Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Chatbot AI Google yang Dulu Bernama Bard, Sekarang Gemini

Chatbot AI Google Gemini_1a
Chatbot AI Google Gemini. (Sumber: Wired Technology)

Unbox.id – Google baru-baru ini mengganti nama chatbot Bard AI menjadi Gemini. Bard pada dasarnya adalah chatbot berbasis AI yang diluncurkan oleh raksasa internet tersebut pada tahun 2023. Mirip dengan ChatGPT, Bard memiliki kecerdasan buatan yang disebut juga dengan Generative AI. Artinya chatbot Gemini AI dapat berkomunikasi dengan teks yang relevan dan menarik berdasarkan masukan pengguna, baik kata kunci, pertanyaan, atau topik. Google Gemini juga dapat menyesuaikan gaya bahasa, nada, dan konteks percakapan berdasarkan tujuan pengguna dan audiens. Pada tanggal 8 Februari, Google memutuskan untuk mengganti nama chatbot Bard AI menjadi Gemini AI. Gemini dikembangkan oleh para peneliti di Google AI, DeepMind, dan Google Research. Gemini juga dianggap sebagai model AI terbesar dan paling fleksibel saat ini. Apakah Google AI Gemini kini bisa digunakan di Indonesia? Jawabannya iya. Lalu bagaimana?

Cara Pakai Gemini AI

Chatbot AI Google Gemini_2b

Chatbot AI Google Gemini. (Sumber: CNET)

Cara menggunakannya:

  • Buka browser di PC atau komputer kamu maupun ponsel.
  • Masuk ke situs gemini.google.com, atau kalau kamu masuk ke bard.google.com nantinya juga akan diarahkan ke chatbot AI Gemini.
  • Untuk bisa memakai Gemini, kamu terlebih dahulu harus login dengan akun Google kamu (Gmail).
  • Lalu pilih Try Gemini.
  • Setujui Terms & Privacy.
  • Masukkan prompt atau perintah yang diinginkan untuk Gemini.
  • Misalnya kamu bisa mengobrol dengan Gemini: “Tanggal berapa sekarang” atau “Buat ucapan selamat tahun baru Imlek untuk orang tua”, dan lain-lain.

Meski pengguna harus masuk ke akun Google untuk menggunakan Gemini atau Bard, saat kami menanyakan tanggal lahir atau nama lengkap pengguna, Gemini mengatakan tidak dapat menemukan nama lengkap atau tanggal lahir. Pasalnya, mereka tidak memiliki akses terhadap informasi pribadi pengguna.

Alasan Google Ganti Nama Chatbot AI dari Bard ke Gemini

Lalu mengapa Google mengubah nama Bard menjadi Gemini? Mengutip ZDNet, perpindahan dari Bard ke Gemini dimaksudkan untuk menyederhanakan segalanya. Hal tersebut diungkapkan langsung oleh CEO Google Sundar Pichai melalui postingan di blog perusahaan.

Gemini didukung oleh model AI Gemini Pro 1.0 dan tersedia dalam 40 bahasa di lebih dari 230 negara. Model ini diklaim lebih akurat, responsif, dan natural saat berinteraksi dengan pengguna.

Selain dapat diakses melalui browser di PC atau laptop, pengguna juga dapat menggunakan Google Gemini di perangkat selulernya, khususnya iOS dan Android.

Baca juga: Google Akan Rebranding Bard Ke Gemini

Gemini Advanced Berbayar

Chatbot AI Google Gemini_3c

Chatbot AI Google Gemini. (Sumber: Digital Mobile)

Google juga ingin menawarkan layanan berbayar bernama Gemini Advanced, yang mendukung model AI Gemini Ultra 1.0. Model ini dihadirkan lebih bertenaga, kaya, dan inovatif dalam menjalankan berbagai tugas.

Google menjelaskan bahwa Gemini Advanced akan didukung model Gemini Ultra 1.0, yang tersedia di lebih dari 150 negara dan dapat digunakan untuk gratis selama 2 bulan. Setelah masa gratis berakhir, pengguna akan dikenakan biaya sebesar 20 USD atau sekitar Rp 313.000. untuk paket premium Google One AI.

Dijelaskan bahwa paket ini akan mencakup penyimpanan 2TB dan Anda bisa mendapatkan banyak layanan Google One lainnya. Fitur premium. Perusahaan mengumumkan bahwa mereka akan segera mengaktifkan Gemini di Gmail, Google Dokumen, dan layanan lainnya.

Dengan mengganti nama Bard menjadi Gemini, Google tampaknya ingin memperjelas niatnya untuk menantang popularitas ChatGPT oleh OpenAI. Dan kamu? Apakah Anda ingin mencoba Gemini? Atau Anda masih setia dengan Bard atau ChatGPT.

Selain itu, Google sedang berupaya mengembangkan Google Bard dan meningkatkan kemampuannya. Kehadiran Google Bard bertujuan untuk menjadi pesaing layanan ChatGPT Generative AI milik OpenAI.

Beberapa waktu lalu, Google mengungkapkan bahwa mereka akan mengintegrasikan Google Assistant dengan Bard di Android.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Software

Unbox.id – Google telah mengumumkan perubahan nama untuk Google Bard-nya. Kini, layanan kecerdasan buatan Google Bard secara resmi diberi nama Gemini. Informasi pergantian nama...

Software

Unbox.id – Minggu lalu, Google mengumumkan perubahan nama chatbot AI-nya dari Bard menjadi Gemini. Kini Gemini tersedia untuk pengguna Android sebagai aplikasi yang dapat...

Software

Unbox.id – Google One merupakan salah satu layanan penyimpanan Google yang di dalamnya pelanggan dapat menyimpan file, foto, dan video. Google One berbeda dengan...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Google telah mengambil langkah besar berikutnya dalam memperbarui fitur kecerdasan buatan dengan memperkenalkan Gemini secara resmi. Ia adalah platform AI terpadu...