Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

Cara Atasi Error di Fitur OK Google

OK Gpogle_1
Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi error di dalam fitur terbaru dari Google ini. (Sumber: Berita Sore)

Unbox.id – Google memang merupakan salah satu produk unggulan yang cukup mumpuni bagi segi teknologinya. Dalam hal ini, Google turut menghadirkan beragam produk-produknya yang canggih dan juga cocok untuk digunakan di dalam waktu kesehariannya. Seperti salah satu fiturnya tersebut yaitu OK Google! Fitur yang hampir mirip dengan penggunaan Siri di dalam produk iOS milik Apple ini memang jadi fitur canggih yang mutakhir untuk bisa digunakan oleh para penggunanya. Namun, bagaimana bila fitur ini error pada perangkat gadget penggunanya? Apa yang bisa dilakukan untuk bisa mengatasi kendala error di fiturnya tersebut? Berikut cara mengatasinya dengan mudah.

Lakukan Pembaruan Google Assistant Secara Berkala

OK Google_2

Memberikan update secara berkala terhadap Google Assistant bisa mengurangi error pada aplikasinya itu. (Sumber: Viva)

Ada salah satu cara termudah yang bisa diketahui dan juga bisa dilakukan untuk mengatasi sistem error dari fitur OK Google ini. Salah satu cara termudah yang bsia diketahui di dalam mengatasi ke-erroran terhadap fitur sistemmya tersebut adalah dengan melakukan pembaruan terhadap sistem aplikasinya tersebut.

Pembaruan memang menjadi salah satu yang penting dan juga cocok untuk dilakukan di dalam aktivitas penggunaan fiturnya ini. Lebih lanjut apabila para penggunanya tidak melakukan pembaruan, maka aplikasi OK Google di perangkat gadgetnya tersebut bisa error dan tidak dapat berfungsi secara normal pada umumnya.

Sejalan akan hal itu, para penggunanya perlu melalukan pembaruan secara berkala terhadap sistem Google Assistant yang ada di dalam perangkat gadgetnya tersebut. Lakukan update terbaru untuk sistemnya tersebut agar bisa menggunakan aplikasi OK Google secara normal dan juga lancar di waktu keseharian apra penggunanya itu.

Baca juga: Ketahui Rumor Rilisnya Google Pixel Fold Di Tahun 2023

Mengecek Pilihan Bahasa Yang Digunakan

Bahasa menjadi faktor penting di dalam penggunaan aplikasi OK Google bagi para penggunanya. Apabila para penggunanya berkata dan juga menggunakan Bahasa yang berbeda dengan sistem yang diaturnya, bukan tidak mungkin jika fitur OK Google ini tidak dapat digunakan secara semestinya dan error untuk digunakan oleh penggunanya di dalam perangkat gadgetnya itu.

Dengan adanya sistem pengucapan dan pengaturan yang berbeda, fitur OK Google akan tidak mengenali kesinkronisasian data yang menyebabkan fitur ini tidak berfungsi dengan baik. Guna mengatasi permasalahan tersebut, para penggunanya bisa mengikuti beberapa langkah mudah seperti berikut ini.

  • Buka aplikasi Google Assistant dan pilih ikon Profil.
  • Setelahnya, pilih opsi “Languages”.
  • Jika sudah, maka penggunanya bisa tentukan bahasa yang diinginkan.
  • Coba kembali fitur OK Google.

Baca juga: Pixel Watch Jadi Smartwatch Pertama Yang Dirilis Google

Mengecek Aktif Tidaknya Fitur di Perangkatnya

OK Google_3

Melakukan pengecekan kembali bisa dilakukan agar bisa mengetahui apakah fitur ini error atau tidaknya pada perangkatnya tersebut. (Sumber: Ngonoo.com)

Cara lainnya yang bisa dilakukan untuk mengatasi error pada aplikasi dari Google ini adalah mengecek kembali apakah fitur tersebut sudah aktif ataukah belum di dalam perangkat gadgetnya tersebut. Ada kemungkinan bahwa fitur ini mungkin tidak diaktifkan oleh para penggunanya. Untuk itu, para penggunanya bisa mencoba mengecek dan mengaktifkan fitur aplikasi Google  ini di perangkatnya, Untuk mengaktifkannya, beberapa langkahnya adalah seperti berikut ini.

  • Buka aplikasi Google Assistant dan pilih ikon Profil.
  • Selanjutnya, pilih menu “Hey Google & Voice Match”.
  • Setelahnya, para penggunanya bisa mengaktifkan opsi “Hey Google”.
  • Di dalam opsi ini, para penggunanya juga bisa menggunakan “Voice Model” dan merekam suara sehingga sistem Google Assistant bisa lebih dikenali dalam pemakaiannya.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Google memperkenalkan beberapa solusi baru pada acara Google Next 2024. Salah satu solusi yang dihadirkan pada acara tersebut adalah Gemini Code Assist...

Tech Industry

Unbox.id – Google Doodle hari ini merayakan Hari Bumi 2024 dengan serangkaian gambar yang menampilkan kata “Google” dari gambar satelit. Hari Bumi 2024 atau...

Tech Industry

Unbox.id – Google Pixel Fold memang tidak sepopuler merek ponsel layar lipat lainnya seperti Samsung, Oppo, atau Huawei. Meski begitu, Google Pixel Fold tetap...

Tech Industry

Unbox.id – Membeli aplikasi atau game melalui Google Play kini lebih aman. Pasalnya Google menerapkan metode keamanan biometrik untuk mengonfirmasi transaksi yang dilakukan. Ini...