Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

Cara Mencari Grup di Telegram dengan Mudah

Telegram (sumber: voi.id)
Telegram (sumber: voi.id)

Jakarta, Unbox.id – Telegram merupakan salah satu aplikasi perpesanan yang saat ini sedang banyak digandrungi. Apalagi sejak WhatsApp memberlakukan kebijakan baru yang dinilai kurang efektif bagi pengguna, banyak penggunanya yang beralih ke Telegram. Telegram menyuguhkan kenyamanan dan kelebihan yang menjadi nilai plus dari aplikasi yang sudah diluncurkan sejak tahun 2013 ini.

Sama seperti WhatsApp, Telegram juga memiliki fitur grup yang mana proses perpesanan dapat lebih teratur. Grup di dalam Telegram mempunyai fitur dan jenis yang berbeda.

Ketika pengguna membuat akun Telegram, hal pertama yang harus dilakukan adalah memilih foto profil dan membuat nama pengguna. Selanjutnya Anda dapat memulai obrolan dan mencari grup. Namun, perlu Anda ketahui bahwa grup Telegram tidak sama dengan grup pada aplikasi perpesanan lainnya.

Baca juga: Hal yang Harus dilakukan ketika WhatsApp Dihack

Salah satu keunggulan dari Telegram yakni adalah adanya grup dan kanal yang bisa digunakan oleh pengguna. Pengguna dapat bergabung dengan grup mana pun sesuai dengan minat. Namun perlu diperhatikan bahwa setiap grup mempunyai aturan masing-masing.

Fitur paling utama dari aplikasi Telegram adalah mengirim pesan termasuk di dalamnya gambar, video, dokumen dan mengirim lokasi. Di dalam Telegram pun terdapat grup yang membuat obrolan lebih tersegmentasi.

Berbeda dari WhatsApp, grup di dalam Telegram terbagi menjadi beberapa jenis, yakni Grup Pribadi, Super Grup Pribadi dan Grup Super Publik. Yang membedakan dari ketiga jenis grup Telegram tersebut adalah metode akses dan kebebasan mengidentifikasi grup oleh pengguna.

Berikut adalah 2 cara mencari grup di Telegram yang dapat Anda lakukan dengan mudah.

Mencari Grup Telegram Via Google

Telegram (sumber: telegramadviser.com)

Telegram (sumber: telegramadviser.com)

Kelebihan dari Telegram dibandingkan aplikasi perpesanan lainnya adalah ketersediaan grup chat bagi pengguna mana pun yang ingin bergabung di dalamnya. Artinya setiap pengguna bisa mencari grup mana saja sesuai dengan minat, baik itu grup game, musik dan film.

Dalam prosesnya, pengguna bisa memanfaatkan smartphone atau PC. Berikut adalah cara mencari dan bergabung di grup Telegram via Google.

  • Buka tab mesin pencari Google. Pengguna bisa gunakan PC atau laptop.
  • Pada kolom pencarian, ketik site:t.me (spasi) tema grup. Misalnya, Anda ingin mencari grup yang berisi tentang informasi musik. Maka, format pencariannya adalah: site:t.me musik.
  • Setelah itu akan muncul hasil pencarian grup yang berkaitan dengan kata kunci yang Anda masukkan di mesin pencarian tadi. Selanjutnya, pilih grup yang menurut Anda paling menarik.
  • Selanjutnya akan muncul notifikasi untuk untuk membuka pencarian melalui aplikasi. Pilih View In Telegram. Nantinya akan muncul hasil pencarian berupa nama grup, jumlah anggota dan akun media sosial.
  • Pilih Join Grup.
  • Bila berhasil masuk, Anda akan melihat isi grup, nama-nama anggota dan chat yang pernah ada dalam grup tersebut.

Mencari Grup Via Aplikasi Telegram

Telegram (sumber: voi.id)

Telegram (sumber: voi.id)

Cara selanjutnya dapat diterapkan pada smartphone baik Android maupun iOS. Sayangnya, hasil pencarian via aplikasi Telegram tidak sebanyak hasil pencarian melalui mesin pencari Google. Pasalnya hasil yang ditampilkan biasanya berupa grup berbayar.

Untuk Anda yang mencari grup Telegram gratis tanpa diundang, Anda bisa ikut beberapa langkah berikut ini.

  • Buka aplikasi Telegram.
  • Ketuk ikon tiga garis yang ada di sudut sebelah kiri. Kemudian, tap Kontak.
  • Pilih menu Cari Pengguna Sekitar. Letaknya ada di bawah menu Undang Teman. Gulirkan ke bawah sampai Anda menemukan berbagai macam grup yang tersedia.
  • Pilih grup yang Anda minati. Lalu, tap Bergabung.
  • Jika prosesnya berhasil, Anda langsung dapat melihat isi grup. Gulirkan ke atas untuk melihat isi obrolan sebelum Anda bergabung.

Berikut tadi adalah 2 cara mencari dan bergabung di grup Telegram. Saat mencari sebuah grup Telegram dengan menggunakan format site:t.me, pastikan Anda menuliskan tema grup secara detail dan jelas sehingga hasil pencariannya pun akan ditampilkan secara lengkap.

Baca juga: Fitur Baru WhatsApp Membuat Pesan Suara Lebih Interaktif

Meskipun terlihat mudah dan praktis, namun ada baiknya Anda tidak mencari sembarang grup. Ada baiknya perhatikan tujuan dan manfaat yang bisa didapatkan dari bergabung dengan sebuah grup Telegram.

 

Sumber: dari berbagai sumber

Foto: voi.id, telegramadviser

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Software

Unbox.id – Browser ponsel Android seringkali menyimpan file yang tidak diperlukan. Saat menjelajahi situs web, browser mengambil banyak data dari situs web yang dikunjungi....

Tech Industry

Unbox.id – Pengguna Apple di Tiongkok mungkin tidak lagi dapat menemukan dan mengunduh aplikasi WhatsApp dan Threads dari App Store. Menurut Wall Street Journal...

Social Media

Unbox.id – Setelah menyaksikan pesatnya perkembangan AI, Meta pun tak tinggal diam. Perusahaan induk Facebook telah berupaya menerapkan AI ke dalam ekosistemnya selama beberapa...

Tech Industry

Unbox.id – Pasar smartphone Android belakangan ini mengalami lonjakan setelah sempat mengalami penurunan penjualan sebelumnya. Peningkatan ini bahkan bisa melebihi penjualan iPhone. Menurut studi...