Connect with us

Hi, what are you looking for?

Software

Chatbot AI di X Bisa Sarkas?

xAI_1a
xAI. (Sumber: World Tech)

Unbox.id – Elon Musk mengumumkan bahwa X, yang sebelumnya bernama Twitter, akan memiliki chatbot kecerdasan buatan (AI) yang diberi nama Grok. Dari akun resminya, Elon Musk mengatakan bahwa Grok akan tersedia untuk pelanggan X Premium Plus saat memasuki beta pertama. “Setelah memasuki versi beta, Grok xAI akan tersedia untuk seluruh pelanggan X Premium,” ujarnya melalui akun @elonmusk. Berbeda dengan chatbot AI seperti Bard atau ChatGPT, Elon Musk mengatakan Grok akan mampu menampilkan selera humor. “Sistem Grok xAI dirancang untuk memiliki sedikit humor dalam responsnya,” kata Elon Musk tentang fitur AI terbaru X. Di sana, dia memberikan tangkapan layar seseorang yang menanyakan cara membuat kokainnya sendiri, dan Grok menjawab dengan instruksi yang tampak lucu.

Chatbot AI Grok

Grok xAI_3c

Grok xAI. (Sumber: Review Tech)

Misalnya, chatbot AI pergi untuk mendapatkan gelar di bidang kimia, membangun laboratorium di lokasi terpencil, membeli daun koka dan berbagai bahan kimia, dan berharap tidak meledak atau tersangkut di antara waktu makan.

“Hanya bercanda! Tolong jangan mencoba menggunakan kokain. Itu ilegal, berbahaya dan sesuatu yang saya tidak akan dukung,” kata chatbot tersebut. Selain itu, Elon Musk juga mengatakan bahwa Grok memiliki akses informasi mengenai platform X yang menurutnya merupakan keunggulan dibandingkan merek lain.

“Grok memiliki akses terhadap informasi langsung dari platform X, yang merupakan keunggulan besar dibandingkan merek lain,” kata Musk. “Dia juga tersiksa dan suka bercanda. Entah siapa yang mengarahkan seperti itu 🤷‍♂️🤣,” imbuhnya.

Digarap Oleh xAI

xAI_2b

xAI. (Sumber: World Tech)

Grok adalah xAI, sebuah perusahaan kecerdasan buatan yang didirikan oleh Elon Musk beberapa waktu lalu. Melalui akun Twitternya, Elon Musk mengumumkan bahwa penciptaan xAi adalah untuk “memahami kenyataan”.

Menjelaskan situs resminya, perusahaan tersebut mengatakan bahwa tujuan xAI adalah “untuk memahami sifat sebenarnya dari alam semesta.” Mereka akan menjadi tuan rumah slot Twitter pada Jumat, 14 Juli waktu setempat. Meski memiliki nama yang hampir sama dan didirikan oleh Elon Musk, xAI merupakan perusahaan yang berbeda dengan X Corp atau Twitter, serta Tesla.

“Kami adalah perusahaan terpisah dari X Corp, namun kami akan bekerja sama dengan X (Twitter), Tesla, dan perusahaan lain untuk mempromosikan pesan kami,” tulis xAI.

Baca juga: Chatbot AI Grok Siap Luncur Ke Pengguna X Premium Plus

xAI Dipimpin Langsung Oleh Elon Musk

Menurut situs resminya, Elon Musk memimpin langsung tim xAI. Perusahaan juga mengatakan bahwa tim xAI mencakup orang-orang yang bekerja di DeepMind, OpenAI (pengembang ChatGPT), Google Research, Microsoft Research, Tesla, dan Universitas Toronto.

Selain Elon Musk, banyak nama yang bergabung di xAI adalah Igor Babuschkin, Manuel Kroiss, Yuhuai (Tony) Wu, Christian Szegedy, Jimmy Ba, Toby Pohlen, Ross Nordeen, Kyle Kosic, Greg Yang, Guodong Zhang, dan Zihang Dai.

Dan Hendrycks, direktur Pusat Keamanan AI, juga terdaftar sebagai konsultan xAI. Sebelum membuat xAI, Elon Musk berpartisipasi dalam pembuatan OpenAI pada tahun 2015. Namun, ia meninggalkan pembuat ChatGPT pada tahun 2018 untuk menghindari konflik kepentingan dengan Tesla.

X baru-baru ini meluncurkan dua paket berlangganan baru untuk layanan berbayarnya. Dengan hadirnya paket berlangganan baru ini, platform kini memiliki tiga level: Basic, Premium, dan Premium Plus. Di Indonesia ketiga paket ini bisa dinikmati, sedangkan harga bulanan termahal untuk paket Basic adalah Rp 33.750, sedangkan yang termahal adalah Rp 180.000 per bulan untuk Premium Plus.

Dalam paket dasar, pengguna X akan dapat memanfaatkan banyak fitur seperti mengedit postingan, unggahan panjang, pengunduhan video panjang, pengunduhan video, dan banyak lagi. Namun, pelanggan dasar tidak bisa mendapatkan tanda centang biru dan masih dapat menemukan iklan di Untuk Anda dan Lainnya.

Tidak dapat mengelola akses ke Creator Hub. Untuk paket Premium Plus, pelanggan paket Elon Musk akan memiliki akses ke semua fitur penerbitan, Creator Hub, fitur keamanan penuh, dan tanpa iklan.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Qualcomm baru saja mengumumkan sejumlah teknologi baru dalam AI sintetik, komputasi cerdas, dan konektivitas nirkabel di Mobile World Congress (MWC) Barcelona 2024....

Artikel

Jakarta. Unbox.id – Perusahaan teknologi terbesar di Amerika Serikat, Apple, kemungkinan akan menciptakan perangkat wearable yang lebih canggih di masa depan. Menurut beberapa sumber,...

Tech Industry

Unbox.id – Google menghadirkan pendekatan AI pada proses pembelajaran guru dan siswa. Dengan teknologi AI ini, Google berusaha meningkatkan fungsionalitas untuk menciptakan kegiatan pembelajaran...

Oppo

Jakarta, Unbox.id – Teknologi kecerdasan buatan sedang diadopsi secara luas. Perusahaan-perusahaan di berbagai industri mengintegrasikan AI ke dalam produk dan layanan mereka, salah satunya...