Connect with us

Hi, what are you looking for?

Artikel

Cara Mudah Ubah Panel Samping di Tampilan Baru Gmail

Cara Mudah Ubah Panel Samping di Tampilan Baru Gmail (sumber: theverge.com)
Cara Mudah Ubah Panel Samping di Tampilan Baru Gmail (sumber: theverge.com)

Jakarta, Unbox.id – Layanan email besutan Google yakni Gmail tentu sudah tidak diragukan lagi adalah merupakan layanan email paling populer di dunia. Baru-baru ini, pihak Google dikabarkan meluncurkan versi tampilan Gmail yang baru untuk web.

Pihaknya mengungkapkan bahwa mereka akan menyatukan Gmail, Chat, Meet, dan Spaces dalam satu jendela. Desain baru ini tampaknya akan diluncurkan ke lebih banyak pengguna nantinya.

Tampilan baru Gmail (sumber: tech4fresher.com)

Tampilan baru Gmail (sumber: tech4fresher.com)

Panel baru memungkinkan pengguna dengan mudah beralih di antara beberapa aplikasi, dimana hal tersebut tentu membuat multitasking menjadi lebih mudah. Namun, panel yang didesain ulang ini hanya akan terlihat jika Anda telah mengaktifkan fitur Chat. Mereka yang menggunakan Label untuk mengatur kotak masuk nantinya juga akan melihat bagian terpisah untuk sistem dan label khusus.

Gmail juga telah mengubah fitur Chat dengan pengguna dimana saat ini dapat melihat potongan pesan masuk dari gelembung tanpa harus membuka percakapan. Selain itu, Anda juga dapat dengan mudah mencari pesan menggunakan filter yang ditingkatkan dan algoritme hasil pencarian.

Baca juga: Cara Menambahkan Rumus Matematika di Google Docs

Google memprioritaskan nama depan dan alamat email saat mencari kontak. Selain itu, Gmail juga akan merekomendasikan nama yang sering berinteraksi dengan Anda terlebih dahulu.

Jika Anda tidak ingin menggunakan antarmuka dua panel baru tersebut, Google mengizinkan Anda untuk dapat menyembunyikan panel aplikasi di sebelah kiri. Nantinya Anda akan dapat memilih aplikasi mana yang ingin Anda gunakan di Gmail.

Google mengatakan bahwa pihaknya akan secara bertahap meluncurkan antarmuka pengguna yang diperbarui tersebut, jadi mungkin perlu beberapa waktu sebelum Anda dapat melihat perubahan tersebut.

Selain itu, ia juga mengatakan bahwa itu juga bekerja untuk mengoptimalkan pengalaman emoji dan Gmail untuk tablet dengan tujuan untuk meluncurkan beberapa fitur akhir tahun ini. Awal pekan ini, mereka juga memperkenalkan fitur baru yang berfokus pada tablet untuk Drive, Keep, Document, Slide, dan Spreadsheet, termasuk drag-and-drop untuk gambar dan file di seluruh aplikasi dan pengalaman multi-jendela untuk Drive.

Berikut ini adalah cara merubah panel baru pada Gmail dengan mudah.

Cara sembunyikan panel samping kategori

Anda dapat menyembunyikan panel kategori dengan mengklik ikon hamburger, kemudian pilih ikon hamburger lagi jika Anda ingin kembali ke panel. Namun, untuk dapat menghilangkan panel aplikasi, Anda perlu mengikuti beberapa langkah tambahan sebagai berikut.

Cara sembunyikan samping aplikasi

  • Buka Pengaturan > Sesuaikan.
  • Di sini Anda dapat memilih aplikasi yang ingin Anda lihat pada panel samping Gmail. Kemudian, Anda dapat menghapus centang yang tidak diperlukan dan mengetuk Selesai.
  • Terakhir, klik Muat Ulang.

Dengan begitu, Anda hanya akan melihat satu panel samping di jendela Gmail, dan ikon hamburger akan memungkinkan Anda untuk memilih antara panel samping dengan label dan ikon atau hanya ikon saja.

Baca juga: 3 Pilihan Headset Gaming Yang Buat Main Game PC Jadi Seru

Untuk saat ini, Google mengizinkan pengguna untuk kembali ke tampilan jendela Gmail asli. Anda dapat melakukannya melalui Pengaturan > Kembali ke tampilan awal.

 

Sumber: dari berbagai sumber

Foto: theverge.com, tech4fresher.com

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Berlibur ke sebuah daerah yang belum pernah dikunjungi sebelumnya merupakan pengalaman baru yang sangat mengasyikkan. Selain mendapatkan pengalaman-pengalaman berharga, juga bisa...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Beberapa waktu lalu, Apple telah merilis lini iPhone terbaru mereka yakni iPhone 14 series yang bersamaan dengan dirilisnya sistem operasi baru...

Software

Jakarta, Unbox.id – Selama ini, pengguna Android tidak dapat mengetahui status yang terdapat di penyimpanan daya secara asli seperti yang ada di ponsel iPhone....

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Sebagian orang yang menggunakan browser Google Chrome telah merasakan kenyamanan dan efektifitasnya dalam segala aktivitas. Selain berfungsi sebagai alat telusur, aplikasi...