Connect with us

Hi, what are you looking for?

Merk

Cara Screenshot di iPhone 13 Series dengan Mudah

iPhone 13 series (sumber: tokopedia.net)
iPhone 13 series (sumber: tokopedia.net)

Jakarta, Unbox.id – Fitur screenshot alias tangkapan layar memang wajib ada di setiap smartphone. Demikian juga dengan smartphone flagship iPhone seperti iPhone 13 Series yang memiliki fitur ini.

Ada beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh dengan fitur ini. Misalnya, Anda tidak perlu repot untuk mencatat ketika menemukan informasi penting di internet. Selain itu, screenshot juga penting untuk dapat dijadikan bukti transaksi.

Baca juga: 6 Cara Membedakan iPhone Asli dan Palsu

Bila Anda adalah pengguna smartphone iPhone 13 Series namun tidak tahu cara untuk dapat melakukan screenshot, berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan.

  • Siapkan Tampilan
  • Tekan secara bersama-sama tombol volume atas dan tombol daya (power) secara bersamaan. Anda boleh menggunakan jari mana pun yang paling nyaman.
  • Setelah itu, Anda bisa melakukan cropping, memberi watermark, memberi coretan, atau memberi highlight warna. Anda juga bisa langsung membagikannya ke teman atau kerabat via aplikasi perpesanan, email, aplikasi media sosial, dan lain-lain.
  • Setelah selesai melakukan penyesuaian, tekan “Done” di pojok kiri atas. Anda bisa menyimpan hasil screenshot ke dalam galeri.

Screenshot dengan double tap

Screenshot iPhone (sumber: theparadise.ng)

Screenshot iPhone (sumber: theparadise.ng)

Cara screenshot dengan tombol kombinasi mungkin saja dinilai kurang simpel oleh sebagian orang. Maka dari itu, Apple menciptakan terobosan dengan fitur ketuk ganda atau double tap pada penutup belakang untuk melakukan screenshot. Fitur yang hadir sejak iOS 14 ini bisa Anda aktifkan dengan cara sebagai berikut.

  • Ketuk ikon “Settings” atau pengaturan
  • Geser tampilan ke arah bawah dan temukan “Accessibility” lalu tekan menu tersebut.
  • Geser tampilan ke arah bawah lalu ketuk “Touch”.
  • Temukan Back Tap
  • Geser tampilan ke arah bawah sampai Anda menemukan “Back Tap”.
  • Di samping kanan bilah Back Tap Anda akan menjumpai tulisan “Off” jika fitur ini memang belum aktif. Ketuk tulisan tersebut.
  • Setelah itu, Anda akan menemukan dua opsi: “Double Tap” dan “Triple Tap”. Agar simpel, pilih yang “Double Tap”.
  • Atur Double Tap untuk “Screenshot” dengan cara mengetuk tulisan tersebut. Seketika muncul tanda centang setelah Anda ketuk tulisan “Screenshot”. Opsi “Screenshot” bisa Anda temukan dengan menggeser tampilan ke arah bawah.
  • Kini fitur double tap sudah aktif untuk melakukan screenshot. Siapkan tampilan yang hendak di-screenshot, lalu ketuk punggung ponsel sebanyak dua kali.
  • Anda bisa melakukan cropping, memberi coretan warna, memberi tulisan, dan lain sebagainya dengan terlebih dahulu menekan tampilan pratinjau di pojok kiri bawah layar.
  • Jika sudah, Anda bisa mengirimkan hasil screenshot dengan menekan ikon kirim. Anda juga dapat menyimpan atau menghapus hasil screnshot tersebut setelah menekan tulisan “Done”.

Screenshot dengan Shortcuts

Shortcuts (sumber: macpoin.com)

Shortcuts (sumber: macpoin.com)

Fungsi Shortcuts adalah pintasan berisi perintah agar iPhone Anda dapat melakukan tugasnya secara otomatis.

Salah satu pintasan yang ada di aplikasi ini yakni adalah WebSaver+. Pintasan ini berfungsi untuk melakukan screenshot panjang di halaman web dengan sekali klik. Anda tak perlu lagi melakukan screenshot berulang kali lalu merangkainya satu per satu. Anda juga tidak perlu masuk ke laman web tersebut untuk melakukan screenshot.

Baca juga: Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi iPhone Panas

Shortcuts ini merupakan aplikasi bawaan Apple yang gratis dan tidak dihinggapi iklan. Hanya saja, aplikasi ini hanya dapat melakukan screenshot pada halaman web saja.

 

Sumber: dari berbagai sumber

Foto: tokopedia.net, macpoin.com, theparadise.ng

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Daya tahan baterai ponsel pintar akan berkurang seiring berjalannya waktu. Jadi, penting untuk menjaga kesehatan baterai ponsel Anda. Beberapa produsen smartphone sudah...

Tech Industry

Unbox.id – Apple baru-baru ini mengizinkan pengguna mengunduh aplikasi melalui toko aplikasi pihak ketiga selain App Store. Selain itu, Apple mengizinkan pengembang untuk memasarkan...

Apple

Unbox.id – Meski iPhone SE 4 belum terungkap secara resmi, bocoran informasi mengenai iPhone baru Apple semakin banyak beredar di Internet. Kabar terbaru mengenai...

Software

Unbox.id – Apple baru-baru ini mengumumkan rencana untuk mengizinkan pengguna iPhone di Uni Eropa menghapus browser Safari. Langkah ini diambil sebagai bagian dari kepatuhan...