Connect with us

Hi, what are you looking for?

Software

Chrome di Desktop Makin Aman dan Hemat Memori

Google Chrome_1a
Google Chrome. (Sumber: ZDNet)

Unbox.id – Google meluncurkan beberapa pembaruan pada Chrome di desktop untuk menjadikan pengalaman menjelajah Internet lebih aman dan memberi pengguna kontrol lebih besar atas penggunaan memori browser. Salah satu fitur dalam pembaruan ini adalah Pemeriksaan Keamanan Proaktif. Fitur ini diluncurkan ke versi 120 beberapa minggu lalu, Tech Crunch melaporkan. Pemeriksa keamanan Chrome untuk desktop ini berjalan di latar belakang dan mengirimkan peringatan proaktif ketika mendeteksi apakah kata sandi di Chrome telah disusupi atau ketika ekstensi dipasang sebagai perangkat lunak beracun. Fitur keamanan baru ini secara otomatis mencabut izin yang mungkin telah diberikan pada suatu situs web tetapi sudah lama tidak digunakan.

Menangani Izin Android

Google Chrome_2b

Google Chrome. (Sumber: ZDNet)

Ini mirip dengan cara Google menangani izin Android. Dengan cara ini, ini dapat membantu pengguna memastikan bahwa situs yang tidak lagi mereka gunakan tidak terus mendapatkan akses lokasi atau mikrofon.

Ketika situs yang jarang digunakan mengirimkan banyak pemberitahuan kepada pengguna, Pemeriksaan Keamanan menanyakan apakah pengguna ingin menonaktifkan fitur ini. Selain itu, fitur keamanan baru ini juga akan mengingatkan pengguna untuk memperbarui Chrome.

Selain fitur pemeriksaan keamanan ini, Google juga memberikan pembaruan pada mode Penghemat Memori Chrome. Mode ini menampilkan lebih banyak informasi saat pengguna mengarahkan kursor ke tab dan setelan baru.

Ini memudahkan pengguna memberi tahu Chrome bahwa situs web tertentu tidak boleh dialihkan ke mode tidur. Selain itu, pembaruan lainnya adalah kemampuan untuk menyimpan grup tab, yang akan diluncurkan dalam beberapa minggu ke depan.

Dengan fitur ini, pengguna dapat menyimpan grup tab dan kemudian menyinkronkannya dengan perangkat desktop lain untuk melanjutkan pekerjaan atau aktivitas.

Pembaruan Google Chrome 118 Hadir

Sebelumnya, Google merilis pembaruan versi stabil Chrome 118. Pembaruan ini memperbaiki 20 kerentanan keamanan, yang kerentanan paling serius diyakini menyebabkan eksekusi kode arbitrer. Tak hanya itu, pembaruan kali ini juga menghadirkan sejumlah fitur dan perubahan baru.

Menurut laporan Gizchina, pembaruan terkini browser ini tersedia di berbagai sistem antara lain:

  • Chrome untuk Mac dan Linux: 118.0.5993.70
  • Chrome untuk Windows: 118.0.5993.70 dan 118.0.5993.71
  • Chrome untuk Mac: 118.0.5993.70
  • Chrome Extended untuk Windows: 118.0.5993.71
  • Chrome Extended untuk Android: 118.0.5993.65

Di antara kerentanan keamanan yang diperbaiki, nomor pelacakan kerentanan yang paling penting adalah CVE-2023-5218. Nomor ini ditemukan di bawah Isolasi Situs. Kerentanan lain yang diungkapkan secara publik adalah “risiko menengah”, “risiko rendah”, dan “kritis”.

Kekuatan terbesar Chrome 118 adalah dukungan untuk Klien Terenkripsi Hello. Saat pengguna membuka situs web dan layanan di browser, nama domain terlindungi agar tidak bocor ke operator jaringan.

Oleh karena itu, pembaruan ini meningkatkan privasi karena operator jaringan seperti ISP tidak lagi mengetahui situs web mana yang dikunjungi pengguna. Fitur keamanan lain di versi baru ini adalah peningkatan Penjelajahan Aman di Chrome. Fitur ini menonaktifkan ekstensi yang telah dicopot pemasangannya dari Toko Web Chrome dari jarak jauh.

Selain itu, perubahan pada catatan penjelajahan juga meningkatkan analisis mendalam. Pengguna Chrome 118 sekarang mungkin diminta untuk memberikan kata sandi untuk file yang disimpan sehingga fitur Simpan Penjelajahan dapat memindainya.

Baca juga: Google Play Store Akan Hadirkan Fitur Baru!

Google Chrome Stop Dukungan Untuk Perangkat Android Nougat

Google Chrome_3c

Google Chrome. (Sumber: The Tech Advocate)

Selain itu, Google Chrome juga mengumumkan akan berhenti mendukung perangkat yang masih menjalankan Android versi lama, khususnya Android 7.0 alias Android Nougat. Informasi tersebut diketahui dari laman Google Chrome yang diperbarui pada 25 Oktober 2023.

Kutipan dari Android Police, dengan pengumuman ini, pengguna perangkat Android Nougat tidak lagi bisa menerima Dukungan pembaruan Google Chrome. Dengan kata lain, mereka tidak akan lagi mendapatkan keuntungan dari fitur terbaru dan pembaruan keamanan aplikasi.

Ini akan berlaku untuk pembaruan Chrome 120 yang dijadwalkan untuk rilis pada tanggal 6 Desember 2023. Oleh karena itu, Chrome 119 pasti akan mendapat manfaat darinya. tersedia. Versi terbaru masih mendukung perangkat yang menjalankan Android Nougat.

Sekadar informasi, hal yang sama juga dilakukan untuk Android 6 tahun lalu. Pada saat itu, dipastikan bahwa perangkat yang menjalankan Android Marshmallow tidak lagi didukung oleh Google Chrome versi 107.

Langkah ini masuk akal karena Android Nougat atau Android 7 pertama kali dirilis pada tahun 2016, bersamaan dengan dirilisnya Google Pixel generasi pertama. Jadi bisa dikatakan sistem operasi ini sudah cukup tua.Namun, pengguna perangkat ini belum sepenuhnya hilang. Menurut data distribusi Android terbaru, pengguna perangkat Android Nougat, Android 7 dan 7.1, masih berjumlah sekitar 2,6% dari total pengguna.

Sebagai informasi, Chrome 120 akan hadir dengan banyak pembaruan. Khusus untuk perangkat Android, akan diberikan beberapa pembaruan termasuk opsi tampilan baru.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Google Pixel Fold memang tidak sepopuler merek ponsel layar lipat lainnya seperti Samsung, Oppo, atau Huawei. Meski begitu, Google Pixel Fold tetap...

Tech Industry

Unbox.id – Membeli aplikasi atau game melalui Google Play kini lebih aman. Pasalnya Google menerapkan metode keamanan biometrik untuk mengonfirmasi transaksi yang dilakukan. Ini...

Tech Industry

Unbox.id – Ada kabar buruk bagi mereka yang menggunakan layanan VPN yang disertakan dengan Google One. Dalam email yang dibagikan kepada beberapa pengguna, Google...

Apps & Games

Unbox.id – Google Workspace mengumumkan sejumlah pembaruan fitur pada acara Google Cloud Next 2024. Seperti tema besar acara tahunan ini, kecerdasan buatan (AI) menjadi...