Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

ChatGPT Dikeluhkan Jadi Malas, Kenapa?

ChatGPT OpenAI_2b
ChatGPT OpenAI. (Sumber: Business Insider)

Unbox.id – Baru-baru ini, OpenAI mengatakan sedang menyelidiki keluhan bahwa ChatGPT “malas”. Dalam beberapa hari terakhir, perusahaan telah menerima keluhan dari pengguna tentang versi terbaru ChatGPT, yang didasarkan pada model GPT-4 OpenAI. Mereka mengaku chatbot tersebut menolak perintah yang diberikan dan tidak menjawab pertanyaan mereka. Mengutip The Independent, misalnya, ketika pengguna ChatGPT meminta serangkaian kode, chatbot hanya memberikan sedikit informasi dan kemudian meminta pengguna untuk mengisi sisanya.

Beberapa Orang Mengeluh

OpenAI_1a

OpenAI. (Sumber: The Verge)

Tak hanya itu, beberapa orang juga mengeluhkan, chatbot AI juga mengatakan kepada mereka bahwa mereka (pengguna) “mampu melakukan pekerjaan itu sendiri”. Sementara itu, di thread Reddit dan postingan di forum pengembang OpenAI, pengguna mengeluh bahwa sistem menjadi kurang berguna.

Mereka juga berspekulasi bahwa perubahan ini sengaja dilakukan oleh OpenAI untuk membuat ChatGPT lebih efisien dan tidak memberikan respon yang panjang. OpenAI menyadari keluhan tentang sistem. Namun, mereka mengklaim bahwa tidak ada perubahan yang dilakukan pada model tersebut.

“Kami telah mendengar semua komentar Anda tentang GPT4 yang bersifat malas!”, tulis perusahaan intelijen secara artifisial di Twitter/X. “Kami belum memperbarui model tersebut sejak 11 November dan hal itu tentunya tidak disengaja. Perilaku model tidak dapat diprediksi dan kami berupaya memperbaikinya,” tambahnya lebih detail.

ChatGPT OpenAI Lebih Banyak Digunakan Oleh Remaja

Selain itu, penelitian terbaru yang dilakukan Ofcom di Inggris menemukan bahwa remaja dan anak-anak lebih cenderung menggunakan kecerdasan buatan (artificial Intelligence) dibandingkan orang dewasa.

Regulator mengatakan penelitian terbarunya menunjukkan empat perlima remaja berusia 13-17 tahun sekarang menggunakan alat AI umum, termasuk chatbots seperti ChatGPT. Faktanya, 40% remaja usia 7-12 tahun juga menggunakan teknologi ini, sementara hanya 31% pengguna internet dewasa yang pernah menggunakan teknologi AI. Dan dari 69% yang belum pernah menggunakannya, 24% tidak mengetahui apa itu teknologi. Hal ini dilaporkan oleh The Independent.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Ofcom, ChatGPT OpenAI adalah alat AI umum yang paling banyak digunakan di antara peserta penelitian. Meskipun 23% anak berusia 16 tahun adalah pengguna chatbot, 58% di antaranya menggunakan ChatGPT hanya untuk bersenang-senang.

Pada saat yang sama, sepertiga dari mereka menggunakannya untuk bekerja dan seperempatnya untuk menunjang studi mereka. Selain itu, beberapa orang juga menggunakannya untuk meminta nasihat tentang sesuatu.

Baca juga: Bos OpenAI Sam Altman Jadi CEO Of The Year 2023 Di Majalah TIME

Sebagian Orang Khawatir Akan AI di Masa Depan

ChatGPT_1a

ChatGPT. (Sumber: UK Deals)

Yih-Choung Teh, Direktur Strategi dan Riset Ofcom Group, mengatakan: “Tetap mengikuti perkembangan teknologi baru telah menjadi kebiasaan bagi Generasi Z dan AI pada umumnya tidak terkecuali.

Hal ini juga mengungkapkan bahwa pengguna internet lanjut usia sedang menjajaki kemungkinan teknologi untuk pekerjaan dan hiburan.

“Kami juga menemukan bahwa beberapa orang khawatir tentang masa depan AI. Sebagai media online orang Yih-Choung Teh mengatakan: “Selain itu, kami telah berupaya mengembangkan pemahaman mendalam tentang peluang dan risiko yang terkait dengan teknologi baru dan yang sedang berkembang, sehingga inovasi dapat berkembang, sekaligus memastikan keselamatan pengguna.”

Selain itu, penelitian Ofcom juga menunjukkan bahwa lebih dari 1/5 anak berusia antara 8 dan 10 tahun adalah anak-anak berusia 17 tahun yang profil media sosialnya mencantumkan usia palsu, yaitu 18 tahun ke atas. Oleh karena itu, hal ini dapat menimbulkan risiko yang menimbulkan potensi konten berbahaya.

Sementara itu, Google baru saja meluncurkan Gemini, model kecerdasan buatan (AI) baru yang bersaing dengan ChatGPT. Meskipun penundaan peluncuran telah diumumkan sebelumnya, Gemini kini telah tersedia dan dapat digunakan.

Mengutip Android Police, pengguna dapat mengakses AI ini melalui Google Bard, termasuk versi “Nano” yang dapat berjalan secara lokal di ponsel Pixel 8 Pro. Dalam pengumumannya, Google menyebut Gemini sebagai model paling canggih dan mumpuni. Keunggulan utama Gemini adalah sifatnya yang multimodal, yang memungkinkan AI ini bekerja dengan teks, gambar, audio, video, dan kode.

Gemini juga dapat mengintegrasikan, memahami, dan bekerja dengan semua jenis informasi ini dengan lancar. Fleksibilitasnya juga memungkinkan Gemini beradaptasi dengan banyak lingkungan berbeda.
Sekadar informasi, Gemini hadir dalam tiga ukuran (Ultra, Pro dan Nano), sehingga dapat dijalankan di ponsel dan pusat data.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Software

Jakarta, Unbox.id — Hingga saat ini., OpenAI terus memberikan pengguna lebih banyak bantuan dan layanan dari ChatGPT untuk berbagai kebutuhan. Pengguna dapat merasakan pengalaman...

Software

Unbox.id – Samsung Indonesia resmi memperkenalkan bahasa Indonesia untuk Galaxy AI. Penambahan bahasa baru ini akan memudahkan dalam mengoptimalkan fitur-fitur yang terdapat pada Galaxy...

Tech Industry

Unbox.id – Samsung mengadakan program bernama Samsung Solve for Tomorrow 2024. Melalui program ini, Samsung memperkenalkan kompetisi dan pembelajaran sains, teknologi, teknik dan matematika...

Tech Industry

Unbox.id – Meningkatnya penipuan menggunakan teknologi deepfake mengkhawatirkan sektor bisnis di Indonesia. Kementerian Informasi dan Komunikasi (Kominfo) mengingatkan masyarakat akan pentingnya edukasi mengenai teknologi...