Connect with us

Hi, what are you looking for?

Software

Cara Pakai Google Keep Untuk Buat Label Serta Perintah Suara

Google Keep_1
Ini cara pakai Google Keep yang perlu diketahui penggunanya agar bisa melancarkan penggunaannya. (Sumber: PC Magz)

Unbox.id – Google Keep adalah aplikasi pencatat serbaguna dan mudah digunakan yang memungkinkan Anda membuat banyak catatan di satu tempat. Dengan antarmuka yang intuitif dan sederhana, Anda dapat membuat catatan, membuat daftar, menyimpan gambar dan audio, dan bahkan mengatur pengingat agar tetap teratur. Namun, di luar fitur dasar, ada beberapa tips dan trik yang dapat membantu Anda memanfaatkan Google Keep secara maksimal dan membuat pencatatan Anda lebih produktif dan efisien. Mulai dari mengkategorikan catatan hingga menemukan catatan, artikel ini mencakup tips dan trik Google Keep yang cepat dan mudah untuk membantu Anda menyederhanakan pencatatan dan tetap teratur. Lantas, bagaimana caranya? Berikut informasinya.

Gunakan Label dan Kode Warna

Google Keep_2

Label dan kode warna jadi fitur yang cukup diandalkan serta bisadiketahui untuk cara pakai Google Keep. (Sumber: Kewal Kishan)

Salah satu fitur terbaik Google Keep adalah sistem komentar. Fitur ini memungkinkan pengguna membuat kategori catatan dan lebih mudah menemukan informasi yang mereka cari. Buat label dengan mengeklik catatan dan memilih label dari menu drop-down.

Atur Pengingat

Google Keep memiliki pengingat bawaan yang memungkinkan pengguna menyetel pengingat untuk catatan penting, daftar tugas, dan daftar belanja. Untuk menambahkan pengingat, klik catatan, pilih Tambah Pengingat, lalu pilih tanggal dan waktu pengingat. Ada juga opsi untuk mengatur pengingat berulang untuk tugas yang perlu Anda lakukan secara rutin.

Baca juga: Google Meet Punya Reaksi Emoji Lebih Interaktif Ketimbang Zoom

Gunakan Perintah Suara

Google Keep memiliki fitur input suara yang memungkinkan pengguna menambahkan catatan, membuat daftar, dan mengatur pengingat menggunakan perintah suara. Fitur ini sangat berguna saat Anda sedang dalam perjalanan dan tidak dalam mode mengetik. Cukup ketuk ikon mikrofon di bilah pencarian dan mulailah berbicara.

Berbagi Catatan Dengan Orang Lain

Google Keep memudahkan untuk berkolaborasi dengan orang lain di catatan dan daftar tugas. Anda dapat berbagi catatan dengan siapa saja yang memiliki akun Google dengan mengeklik catatan, memilih opsi Bagikan, dan memasukkan alamat email orang yang ingin Anda beri akses ke catatan tersebut.

Selain itu, Anda dapat menambahkan komentar pada catatan bersama untuk memudahkan komunikasi dengan orang lain.

Gunakan Widget

Google Keep_3

Fitur widget di aplikasi Google Keep bisa jadi bagian yang cukup penting dalam penggunaanya. (Sumber: Popular Science)

Widget Google Keep adalah cara cepat dan mudah untuk mengakses catatan dan daftar tugas dari layar utama Anda. Tambahkan widget ke layar beranda dengan mudah dengan menekan lama layar dan memilih opsi Widget. Kemudian pilih Google Keep dari daftar widget yang tersedia.

Baca juga: Cara Atasi Google Maps Error Pada Smartphone Anda

Cari dan Filter Catatan

Fitur pencarian Google Keep memudahkan Anda menemukan apa yang Anda cari, baik itu catatan dari bulan lalu atau pengingat yang Anda atur minggu lalu. Anda dapat mencari teks tertentu atau menggunakan filter untuk mempersempit hasil pencarian berdasarkan tag, warna, atau tanggal.

Yang sudah disebutkan di atas adalah beberapa tips dan trik yang dapat membantu Anda memaksimalkan penggunaan Google Keep dan membuat pengalaman mencatat lebih produktif dan jauh lebih efisien.

entunya dengan antarmuka yang intuitif serta sederhana, Anda dapat menggunakan catatan, membuat daftar, menyimpan gambar rekaman audio, serta mengatur pengingat untuk membantu kegiatan dan aktifitas sehari-hari Anda agar tetap terorganisir.

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Google memperkenalkan beberapa solusi baru pada acara Google Next 2024. Salah satu solusi yang dihadirkan pada acara tersebut adalah Gemini Code Assist...

Tech Industry

Unbox.id – Google Doodle hari ini merayakan Hari Bumi 2024 dengan serangkaian gambar yang menampilkan kata “Google” dari gambar satelit. Hari Bumi 2024 atau...

Tech Industry

Unbox.id – Google Pixel Fold memang tidak sepopuler merek ponsel layar lipat lainnya seperti Samsung, Oppo, atau Huawei. Meski begitu, Google Pixel Fold tetap...

Tech Industry

Unbox.id – Membeli aplikasi atau game melalui Google Play kini lebih aman. Pasalnya Google menerapkan metode keamanan biometrik untuk mengonfirmasi transaksi yang dilakukan. Ini...