Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Cara Cek IMEI Smartphone Anda di Kemenperin

IMEI Smartphone (sumber: voi.id)
IMEI Smartphone (sumber: voi.id)

Jakarta, Unbox.id – Saat ini IMEI pada smartphone merupakan sebuah hal yang penting untuk diketahui, terlebih jika Anda hendak membeli sebuah smartphone bekas Anda harus mengetahui apakah nomor IMEI smartphone Anda terdafar resmi atau tidak di situs Kemenperin.

Pemerintah Indonesia lewat Kementerian Komunikasi dan Informatika atau Kemenkominfo, menjelaskan pelarangan pembelian smartphone dari luar negeri yang merujuk pada aturan IMEI terbaru.

Baca juga: 5 Rekomendasi Browser Android Ringan

Untuk membrantas distribusi smartphone ilegal di Indonesia, pembeli smartphone dari luar negeri tidak bisa menggunakan kartu SIM semua operator dalam negeri. Kemkominfo bekerjasama dengan Kementerian Perindustrian, dan Kementerian Perdagangan untuk menandatangani payung hukum IMEI tersebut.

Saat ini Kemenperin sudah menerbitkan sebuah situs khusus untuk mengecek IMEI yang terdaftar resmi atau tidak. Jika IMEI pengguna tidak ada dalam database sistem, kemungkinkan besar smartphone yang Anda pakai bukanlah smartphone resmi alias termasuk dalam kategori smartphone black market.

Cek IMEI dari smartphone

Cek IMEI dari smartphone (sumber: berita.teknologi.id)

Cek IMEI dari smartphone (sumber: berita.teknologi.id)

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melihat IMEI smartphone. Pertama adalah menekan tombol *#06#. Cara ini bisa dilakukan di semua jenis smartphone, baik itu Samsung, iPhone, Xiaomi, Huawei, OPPO, VIVO dan masih banyak lagi.

Cara kedua yakni adalah dengan melihat langsung bagian about atau tentang pada setiap smartphone. Umumnya menu ini dapat ditemukan di Pengaturan > Sistem > Tentang. Di halaman tersebut Anda akan disuguhkan dengan informasi seperti model, build number, versi Android, hingga spesifikasi singkat dari smartphone yang Anda gunakan.

Cara ketiga adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Jika Anda adalah pengguna smartphone Android, Anda bisa langsung mengunduh aplikasi My IMEI melalui Google Play Store. Selanjutnya, buka aplikasi tersebut dan secara otomatis nomor IMEI smartphone Anda akan muncul.

Baca juga: 2 Cara Menggabungkan File PDF di Android

Cara keempat ini mungkin tak lagi relevan, namun jika Anda masih menggunakan smartphone model terdahulu, atau smartphone yang belum menggunakan baterai tanam, biasanya Anda dapat melihat nomer IMEI yang tercetak pada bagian belakang smartphone atau casing.

Cara terakhir untuk mengecek IMEI smartphone adalah dengan melihat box atau kardus dari smartphone yang Anda beli. Umumnya setiap kotak smartphone terdapat beberapa informasi seputar smartphone yakni meliputi nomor IMEI, serial number serta keterangan seperti fitur smartphone.

Cara Cek IMEI di situs Kemenperin

Cek IMEI di Kemenperin (sumber: gadgetren.com)

Cek IMEI di Kemenperin (sumber: gadgetren.com)

Setelah nomor IMEI sudah berhasil diketahui, selanjutnya Anda dapat mengecek ke situs Kemenperin apakah IMEI tersebut terdaftar secara resmi atau tidak. Caranya dengan mengunjungi situs http://kemenperin.go.id/imei/ lalu masukkan nomor IMEI milik Anda. Jika nomor IMEI tersebut terdaftar, akan muncul keterangan nomor IMEI, perusahaan, merek ponsel dan model. Namun jika nomor IMEI belum terdaftar maka akan muncul keterangan bahwa nomor IMEI tersebut tidak ada dalam database Kemenperin.

 

Sumber: dari berbagai sumber

Foto: voi.id, gadgetren.com, berita.teknologi.id

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Software

Unbox.id – Browser ponsel Android seringkali menyimpan file yang tidak diperlukan. Saat menjelajahi situs web, browser mengambil banyak data dari situs web yang dikunjungi....

Tech Industry

Unbox.id – Pasar smartphone Android belakangan ini mengalami lonjakan setelah sempat mengalami penurunan penjualan sebelumnya. Peningkatan ini bahkan bisa melebihi penjualan iPhone. Menurut studi...

Tech Industry

Unbox.id – Penjualan iPhone akan turun sekitar 10% pada kuartal pertama tahun 2024 karena meningkatnya persaingan dari pembuat ponsel pintar Android untuk mendapatkan posisi...

Tech Industry

Unbox.id – Pemerintah Inggris sedang mempertimbangkan untuk melarang penjualan ponsel pintar kepada anak-anak di bawah 16 tahun. Hal ini dilakukan untuk memerangi kecanduan smartphone...