Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

ChatGPT OpenAI Sekarang Bisa Browsing!

ChatGPT OpenAI_1a
ChatGPT OpenAI. (Sumber: Beta News)

Unbox.id – OpenAI mengumumkan bahwa chatbot AI (kecerdasan buatan) ChatGPT kini dapat menelusuri atau mencari situs web Internet secara real time. Fitur ini memungkinkan pengguna bertanya kepada ChatGPT untuk mencari informasi terkini pada suatu website, memberikan jawaban langsung dari sumbernya, dan mengutip jawaban. Fitur ChatGPT, yang disebut “Pencarian di Bing”, hanya diluncurkan untuk pengguna dengan langganan Plus dan Perusahaan berbayar, namun akan tersedia untuk semua pengguna di masa mendatang. “ChatGPT kini dapat merayapi internet dan memberi Anda informasi terkini dan andal dengan tautan langsung ke sumbernya,” tulis OpenAI melalui akun X-nya.

Aktifkan Fitur Baru ChatGPT

ChatGPT OpenAI_2b

ChatGPT OpenAI. (Sumber: Business Insider)

Untuk mengaktifkan fitur ChatGPT baru ini, pengguna memilih “Search with Bing” di panel pilihan GPT-4. Pengguna berbayar dapat memilih menu Profil & Pengaturan, memilih Fitur Beta, mengaktifkan Pencarian dengan Bing, dan memilih Pencarian dengan Bing di GPT-4.

Menurut The Verge, fitur tersebut awalnya dirilis di aplikasi ChatGPT OpenAI untuk iOS pada akhir Juni 2023, tetapi telah dihentikan. Saat itulah pengguna menemukan bahwa mereka dapat menggunakan chatbot kecerdasan buatan untuk menyajikan konten berbayar di situs web secara gratis dengan memasukkan URL secara langsung.

Dalam hal ini, OpenAI menyertakan pembaruan robots.txt selain identifikasi agen pengguna, yang memungkinkan situs mengontrol cara ChatGPT berinteraksi dengan agen pengguna.

ChatGPT Bisa Kenali Suara dan Gambar

Sebelumnya, OpenAI menambahkan fitur baru ke AI chatbot ChatGPT. Ini adalah fungsi yang dapat mengenali suara dan gambar.

“Dengan memungkinkan Anda melakukan percakapan suara dan menampilkan apa yang Anda katakan di ChatGPT, kami menawarkan jenis antarmuka baru yang lebih intuitif,” tulis OpenAI di blog resminya.
Mengutip pengumuman OpenAI, fitur baru ini akan memungkinkan pengguna mengunggah atau mengambil gambar ke ChatGPT dan menanyakan perintah atau pertanyaan apa pun yang mereka inginkan.

Menurut perusahaan, contoh penggunaan fitur ChatGPT terbaru antara lain mengambil foto pekerjaan rumah matematika, kelompok lingkaran, dan pertanyaan serta memberikan instruksi menggunakan ChatGPT. Setelah itu akan muncul tombol foto dimana Anda dapat mengambil atau memilih foto. Jika Anda menggunakan iOS atau Android, ada tombol plus untuk menambahkan.

Didukung GPT-3.5 dan GPT-4

ChatGPT OpenAI_3c

ChatGPT OpenAI. (Sumber: Gizmochina)

Menurut OpenAI, fitur pengenalan gambar ini didukung oleh GPT-3.5 dan GPT-4. Model ini menerapkan kemampuan inferensi linguistik pada berbagai gambar, seperti foto, tangkapan layar, dan teks dalam dokumen.

Sebaliknya, fitur suara memungkinkan pengguna berbicara dengan ChatGPT seperti asisten AI. Fitur ini nanti dapat diaktifkan dari menu Pengaturan. Di aplikasi seluler, pilih “Fitur Baru” dan pilih opsi “Panggilan Suara”.

Pengguna ChatGPT dapat mengetuk tombol headphone di sudut kanan atas layar beranda dan memiliki opsi untuk memilih lima suara berbeda untuk suara AI mereka. Menurut OpenAI, fitur suara ini didasarkan pada model text-to-speech baru yang dapat menghasilkan data ucapan mirip manusia dari teks dan sampel audio beberapa detik.

Baca juga: Plugin Canva Ada Di ChatGPT

Baru Dirilis ke Pengguna Berbayar

“Kami bekerja dengan pengisi suara profesional untuk menciptakan setiap suara, dan kami menggunakan Whisper, sistem pengenalan suara sumber terbuka, untuk menyalin kata-kata yang diucapkan pengguna menjadi teks.”

Fitur pengenalan suara dan gambar baru saat ini dijadwalkan akan dirilis untuk pengguna ChatGPT Plus dan ChatGPT Enterprise dalam dua minggu ke depan. Namun, OpenAI berjanji untuk menghadirkan fungsionalitas pengenalan suara ke aplikasi ChatGPT di iOS dan Android (yang dapat diaktifkan di pengaturan), dan fungsionalitas gambar akan tersedia di semua platform.

Fungsionalitas semacam ini sebenarnya bukanlah hal baru. Misalnya, pengguna Microsoft Bing dan Google Bard juga dapat menggunakan audio dan gambar sebagai petunjuk untuk alat AI ini.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Software

Jakarta, Unbox.id — Hingga saat ini., OpenAI terus memberikan pengguna lebih banyak bantuan dan layanan dari ChatGPT untuk berbagai kebutuhan. Pengguna dapat merasakan pengalaman...

Software

Unbox.id – Samsung Indonesia resmi memperkenalkan bahasa Indonesia untuk Galaxy AI. Penambahan bahasa baru ini akan memudahkan dalam mengoptimalkan fitur-fitur yang terdapat pada Galaxy...

Tech Industry

Unbox.id – Samsung mengadakan program bernama Samsung Solve for Tomorrow 2024. Melalui program ini, Samsung memperkenalkan kompetisi dan pembelajaran sains, teknologi, teknik dan matematika...

Tech Industry

Unbox.id – Meningkatnya penipuan menggunakan teknologi deepfake mengkhawatirkan sektor bisnis di Indonesia. Kementerian Informasi dan Komunikasi (Kominfo) mengingatkan masyarakat akan pentingnya edukasi mengenai teknologi...