Connect with us

Hi, what are you looking for?

Hardware

Daftar Jenis Laptop Beserta Sesuai Fungsinya

Netbook laptop_1_1a
Ada beberapa jenis laptop beserta fungsinya yang menarik untuk diketahui lebih lanjut oleh para penggunanya. (Sumber: Liputan6.com)

Unbox.id – Sejak kemunculannya di tahun 70-an, laptop bukan lagi barang mahal yang hanya dimiliki segelintir orang. Bahkan saat ini sudah banyak laptop dengan harga yang berbeda-beda yang memungkinkan masyarakat untuk memilikinya. Laptop bukan lagi sekedar barang mewah, tapi “must have” yang membantu orang melakukan banyak tugas yang sebelumnya hampir mustahil. Berbagai jenis laptop pun telah dirilis, mulai dari laptop minimalis hingga laptop high-end untuk kerja berat. Sebagai orang yang aktif, Anda tentu juga membutuhkan perangkat ini, mulai dari mengetik, browsing, mendesain hingga mengedit foto.

Traditional Laptop

Komputer laptop tradisional adalah jenis laptop paling awal yang dikenal manusia. Bentuk laptop tradisional seringkali seperti kulit kerang, juga dikenal sebagai kulit kerang, dengan layar di dalam dan keyboard di sisi yang berlawanan.

Dalam perkembangannya, laptop jenis ini tidak lagi sepenuhnya melengkung, melainkan hanya melengkung di semua sudutnya.

Selain itu, laptop jenis ini juga biasanya memiliki layar berukuran 10 hingga 17 inci dan dilengkapi dengan sistem operasi mainstream seperti macOS, Linux atau Windows 10. Laptop ini merupakan jenis laptop paling populer yang tersedia di pasaran. dapat Anda temukan di pasar.

Baca juga: Cara Mengganti Thermal Paste Pada Sebuah Laptop

Subnotebook

Subnotebook laptop_1

Subnotebook jadi salah satu jenis laptop yang mudah untuk dibawa bagi para penggunanya dalam beraktivitas. (Sumber: Liputan6)

Bagi Anda yang sangat mobile, laptop sub-portable adalah pilihan terbaik. Jenis sub-portabel ini dirancang khusus untuk ultra-portabel, berukuran kecil, ringan, seringkali dengan masa pakai baterai yang lama. Biasanya sub laptop memiliki bobot yang lebih ringan dari laptop biasa, berkisar antara 0,8-2kg.

Tidak berhenti sampai di situ, daya baterai yang dapat digunakan hingga 10 jam menjadi keunggulan laptop dibandingkan dengan laptop sebelumnya. Namun sejak kemunculan netbook dan ultrabook, pembagian antara subnotebook dan laptop semakin kabur.

Netbook lebih standar dan lebih terjangkau, sementara beberapa ultrabook terlalu besar untuk dianggap sebagai laptop sekunder. Nah, untuk membedakan ketiga tipe ini, dibutuhkan jeli, baik melalui spesifikasi maupun tampilan luarnya.

Netbook

Sedikit berbeda dengan laptop sebelumnya, netbook merupakan laptop ringan dengan harga terjangkau dan daya tahan baterai rendah. Laptop ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 2008, dengan bobot kurang dari 1 kg dan lebar layar kurang dari 9 inci. Ini menjadikannya laptop paling ringan saat itu.

Nama “netbook” sendiri merupakan gabungan dari kata “net” yang berarti internet dan “book” yang berarti notebook. Pada dasarnya laptop jenis ini didesain khusus untuk browsing internet dan mengetik aplikasi office. Oleh karena itu, daya tahan baterai laptop ini tidak terlalu lama.

Oleh karena itu sangat ideal bagi Anda yang membutuhkan laptop terjangkau untuk pekerjaan standar yang tidak terlalu berat.

Baca juga: Inovasi Layar Laptop Asus Yang Bisa Manjakan Mata

Convertible, Hybrid, 2 in 1

Ke depan, tren laptop atau notebook saat ini semakin high-end. Laptop convertible, hybrid, dan 2-in-1 juga bermunculan. Jenis laptop ini merupakan gabungan dari 2 perangkat sekaligus yaitu laptop dan tablet.

Semua laptop jenis ini biasanya dilengkapi dengan layar sentuh yang memungkinkan untuk digunakan sebagai tablet atau sebagai laptop yang dilengkapi dengan keyboard yang dapat dilepas atau dilipat.

Meski cenderung mirip, laptop convertible, hybrid, dan 2-in-1 memiliki beberapa perbedaan yang cukup mencolok. Laptop konvertibel ini memiliki keyboard berputar 360 derajat. Sedangkan laptop hybrid dilengkapi dengan fitur detachable atau keyboard yang bisa dilepas dari layar.

Untuk laptop 2-in-1 biasanya bisa berupa laptop convertible atau hybrid, sehingga laptop jenis ini sering dipasarkan sebagai laptop 2-in-1 convertible dan laptop hybrid 2-in-1 umumnya adalah laptop 2 in 1 dengan usia, masa pakai baterai yang lama.

Ukurannya cukup tipis, dengan ketebalan 10 mm. Sebagai alternatif, laptop 2-in-1 ini juga bisa digunakan untuk aktivitas yang cukup berat, seperti mengedit foto di Photoshop atau mendesain di Corel Draw. Memang, laptop ini diperuntukkan bagi para profesional aktif dengan mobilitas tinggi.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Hardware

Unbox.id – Vendor laptop lokal Axioo melanjutkan kesuksesan Pongo sebagai laptop gaming dengan performa bagus. Yang terbaru, Axioo memperkenalkan Pongo 760 V2 yang ditenagai...

Apple

Unbox.id – Belakangan ini, iPhone SE 4 sedang ramai diberitakan. Kabar terkini menunjukkan bahwa Samsung telah menolak tawaran Apple untuk memproduksi panel OLED untuk...

Tech News

Unbox.id – Penggunaan kecerdasan buatan (AI) adalah solusi yang memenuhi berbagai kebutuhan. Penggunaan AI juga meluas ke banyak bidang kehidupan dan memfasilitasi banyak aktivitas,...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id — Acer kali ini meluncurkan produk laptop gaming terbaru, Predator Helios Neo 16 (PHN16-72) di pasar Tanah Air. Perangkat dengan segmentasi gaming...