Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

Cara Batasi Tweet Dengan Fitur Twitter Circle

Cara Batasi Tweet Dengan Fitur Twitter Circle (sumber: makemac.grid.id)
Cara Batasi Tweet Dengan Fitur Twitter Circle (sumber: makemac.grid.id)

Jakarta, Unbox.id – Twitter Circle adalah merupakan fitur baru Twitter yang memungkinkan pengguna untuk membagikan Tweet kepada orang-orang tertentu. Anda dapat memilih siapa saja yang ada di Twitter Circle Anda. Dengan begitu, hanya orang yang Anda tambahkan saja yang dapat membalas dan berinteraksi dengan Tweet yang Anda bagikan di Circle.

Fitur Circle ini mirip mirip dengan fitur Close Friend milik Instagram yang jauh lebih dulu sudah menghadirkan fitur tersebut.

Sebelumnya, Twitter mulai menguji fitur Circle pada pengguna terpilih dan hanya terbatas di wilayah tertentu saja. Namun, kini pihaknya mulai meluncurkan Circle ke lebih banyak pengguna.

Untuk melihat apakah Anda dapat memiliki akses ke Twitter Circle, Anda harus lebih dulu memperbaru aplikasi Twitter ke yang lebih baru. Kemudian Anda dapat mencoba memulai membuat cuitan, disitu Anda akan melihat menu di bagian atas yang bertuliskan “Semua orang.”

Baca juga: Twitter Uji Coba Fitur Circle, Mirip Close Friends Instagram

Jika menu tersebut tersedia, Anda dapat memilih Circle untuk membatasi tweet Anda ke pengguna tertentu saja. Anda juga dapat melakukan perubahan untuk menambahkan atau menghapus orang dari Circle.

Anda dapat menambahkan hingga 150 pengguna ke Circle, baik mereka mengikuti Anda atau tidak. Perlu di ingat bahwa Twitter tidak akan memberi tahu pengguna jika Anda menambahkan atau menghapus dari Circle.

Kemudian, orang-orang yang Anda masukkan ke dalam daftar Circle Anda nantinya tidak akan dapat me-retweet postingan yang Anda unggah, namun mereka masih dapat mengambil tangkapan layar dan mengunduh tweet Anda.

Meski demikian, Twitter tetap memberlakukan pedoman komunitas meskipun Anda mengirim tweet ke audiens yang lebih kecil.

Juru bicara Twitter yakni Joseph Nunez mengungkapkan bahwa saat ini pihaknya masih menguji Twitter Circle dengan sekelompok orang pada perasngkat iOS, Android, dan juga Web secara global.

Dengan kata lain, fitur ini masih belum diluncurkan secara luas untuk pengguna umum karena pihak Twitter masih terus mengumpulkan umpan balik dari pengguna terpilih tersebut.

Oleh karena itu, jika Anda ingin mencoba untuk membuat Twitter Circle, berikut adalah beberapa langkahnya.

  • Buka opsi buat tweet baru dengan ikon + di pojok kanan bawah.
  • Pilih opsi ‘Semua orang’ Ubah ke opsi ‘Twitter Circle’.
  • Kemudian pilih ‘Edit’ untuk menambahkan daftar teman.
  • Jika selesai, Anda dapat langsung mengunggah tweet dengan Twitter Circle.

Twitter Circle (sumber: techcrunch.com)

Twitter Circle (sumber: techcrunch.com)

Nantinya, tweet yang pengguna unggah dengan Twitter Circle akan muncul deskripsi berisi ‘Hanya orang di Twitter Circle @nama akun yang dapat melihat Tweet ini’.

Dengan begitu, pengguna akan dapat langsung mengetahui bahwa Anda sedang mengaktifkan fitur Twitter Circle pada postingan tersebut.

Baca juga: Instagram Hadirkan Fitur Pin Post Seperti Twitter Bernama Grid Pinning

Tentu fitur ini nantinya dapat berguna bagi Anda yang kerap membagikan sesuatu yang sifatnya pribadi dan hanya ingin beberapa orang terdekat saja yang dapat melihatnya tanpa perlu mengunci akun Twitter Anda.

 

Sumber: dari berbagai sumber

Foto: makemac.grid.id, techcrunch.com

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Unbox.id – Apple saat ini menghadapi tuntutan hukum dari Departemen Kehakiman AS. Perusahaan tersebut dituduh beroperasi secara monopoli dan menghindari persaingan. Dalam gugatannya, Departemen...

Tech Industry

Unbox.id – Android 15 dikabarkan memiliki fitur penting yang memungkinkan pengguna melacak ponsel yang hilang meski dalam keadaan mati. Seorang pengembang Android mengungkapkan di...

Tech Industry

Unbox.id – Malware Android baru yang menargetkan perusahaan perbankan, PixPirate, dikatakan memiliki metode baru untuk tetap tersembunyi di ponsel atau ponsel sambil tetap aktif,...

Artikel

Unbox.id – Berbagi kenangan dan hal-hal lucu melalui foto dan video bersama rekan kerja, atasan, dan keluarga memang menyenangkan. Namun sebagian dari kita mungkin...