Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Copilot AI Milik Microsoft Kini Dipakai 75 Juta Perangkat

Copilot AI_1a
Copilot AI. (Sumber: Pure Info Tech)

Unbox.id – Mesin AI Microsoft, Copilot AI, telah sukses sejak dirilis pada Windows 11 pada Oktober 2023 dan Windows 10 pada Desember 2023. CEO Microsoft Satya Nadella mengatakan Copilot AI telah digunakan oleh lebih dari 75 juta orang. Perangkat tersebut diterima dengan baik di seluruh dunia dalam waktu kurang dari tiga bulan. Nadella juga mengungkapkan bahwa Copilot membantu meningkatkan produktivitas pengguna. Mengutip Gizchina, kecerdasan buatan atau AI umum seperti Copilot mampu meningkatkan produktivitas hingga 70%. Nadella mengatakan pesatnya adopsi Copilot menunjukkan pengaruh kecerdasan buatan dalam mengubah cara kerja manusia. Satya Nadella menekankan pentingnya AI, mengutip studi dan laporan eksternal yang menyoroti bahwa peningkatan produktivitas yang signifikan dapat dicapai melalui integrasi AI ke dalam tugas-tugas tertentu. Sementara itu, dampak Copilot terhadap pengguna Microsoft 365 sangat signifikan, dengan pengguna awal menunjukkan peningkatan produktivitas yang mengejutkan sebesar 29% dalam berbagai tugas, termasuk penelitian, penulisan, dan peringkasan. Nadella juga mengungkapkan bahwa kesuksesan Copilot tidak hanya mencakup pengguna individu. Alasannya adalah perusahaan besar seperti Dentsu, Honda, dan Pfizer telah menerapkan alat AI ini untuk digunakan oleh karyawannya.

Tingkat Adopsi Copilot di Korporat Cukup Tinggi

Copilot AI_2b

Copilot AI. (Sumber: Windows Point)

Padahal, menurut data internal Microsoft, tingkat adopsi Copilot di sektor enterprise cukup signifikan.
Sebelumnya, Microsoft mengungkapkan bahwa jumlah pengguna berbayar Microsoft Office telah melampaui 400 juta pengguna.

Kini, kombinasi Copilot dan Office 365 menghadirkan alat canggih dan memungkinkan pengguna menyelesaikan lebih banyak pekerjaan.

Ini dianggap sebagai langkah penting dalam mengintegrasikan kecerdasan buatan ke dalam tugas produktivitas sehari-hari.

Perbandingan Adopsi AI Generatif dengan Medsos dan Aplikasi Digital

Sementara itu, ChatGPT, perusahaan yang membuat AI populer di kalangan pengguna, kini digunakan oleh lebih dari 180,5 juta pengguna. Situs web ChatGPT telah dikunjungi 1,6 miliar kali per Desember 2023.

Menurut CEO OpenAI Sam Altman, ChatGPT kini digunakan oleh 100 juta orang setiap minggunya. Dalam waktu 5 hari sejak peluncurannya pada bulan November 2022, ChatGPT memperoleh 1 juta pengguna.

Sebagai perbandingan, aplikasi media sosial seperti Instagram memiliki 2 juta unduhan dalam 2,5 bulan. Setelah itu, Netflix membutuhkan waktu 3,5 tahun untuk mendapatkan 1 juta pengguna.

Baca juga: Apa Saja Perbedaan ChatGPT Dan Copilot AI?

Layanan Copilot Berbayar Hadir untuk Konsumen Biasa

Copilot Pro_3c

Copilot Pro. (Sumber: Windows)

Microsoft baru saja mengumumkan telah meluncurkan layanan Copilot Pro untuk konsumen reguler. Seperti namanya, ini merupakan layanan berbayar yang ditujukan bagi konsumen yang ingin memaksimalkan pengalaman Copilot.

Dikutip dari The Verge, Copilot Pro terintegrasi ke dalam Microsoft 365 Personal atau Home di Mac, Windows, atau iPad. Namun untuk mengaksesnya, pelanggan perlu mengeluarkan biaya tambahan sekitar 20 USD atau Rp 311.000.

Dengan mengaktifkan layanan ini, pelanggan Microsoft Office dapat menikmati kemampuan AI yang disediakan oleh aplikasi Copilot for Word, Excel, dan PowerPoint. Fungsinya berbeda-beda tergantung aplikasi yang digunakan. Misalnya saja pada aplikasi Word, pelanggan dapat meminta Copilot untuk melakukan tugas tertentu seperti parafrase paragraf, membuat teks, termasuk merangkum dokumen. Di PowerPoint, pelanggan dapat menggunakannya untuk membuat slide berdasarkan perintah yang diberikan.

Microsoft Copilot juga akan muncul di layanan Outlook. Layanan AI ini dapat diminta untuk melakukan beberapa hal, seperti membantu membalas email atau membuat email baru.

Selain berintegrasi dengan Microsoft Office, Copilot Pro sendiri menyertakan beberapa layanan lainnya, seperti akses ke OpenAI terbaru model, peningkatan pada layanan Image Creator, termasuk kemampuan untuk membuat kopilot GPT Anda sendiri.

Tentunya dengan kehadiran sistem AI ini akan membuat berbagai hal menjadi lebih modern dan juga cepat dimana sistem AI akan bekerja membantu para penggunanya dalam beraktivitas di waktu kesehariannya.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Software

Jakarta, Unbox.id — Hingga saat ini., OpenAI terus memberikan pengguna lebih banyak bantuan dan layanan dari ChatGPT untuk berbagai kebutuhan. Pengguna dapat merasakan pengalaman...

Software

Unbox.id – Samsung Indonesia resmi memperkenalkan bahasa Indonesia untuk Galaxy AI. Penambahan bahasa baru ini akan memudahkan dalam mengoptimalkan fitur-fitur yang terdapat pada Galaxy...

Tech Industry

Unbox.id – Samsung mengadakan program bernama Samsung Solve for Tomorrow 2024. Melalui program ini, Samsung memperkenalkan kompetisi dan pembelajaran sains, teknologi, teknik dan matematika...

Tech Industry

Unbox.id – Meningkatnya penipuan menggunakan teknologi deepfake mengkhawatirkan sektor bisnis di Indonesia. Kementerian Informasi dan Komunikasi (Kominfo) mengingatkan masyarakat akan pentingnya edukasi mengenai teknologi...