Connect with us

Hi, what are you looking for?

Artikel

Cara Ampuh dan Aman Untuk Root Ponsel Tanpa Gunakan PC

Root Ponsel_1a
Root Ponsel. (Sumber: Liputan6.com)

Unbox.id – Sering kali dikira bahwa ponsel yang di-root (terutama ponsel Android) hanya digunakan oleh tukang reparasi atau orang yang pandai memperbaiki sesuatu. Karena cara root hp harus melalui proses yang rumit. Namun pengoperasian rooting ponsel sebenarnya bisa dipelajari sendiri, dan ada banyak tutorial cara rooting ponsel Android di internet. Apalagi sekarang anda bisa langsung root hp anda di hp anda tanpa menggunakan pc atau laptop. Namun sebelum membahas lebih jauh, ada baiknya pahami dulu asal usul ponsel ini. Rooting adalah proses yang memberikan penggunaan dan kontrol penuh kepada pengguna Android. Nah, setiap perusahaan yang membuat ponsel Android memiliki standar khusus yang membatasi penggunaan dan kontrol sistem karena alasan tertentu. Standar ini berlaku untuk semua jenis perangkat Android, mulai dari smartphone, tab, hingga smart TV.

Cara Root Hp Android

Awalnya, proses rooting HP Android hanya bisa dilakukan melalui PC atau komputer. Bahkan sekarang ini banyak orang yang menggunakan PC untuk melakukan root dengan PC karena dianggap lebih stabil dan cepat.

Namun nyatanya, ada banyak aplikasi rooting yang bisa kita gunakan untuk melakukan proses rooting di HP Android manapun. Beberapa opsi aplikasi untuk me-rooting ponsel Android adalah FrameRoot, Root Genius, dan KingRoot.

Aplikasi ini tersedia di playstore. Silakan unduh dan instal di perangkat Android Anda. Setelah penginstalan selesai, klik aplikasi ini lalu pilih Instal SuperSU, kemudian akan muncul dua menu yaitu Aragorn dan Gandalf.

Keduanya berfungsi dengan maksud aslinya, tetapi item yang paling banyak digunakan adalah menu Gandalf. Klik menu ini dan tunggu prosesnya selesai. Setelah itu, reboot perangkat Android dan Anda hanya tinggal melakukan proses rooting.

Cara Root Hp Android dengan FramaRoot

FramaRoot Apk_2b

FramaRoot. (Sumber: AndroidPonsel)

Dengan FramaRoot Anda dapat melakukan root pada ponsel Anda dengan satu klik. Cara root ponsel menggunakan FramaRoot dapat dilakukan dengan mengikuti prosedur ini.

  • Download aplikasi FramaRoot di Google Play Store.
  • Buka aplikasi FramaRoot, lalu pilih Install SuperSU atau Superuser sesuai dengan keinginan kamu.
  • Lalu muncul pilihan Aragorn dan Gandalf (dua nama karakter film Lord of The Rings). Sebenarnya kedua pilihan tersebut tidak ada bedanya, silakan pilih sesuai keinginan walau banyak yang menyarankan lebih baik memilih Gandalf saja.
  • Proses root akan langsung berjalan, lalu tunggu hingga semua proses selesai. Akan muncul notifikasi ini sudah muncul, tandanya kamu sudah berhasil melakukan root.
  • Kemudian restart hp Android kamu, lalu pastikan aplikasi SuperSU atau Superuser sudah muncul di list aplikasi kamu.

Cara Root Hp Android dengan RootGenius

Secara keseluruhan, cara root ponsel menggunakan RootGenius tidak jauh berbeda dengan Framaroot. Untuk menggunakan aplikasi asli RootGenius, beberapa langkah harus dilakukan:

  • Download aplikasi RootGenius pada hp kamu.
  • Buka aplikasi android root ini lalu kamu klik gambar yang berbentuk lingkaran.
  • Setelah itu akan tampil, sebuah kotak yang menyatakan untuk install aplikasi ini, lakukan install sesuai yang diminta.
  • Kemudian akan muncul icon jempol, lalu ubah king user setelah kamu selesai melakukan root. Kemudian proses root sudah selesai.

Baca juga: Cara Memindahkan Foto Dari Kamera Ke Hp Dan Laptop

Cara Root Hp Android Dengan KingRoot

Cara root ponsel menggunakan aplikasi root KingRoot menjadi pilihan selanjutnya. Banyak orang mengatakan KingRoot adalah aplikasi root Android saat ini. Pasalnya, KingRoot sudah mendukung lebih dari 100.000 smartphone yang sudah di-root. Berikut cara root Android menggunakan KingRoot.

  • Download aplikasi root terbaik KingRoot.
  • Setelah itu, kamu bisa langsung install aplikasi root KingRoot di smartphone Android.
  • Setelah itu, kamu cukup klik tombol check yang ada di aplikasi KingRoot lalu aplikasi ini akan memulai proses pengecekan. Tunggu notifikasi apakah metode eksekusi root-nya bisa dijalankan atau tidak.
  • Jika bisa, maka smartphone Android kamu bisa langsung di-root oleh KingRoot. Mudah bukan?

 

 

 

Sumber & Fotol: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Software

Unbox.id – Rooting atau melakukan root pada smartphone telah menjadi topik yang populer di kalangan pengguna Android. Bagi sebagian orang, rooting dapat memberikan kebebasan...