Connect with us

Hi, what are you looking for?

Artikel

Cara Cek Kondisi Sinyal Ponsel Android dan iPhone

Smartphone Signal_1a
Smartphone Signal. (Sumber: CNET)

Unbox.id – Kekuatan sinyal ponsel penting untuk memastikan kualitas panggilan dan kecepatan internet yang baik. Namun, tidak jarang kita menghadapi situasi di mana sinyal ponsel lemah sehingga menghambat beberapa aktivitas yang memerlukan koneksi Internet. Secara umum, kami akan mengevaluasi kekuatan sinyal ponsel saat ini.ponsel. melalui logo sinyal. di pojok kanan atas ponsel. Namun pada kenyataannya, metode penilaian ini kurang akurat.

Panduan Umum Untuk Menafsirkan Pembacaan dBm

Smartphone Signal_2b

Smartphone Signal. (Sumber: Kim Tech)

Mengutip Gizchina, Unbox.id akan membagikan cara lain untuk mengecek kekuatan sinyal ponsel, baik di ponsel Android maupun iPhone.

Namun pertama-tama, penting untuk dipahami bahwa kekuatan sinyal ponsel untuk ponsel Android dan iPhone diukur dalam desibel miliwatt (dBm). Harap dicatat bahwa dBm yang lebih rendah menunjukkan sinyal yang lebih kuat.

  • Hampir tidak ada kekuatan sinyal: -110 dBm.
  • Kekuatan sinyal buruk: -85 dBm hingga -100 dBm.
  • Kekuatan sinyal bagus: -65 dBm hingga -84 dBm.

Setelah dipahami, kita bisa mengecek kekuatan sinyal dengan cara berikut ini.

  • Buka menu Call atau Panggilan di iPhone, dan masukkan *3001#12345#* di tombol panggilan.
  • Kemudian klik tombol panggilan untuk melihat data terkait sinyal telepon.
  • Harap diperhatikan untuk versi ponsel yang berbeda, konten menu di sini akan berbeda. Sistem juga memerlukan waktu beberapa saat untuk menanyakan data.
  • Setelah beberapa saat, menu lainnya akan muncul.
  • Klik [NR Rach Attempt] di bawah [5G] untuk melihat nilai kekuatan sinyal 5G.
  • Klik [Rach Attempt] di bawah [4G] untuk melihat nilai kekuatan sinyal 4G.

Cek Kekuatan Sinyal Pada Ponsel Android

Ingatlah bahwa setiap merek ponsel Android memiliki cara berbeda untuk memeriksa kekuatan sinyal. Pada tip kali ini, contohnya adalah pada ponsel Xiaomi (MIUI 14).

  • Buka Pengaturan (Settings).
  • Pilih Perangkat Saya (My Device).
  • Semua Parameter dan Informasi (All Parameters and Information).
  • Informasi Status (Status Information).
  • Status Kartu SIM, pilih Slot Kartu SIM 1 atau Slot Kartu SIM 2.
  • Kemudian dapat dilihat kekuatan sinyal secara real-time.

Dengan memahami dan mengukur kekuatan sinyal ponsel secara akurat, pengguna dapat mengidentifikasi area dengan sinyal lemah dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk meningkatkan koneksi.

Jika kualitas Jika ada masalah dengan sinyal jaringan secara teratur, pengguna dapat menghubungi nomor layanan pelanggan operator untuk mengirimkan permintaan.

Baca juga: IPhone 16 Pro Dan IPhone 16 Pro Max Akan Garap Layar Besar

Atasi Jaringan Wifi Yang Tak Bisa Terhubung ke Ponsel Android

Smartphone Signal_3c

Smartphone Signal. (Sumber: Signal Solution)

Selain itu, koneksi WiFi perangkat Android yang terus-menerus terputus tentunya sangat merugikan kenyamanan dan browsing internet.

Ada beberapa penyebab seringnya koneksi WiFi terputus. Mengutip tips teknologi online, contoh masalah termasuk kesalahan acak pada antarmuka WiFi, pengaturan jaringan yang “bertentangan”, atau konfigurasi router yang salah. Buka kotak ID berikut merangkum cara Anda dapat memperbaiki masalah ini.

Cara ini merupakan cara termudah dan tercepat yang bisa Anda gunakan. Dengan mengaktifkan dan menonaktifkan kembali Mode Pesawat di ponsel Android, Anda dapat menyambungkan kembali koneksi WiFi.

Untuk memeriksa kekuatan sinyal, Anda dapat melihat garis sinyal yang ditampilkan di layar ponsel Anda. Anda juga dapat memeriksanya dengan mengklik nama jaringan WiFi. Perlu Anda perhatikan juga bahwa kekuatan sinyal WiFi akan lebih baik dan kuat jika Anda dekat dengan router.

Untuk melakukan ini, Anda perlu masuk ke pengaturan. Ketuk Jaringan dan Internet, lalu pilih Internet. Selanjutnya, ketuk ikon roda gigi di samping nama jaringan Anda dan klik Lupakan. Kemudian tambahkan lagi jaringan WiFi Anda. Masukkan kata sandi dan ketuk Hubungkan.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Apple

Unbox.id – iPhone SE generasi terbaru diperkirakan akan dirilis pada tahun 2025. Kabarnya, Apple kini tengah bersiap memperkenalkan lini iPhone terjangkau dengan layar OLED....

Tech Industry

Unbox.id – iPhone semakin mengukuhkan posisinya sebagai smartphone terpopuler di dunia. Meski Android memiliki fitur yang tak kalah menarik, namun konsumen di seluruh dunia...

Apple

Unbox.id – Tingkat kepuasan Samsung Galaxy S24 dinilai sangat tinggi, untuk pertama kalinya mengungguli iPhone 15. Data analisis ini ditemukan oleh grup situs rekomendasi...

Software

Unbox.id – Google diam-diam merilis fitur Android baru yang bertujuan melindungi pengguna dari upaya phishing dan serangan malware. Hal tersebut diungkapkan pakar Android Mishaal...