Connect with us

Hi, what are you looking for?

Software

Cara Mengatur Margin di Word Agar Dokumen Rapi

Cara Mengatur Margin di Word Agar Dokumen Rapi (sumber: tomsguide.com)
Cara Mengatur Margin di Word Agar Dokumen Rapi (sumber: tomsguide.com)

Jakarta, Unbox.id – Margin adalah merupakan jarak antar tepi dalam sebuah halaman di Microsoft Word yang nanti nya dapat digunakan sebagai batas cetak pada kertas. Dalam arti lain, margin adalah sebuah tempat kosong yang terletak di antara kertas dengan dokumen. Mengatur margin pada Microsoft Word ini mungkin terlihat sederhana, namun seringkali masih banyak beberapa dari kita yang menemukan kesalahan ketika proses pencetakan.

Margin ini biasanya memiliki pengaturan khusus seperti misalnya jika Anda membuat sebuah tugas pekerjaan akademik seperti jurnal ilmiah, makalah, ataupun skripsi. Mengetahui cara mengatur margin pada Microsoft Word tentu merupakan hal yang sangat berguna untuk membantu Anda menyelesaikan berbagai tugas dan jenis dokumen.

Dalam aplikasi Word, setiap halaman baru secara otomatis normalnya memiliki margin satu inci di setiap sisi lembar kerjanya. Anda dapat mengatur margin yang sudah ditentukan sebelumnya sesuai keinginan Anda. Dengan mengatur margin pada halaman, hal itu dapat membantu Anda mempercepat berbagai tugas Anda.

Baca juga: 5 Rekomendasi Aplikasi Untuk Slow Motion Video Android

Umumnya, masing-masing dokumen memiliki margin yang berbeda, seperti misalnya pada dokumen skripsi biasanya memiliki margin bagian atas 4 cm, bawah 3 cm, kanan 3 cm dan kiri 4 cm.

Oleh karena itu, berikut adalah beberapa langkah untuk mengatur margin dengan mudah dan cepat supaya dokumen Anda menjadi rapi.

  • Buka aplikasi Microsoft Word pada laptop maupun PC Anda.
  • Buat lembar kerja baru di Microsoft word atau Anda dapat membuka file lembar kerja di Word yang sebelumnya sudah Anda kerjakan.
  • Buka menu “Page Layout” atau “Layout” dibagian atas jendela Words.

Page Layout pada Word (sumber: glints.com)

Page Layout di Word (sumber: glints.com)

  • Pilih Margin, setelah itu akan ada pop-up yang berisikan pengaturan margin.
  • Pada pengaturan Margin, akan ada kolom yang berisikan angka-angka. Kolom tersebut menentukan ukuran margin yang diinginkan pada keempat sudut halaman kerja yaitu atas, bawah, kanan, dan kiri.

Page Layout di Word (sumber: computerhope.com)

Page Setup di Word (sumber: computerhope.com)

Jika Anda ingin melakukan custom margin, Anda tinggal memasukkan angka yang Anda inginkan, misalnya, Anda ingin sisi atas dan kiri memiliki margin 4cm, sedangkan sisi bawah dan kanan memiliki margin 3cm, Anda tinggal masukkan angka yang tersebut pada kolom yang sudah disediakan.

Selain itu, di menu Margin juga tersedia ukuran margin yang ditetapkan sesuai dengan ukuran kertas yang umumnya digunakan seperti misalnya A4, A5, dan sejenisnya. Anda dapat mengaturnya melalui menu ‘Paper Size’, kemudian pilih ukuran kertas yang Anda inginkan.

Baca juga: Android Paling Murah, Advan Nasa Pro Dibanderol 900ribuan

Itulah beberapa langkah untuk mengatur margin dengan mudah dan cepat. Tentunya, terdapat banyak cara untuk mengatur margin sesuai dengan kebutuhannya serta pemilihan pada jenis kertasnya. Dengan mengatur margin dengan benar, Anda akan mempercepat berbagai pekerjaan dan juga proses pencetakan dokumen Anda.

 

Sumber: dari berbagai sumber

Foto: tomsguide.com, glints.com, computerhope.com

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Mustafa Suleyman, salah satu pendiri Google DeepMind, baru saja mengumumkan telah resmi bergabung dengan Microsoft. Suleyman membeberkan kabar salah satu pencipta teknologi...

Tech Industry

Unbox.id – Microsoft meluncurkan iklan pop-up Bing di Chrome pada Windows 10 dan 11. The Verge melaporkan bahwa iklan tersebut memaksa pengguna Chrome untuk...

Software

Unbox.id – Update terbaru Windows 11 disebut-sebut bermasalah. Oleh karena itu, Microsoft menganjurkan agar pengguna tidak mengunduh pembaruan. Menurut laporan terbaru, beberapa pengguna mengalami...

Software

Unbox.id – Microsoft telah mengumumkan bahwa mereka akan mengakhiri dukungan untuk Subsistem Windows untuk Android (WSA), komponen inti di balik Amazon Appstore dan aplikasi...