Karena dapat diakses dari mana saja, sangat berguna bagi pengguna yang sering bepergian atau bekerja dari jarak jauh.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Software

Unbox.id – Microsoft didenda 242 juta USD atau setara sekitar Rp 3,9 triliun, karena asisten virtualnya Cortana terbukti melanggar paten. Gugatan terhadap Microsoft diajukan...

Tech News

Jakarta, Unbox.id — Setelah kemunculan AI Copilot beberapa waktu lalu, Microsoft mulai mengintegrasikan tombol khusus di perangkat Surface terbarunya. Ia adalah perangkat laptop khusus...

Tech Industry

Unbox.id – Microsoft dikenal bermitra dengan Meta untuk memperkenalkan headset VR. Namun sepertinya headset VR ini tidak sepenuhnya merupakan hasil langsung dari kolaborasi kedua...

Tech Industry

Unbox.id – Microsoft Research Asia baru saja meluncurkan alat AI eksperimental baru yang disebut VASA-1. AI ini dapat memodifikasi gambar seseorang serta file audio...