Connect with us

Hi, what are you looking for?

Artikel

Cara Mengembalikan Foto Yang Terhapus di Ponsel Android

Smartphone Android_1a
Smartphone Android. (Sumber: Android Headlines)

Unbox.id – Bagi pengguna smartphone Android, menyimpan foto dan video ke perpustakaan merupakan hal yang lumrah. Belum lagi, menyimpan foto ke galeri juga memungkinkan Anda membagikannya dengan lebih mudah ke aplikasi lain. Anda mungkin pernah melihat foto atau video yang terhapus secara tidak sengaja dan ingin memulihkannya. Untungnya, galeri tersebut kini memiliki sistem “Sampah” yang memungkinkan Anda menyimpan foto dan video yang dihapus dari galeri.

Restore

Smartphone Android_2b

Smartphone Android. (Sumber: ZDNet)

Foto dan video di folder Sampah otomatis terhapus dalam waktu 30 hari, atau Anda dapat menghapusnya sendiri secara permanen. Untuk memulihkan foto, Anda dapat mencoba metode ini sebelum 30 hari habis.

  • Buka Galeri di Android kamu.
  • Scroll ke bawah dan buka tab Sampah atau “Trash”.
  • Pilih foto dan video yang ingin kamu pulihkan.
  • Ketuk Pulihkan Gambar atau “Restore”.

Jika Anda menyimpan foto dan video di aplikasi penyimpanan cloud seperti Google Foto, Anda dapat menggunakan metode ini untuk memulihkan foto yang terhapus.

  • Buka Google Photos.
  • Ketuk “Library”.
  • Ketuk folder Sampah.
  • Pilih item yang ingin dihapus atau dipulihkan.

Mengutip Gadgets, kini foto dan video yang Anda hapus dari folder Sampah tidak terhapus secara permanen. Penting untuk segera memulihkan foto yang tidak ingin Anda hapus sebelum terhapus otomatis setelah 30 hari di Galeri dan 60 hari di Google Foto.

Aktifkan Opsi Pengembang Untuk Cepatkan Ponsel Anda

Smartphone Android_3c

Smartphone Android. (Sumber: Popular Science)

Sebelum Anda dapat mengakses pengaturan kecepatan animasi, Anda harus mengaktifkan Opsi Pengembangan terlebih dahulu.

Opsi Pengembang berisi daftar pengaturan kinerja dan tampilan yang disembunyikan secara default karena ditujukan untuk pengembang seluler Android. Untuk mengaktifkan fitur ini, buka Pengaturan > gulir ke Tentang ponsel > ketuk Info perangkat lunak > lalu ketuk “Build number” tujuh kali.

Jika ini pertama kalinya Anda melakukan ini, ponsel Anda akan menampilkan berapa kali Anda perlu mengetuk teks tersebut. Jika berhasil, Opsi Pengembang akan diaktifkan. Anda dapat kembali ke halaman pengaturan default dan menavigasi ke bagian bawah daftar.

Baca juga: List Ponsel Android Di BliBli Dengan Cicilan Tanpa Kartu Kredit

Ubah Kecepatan Animasi

Setelah berhasil membuka Opsi Pengembang di ponsel Anda, Anda akan melihat daftar pengaturan, sakelar, dan sakelar. Gulir ke bawah hingga Anda menemukan bagian “Gambar”. Di sana Anda akan melihat tiga pengaturan skala animasi:

  • Skala Animasi Jendela: Kecepatan aplikasi dan jendela yang muncul.
  • Skala Animasi Transisi: Kecepatan perpindahan antara panel layar utama dan dalam aplikasi.
  • Skala Durasi Animator: Kecepatan animasi antarmuka umum, seperti membuka dan menutup aplikasi, membuka kunci ponsel, dll.

Ketuk setiap pengaturan dan ubah nilai skala dari 1x (default) menjadi 0,5x. Semakin kecil angkanya, maka semakin cepat pula animasi berjalan di layar smartphone. Jika Anda ingin menghapus semua animasi dari ponsel Anda, Anda juga dapat mengatur nilainya ke “mati”.

Pada tahap ini, geser ponsel Anda, lakukan aktivitas biasa, dan perhatikan apakah Anda merasakan gerakan lebih cepat. Dengan pengaturan sederhana ini, ponsel Android Anda akan lebih responsif sehingga interaksi sehari-hari menjadi lebih lancar dan cepat.

Beberapa tahap di atas adalah cara untuk mempercepat ponsel Anda lebih dari biasanya, sudah dijelaskan juga bagaimana caranya untuk mengembalikan foto yang terhapus pada ponsel Android Anda. Dengan begitu, Anda sudah tidak perlu khawatir lagi karena semua yang terhapus pada ponsel Android Anda sebetulnya masih tersimpan.

Sekian tips dan cara yang kami berikan untuk Anda, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Salah satu syarat agar sebuah smartphone dapat beroperasi dengan stabil adalah memiliki daya tahan yang cukup untuk menunjang aktivitas sepanjang hari. Namun...

Tech Industry

Last updated on 10 Juni, 2024 Unbox.id – Diprediksi harga HP Android akan semakin mahal, apalagi ponsel andalan yang dimana harga ponsel tersebut sudah...

Artikel

Unbox.id – Kamera smartphone modern saat ini sudah mencapai titik di mana hasil foto yang diambil hampir setara dengan kamera profesional. Salah satu faktor...

Tech Industry

Unbox.id – Google telah menemukan cara baru untuk meningkatkan keamanan perangkat Android. Perusahaan dikatakan telah menerapkan fitur anti maling ini pada perangkat Android melalui...