Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Cara Membersihkan Keyboard Laptop Dengan Mudah

Membersihkan keyboard laptop (sumber: rollingstone.com)
Membersihkan keyboard laptop (sumber: rollingstone.com)

Jakarta, Unbox.id – Banyak dari kita yang sering menganggap sepele soal kebersihan pada keyboard laptop. Walaupun keyboard laptop Anda terlihat bersih, pasti tetap ada jutaan bakteri yang bersembunyi di dalamnya dan dapat mempengaruhi kesehatan tubuh Anda.

Satu-satunya cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan membersihkan keyboard laptop secara rutin. Ada beberapa alat yang bisa Anda gunakan, mulai dari kain microfiber, cotton bud, kuas, hair dryer, vacuum cleaner mini, gel khusus pembersih keyboard, hingga dust blower. Membersihkannya pun harus hati-hati agar keyboard tidak rusak.

Membersihkan keyboard sebenarnya tidak membutuhkan peralatan yang terlalu rumit. Anda bisa memanfaatkan beberapa barang yang biasa Anda gunakan sehari-hari seperti diatas. Mengingat laptop adalah salah satu perangkat elektronik yang rentan rusak, pastikan Anda juga harus berhati-hati saat melakukannya.

Berikut adalah beberapa cara untuk membersihkan keyboard pada laptop.

Matikan laptop

Sangat tidak disarankan untuk membersihkan keyboard saat laptop masih dalam keadaan menyala. Anda akan menyentuh atau menggerakkan laptop selama proses pembersihan keyboard, mulai dari menggeser hingga membalikkan laptop. Jika hal ini dilakukan saat kondisi laptop masih menyala, gerakan-gerakan tersebut dikhawatirkan akan membuat laptop cepat rusak.

Baca juga: 5 Hal yang Wajib Diperhatikan Saat Membeli Laptop Baru

Sebelum mulai membersihkan, pastikan laptop sudah dalam keadaan mati. Lepaskan juga kabel charger agar tidak terhubung dengan sumber listrik. Bila mesin laptop masih dalam keadaan panas, sebaiknya tunggu dulu hingga dingin.

Posisikan laptop secara terbalik

Jika laptop sudah mati dan dalam keadaan dingin, Anda bisa membalikkan laptop sehingga keyboardnya menghadap ke bawah, atau bisa juga dimiringkan sampai keyboard dalam kondisi vertikal. Hal ini bertujuan agar pembersihan keyboard bisa dilakukan dengan lebih cepat dan mudah.

Dengan kondisi laptop terbalik, kotoran-kotoran yang bersembunyi dibawah keyboard bisa jatuh dengan sendirinya. Anda cukup menekan tombol keyboard secara acak untuk menjatuhkan kotoran, namun tidak perlu mengguncang atau menggoyang laptop demi menghindari kerusakan pada mesinnya.

Bersihkan area luar dengan kain microfiber

Kain microfiber (sumber: m-microfiber.com)

Kain microfiber (sumber: m-microfiber.com)

Langkah selanjutnya yakni adalah membersihkan permukaan keyboard dengan kain mikrofiber yang lembut. Bersihkan hingga debu dan kotoran yang menempel di area luar keyboard benar-benar menghilang.

Anda tidak perlu terlalu menekan bagian keyboard dengan kuat saat proses pembersihan agar tidak merusak tombol-tombolnya. Cukup usapkan beberapa kali dengan perlahan sampai keyboard terlihat bersih.

Bersihkan sela keyboard

Untuk membersihkan sela-sela tombol keyboard, Anda dapat menggunakan alat-alat yang sudah dijelaskan sebelumnya, mulai dari cotton bud, kuas, gel pembersih keyboard, dust blower, vacuum cleaner mini, atau hair dryer. Anda bebas menggunakan alat apapun yang tersedia.

Selama proses pembersihan, laptop sebaiknya tetap biarkan dalam kondisi terbalik agar debu bisa jatuh dengan mudah, namun tetap hati-hati agar tidak merusak keyboard maupun laptop.

Bersihkan dengan cairan alcohol

Bila keyboard sudah bersih dari debu dan kotoran, saatnya membersihkan keyboard dari bakteri. Siapkan kain mikrofiber serta cairan pembersih yang mengandung alkohol. Anda juga bisa memanfaatkan hand sanitizer yang juga mampu membunuh bakteri.

Basahi kain dengan cairan alkohol tersebut namun tak perlu terlalu basah, cukup sampai terasa lembab. Setelah itu usapkan ke seluruh permukaan keyboard laptop secara perlahan. Untuk bagian sela-sela tombolnya, Anda bisa menggunakan cotton bud yang sebelumnya sudah dibasahi cairan pembersih.

Pastikan keyboard kering sebelum dinyalakan

Jika proses pembersihan keyboard sudah selesai, Anda bisa kembali menggunakan laptop, namun jangan terburu-buru dinyalakan. Sesaat setelah dibersihkan dengan cairan alkohol, permukaan laptop biasanya akan sedikit lembab.

Dengan begitu, sebaiknya jangan langsung menyalakan laptop dan biarkan hingga permukaan keyboard benar-benar mengering. Namun Anda tak perlu khawatir karena cairan pembersih atau alkohol biasanya akan cepat kering, terlebih penggunaannya juga tidak terlalu banyak.

Gunakan pelindung keyboard (keyboard protector)

Keyboard protector (sumber: shopee.co.id)

Keyboard protector (sumber: shopee.co.id)

Tips tambahan agar keyboard Anda tidak terlalu kotor ke depannya. Setelah dibersihkan, Anda disarankan untuk memakai keyboard protector. Produk yang satu ini sudah banyak dijual murah di pasaran, Anda dapat membelinya di toko komputer atau secara online.

Baca juga: Rekomendasi Laptop Spek Tinggi Harga 4 Jutaan

Biasanya pelindung seperti ini terbuat dari silikon tipis sehingga Anda bisa tetap mengetik dengan nyaman. Namun sebelum membeli, pastikan Anda juga memilih keyboard protector yang sesuai dengan ukuran tipe laptop Anda.

 

Sumber: dari berbagai sumber

Foto: rollingstone.com, shopee.co.id, m-microfiber.com

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Hardware

Unbox.id – Vendor laptop lokal Axioo melanjutkan kesuksesan Pongo sebagai laptop gaming dengan performa bagus. Yang terbaru, Axioo memperkenalkan Pongo 760 V2 yang ditenagai...

Tech News

Unbox.id – Penggunaan kecerdasan buatan (AI) adalah solusi yang memenuhi berbagai kebutuhan. Penggunaan AI juga meluas ke banyak bidang kehidupan dan memfasilitasi banyak aktivitas,...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id — Acer kali ini meluncurkan produk laptop gaming terbaru, Predator Helios Neo 16 (PHN16-72) di pasar Tanah Air. Perangkat dengan segmentasi gaming...

Tech Industry

Jakarta, Unbox.id — Samsung baru-baru ini memperkenalkan seri Galaxy Book 4 secara global, tetapi tampaknya ada pengungkapan menarik lainnya yang akan segera terjadi. Laptop...