Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

ChatGPT Sempat Down Usai OpenAI Perluas Akses GPT-4o Gratis

GPT-4o_1a
GPT-4o. (Sumber: UPDF)

Unbox.id – ChatGPT AI OpenAI yang populer tampaknya mogok tadi malam. Hal ini menyebabkan pengguna mengeluh karena tidak bisa menggunakan layanan ChatGPT. Menurut situs pendeteksi situs web yang ditutup, DownDetector, masalah yang sering dilaporkan terkait ChatGPT tidak berfungsi adalah situs web dan aplikasi tidak dapat diakses. Beberapa pengguna mengaku layanan berhasil beberapa jam kemudian, namun mayoritas masih mengeluhkan kesulitan mengakses ChatGPT. Pengembang ChatGPT OpenAI mengakui layanan chatbot memang berhenti berfungsi. Melalui laman statusnya, OpenAI juga mengungkapkan tengah menyelidiki penyebab layanan ChatGPT down. Sementara itu, seperti dikutip Decrypt, pemadaman ChatGPT OpenAI terjadi setelah perusahaan memperluas akses GPT-4o ChatGPT menjadi gratis untuk semua pengguna. Sebelumnya layanan ini hanya bisa digunakan oleh pengguna ChatGPT berbayar. Sekadar informasi, GPT-4o menawarkan ChatGPT fitur yang sama seperti pengguna berbayar. Keputusan OpenAI untuk membuka akses ke GPT-4o mungkin telah menyebabkan masuknya pengguna dan membanjiri server.

Trafik Tinggi

GPT-4o_2b

GPT-4o. (Sumber: Internet Modern)

Selain itu, situs analisis lalu lintas internet Semrush melaporkan bahwa popularitas ChatGPT telah meroket, menjadikannya situs web ke-17 yang paling banyak dikunjungi di dunia pada Maret tahun lalu. Jumlah total kunjungan ke ChatGPT mencapai 2,76 miliar kunjungan pada bulan Maret lalu.

Tidak jarang server kelebihan beban dan tidak dapat berfungsi. Untuk mengurangi hal ini, platform seperti Claude dan ChatGPT sering kali membatasi jumlah interaksi pengguna dengan alat mereka.

Pengguna Mengeluh di X alias Twitter

Sementara menurut The Verge, sebagai informasi layanan sempat down selama beberapa jam. Pengguna dari seluruh dunia telah mengunggah keluhan tentang timeline ChatGPT OpenAI ke X, alias Twitter.

Menurut OpenAI, ChatGPT memiliki lebih dari 100 juta pengguna mingguan. Ada beberapa pemadaman sebagian untuk pengguna ChatGPT dalam 30 hari terakhir. Pemadaman yang paling menonjol adalah ketika pengguna tidak dapat mengakses hasil web karena pemadaman Bing API bulan lalu.

Rilis Mesin Pencari Bertenaga ChatGPT

Sementara itu, OpenAI dikabarkan sedang mempertimbangkan untuk memasuki pasar mesin pencari. Tampaknya mesin pencari ini berbasis pada teknologi ChatGPT. Namun seperti dikutip dari Tom’s Guide, masih sedikit yang diketahui tentang mesin pencari OpenAI tersebut.

Namun bocoran tersebut menunjukkan bahwa mesin pencari ini akan didasarkan pada pertanyaan dan interaksi bahasa alami dengan model AI. Dikatakan bekerja serupa dengan Perplexity dan Google Gemini, menggabungkan data real-time dengan kecerdasan buatan. Kemunculan rumor ini tak lepas dari pengumuman pendaftaran domain search.chatgpt.com.

Menurut beberapa laporan, OpenAI sedang bersiap untuk membuat pengumuman besar pada 9 Mei. Karena itu, beberapa orang percaya bahwa perusahaan tersebut mungkin akan memperkenalkan mesin pencari baru, meski OpenAI dikenal sangat tertutup mengenai produknya.

Jika kabar ini benar, mungkin akan terjadi perubahan di Pasar Mesin Pencari Internet. Karena Google Penelusuran telah mendominasi pasar pencarian Internet selama lebih dari dua dekade.

Baca juga: Akurasi Data ChatGPT Dinilai Tak Penuhi Standar

Mengenal AI

Artificial Intelligence_2b

Artificial Intelligence. (Sumber: Digital Authority Partners)

Kecerdasan Buatan (AI) telah menjadi kata kunci dalam beberapa tahun terakhir, tetapi apa sebenarnya AI itu dan bagaimana cara kerjanya? Dalam artikel ini, kita akan membahas dasar-dasar AI dan berbagai aplikasinya.

AI mengacu pada pengembangan sistem komputer yang dapat melakukan tugas-tugas yang biasanya membutuhkan kecerdasan manusia. Tugas-tugas ini termasuk pengenalan suara, pengambilan keputusan, pemecahan masalah, dan pembelajaran. Sistem AI dirancang untuk menganalisis data, mengenali pola, dan membuat prediksi atau keputusan berdasarkan data tersebut.

Ada beberapa jenis AI yang berbeda, termasuk AI sempit dan AI umum. AI sempit, juga dikenal sebagai AI lemah, dirancang untuk melakukan tugas-tugas spesifik dalam domain yang terbatas. Misalnya, asisten suara seperti Siri dan Alexa adalah contoh sistem AI sempit yang dapat memahami dan merespons perintah suara.

Di sisi lain, AI umum, juga dikenal sebagai AI yang kuat, mengacu pada sistem AI yang memiliki kemampuan untuk memahami, mempelajari, dan menerapkan pengetahuan di berbagai domain. AI umum bertujuan untuk meniru kecerdasan manusia dan melakukan tugas-tugas yang membutuhkan pemikiran dan penalaran seperti manusia.

Pembelajaran mesin adalah komponen utama dari AI. Ini adalah bagian dari AI yang berfokus pada kemampuan komputer untuk belajar dari data dan meningkatkan kinerjanya dari waktu ke waktu. Algoritme pembelajaran mesin memungkinkan komputer untuk menganalisis data dalam jumlah besar, mengidentifikasi pola, dan membuat prediksi atau keputusan tanpa diprogram secara eksplisit.

 

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id — Meta AI kini telah resmi meluncur di India. Asisten AI, yang sudah populer di lebih dari selusin negara, tersedia secara gratis...

Tech Industry

Unbox.id – TikTok secara tidak sengaja mengunggah tautan ke versi internal alat avatar digital AI barunya selama jangka waktu yang tidak diketahui. Hal ini...

Tech Industry

Unbox.id – Dalam diskusi mendalam mengenai perkembangan terkini teknologi prosesor di Intel Tech Tour 2024, di Taipei, Taiwan, Intel memberikan pandangan mendalam tentang Xeon...

Tech Industry

Unbox.id – OpenAI telah menunjuk veteran dunia maya dan pejabat senior intelijen AS, Paul Nakasone, sebagai dewan direksi. Perusahaan tersebut mengatakan akan membantu melindungi...