Cara Menggunakan Filter Pada Aplikasi FaceApp

Unbox.id – Beberapa hari terakhir, media sosial ramai dengan unggahan foto hasil filter dari FaceApp. Hasilnya, wajah Anda akan tampak lebih muda atau tua.

Filter unik ini yang membuat pengguna media sosial berbondong-bondong mencoba aplikasi ini. Disebut juga dengan #faceappchallenge. Namun apa sih sebenarnya fungsi aplikasi buatan Rusia ini?

FaceApp

Diluncurkan tahun 2017, FaceApp merupakan aplikasi berbasis artificial intelligence. Beberapa filter yang dimiliki seperti filter Young dan Old.

Kedua filter ini akan membuat wajah tampak lebih muda atau tua. Cara kerjanya sama dengan Baby filter dari Snapchat dan filter Gender swap.

Para pengguna bisa memilih foto yang sudah ada dari galeri atau mengambil potret diri secara langsung.

FaceApp tersedia secara gratis bagi pengguna Android dan iOS. Beberapa filter termasuk filter Young dan Old tersedia dengan cuma-cuma.

Untuk menikmati semua filter yang ada, Anda harus membayar demi akses versi Pro.

Baca juga: Begini Cara Kerja Fitur Low Light Huawei P30 Series

LANGKAH-LANGKAH

Download FaceApp dari Apple App Store atau Google Play Store. Cukup ketik faceapp pada kolom pencarian kemudian klik Install atau Get untuk iOS.

Setelah aplikasi terpasang di gadget, baca dan beri persetujuan permintaan akses sesuai kebutuhan. Kemudian, klik ikon kamera untuk mengambil potret diri. Atau klik ikon galeri di sisi kiri atas untuk mencari foto dari galeri.

Pilih foto yang diinginkan. Usai foto muncul, klik Age dan pilih filter Old untuk mengubah foto.

Baca juga: Segala Tips & Trik Untuk Samsung Galaxy Note 9

PRIVASI

Kekhawatiran akan privasi yang dilanggar aplikasi ini sempat mencuat beberapa waktu lalu.

Namun FaceApp segera memberi klarifikasi. CEO FaceApp, Yaroslav Goncharov  mengungkapkan foto yang diunggah pengguna mungkin disimpan dalam cloud. Tujuannya demi performa aplikasi dan traffic.

Kebanyakan foto tersebut nantinya akan dihapus dalam 48 jam sejak waktu pertama kali diunggah.

Dok. AP

FaceApp berargumen semua fiturnya bisa diakses tanpa perlu log in sehingga 99% penggunanya tidak melakukan log in. Maka FaceApp tidak memiliki data yang bisa mengidentifikasi seseorang.

FaceApp juga menyatakan pengguna bisa meminta data mereka bisa dihapus dari server. Caranya, klik Settings, pilih Support kemudian klik Report a bug (masukkan kata privacy pada kolom subjek).

FaceApp juga memastikan tidak menjual data pengguna kepada pihak ketiga.

Baca juga: Ini Cara Mengembalikan File Yang Hilang Dalam Flashdisk

Foto: berbagai sumber
Sumber: berbagai sumber

Tinggalkan Balasan