Connect with us

Hi, what are you looking for?

Artikel

Cara Aktifkan Auto FPS di Kamera iPhone

Cara Aktifkan Auto FPS di Kamera iPhone (sumber: gadgethacks.com)
Cara Aktifkan Auto FPS di Kamera iPhone (sumber: gadgethacks.com)

Jakarta, Unbox.id – Mulai iPhone 12 dan seterusnya, para pengguna mendapatkan fitur video baru yang disebut Auto FPS. Fitur tersebut secara otomatis dapat menyesuaikan frame rate perekaman video berdasarkan cahaya.

Pada beberapa iPhone lama, Apple menyediakan fitur yang disebut “Auto Low Light FPS,” yang secara otomatis akan menurunkan frame rate video ke 24fps untuk menyesuaikan eksposur dalam cahaya rendah. Ini terjadi ketika Anda berpindah dari ruangan yang terang ke gelap saat merekam video.

Auto FPS iPhone (sumber: gadgetstouse.com)

Auto FPS iPhone (sumber: gadgetstouse.com)

Auto FPS adalah merupakan versi yang disempurnakan dari fitur “Auto Low Light FPS” tersebut. Selain itu, fitur tersebut juga mengoptimalkan frame rate hingga video 60 fps berdasarkan gerakan. IPhone akan secara otomatis beralih ke frame rate lebih tinggi jika video yang Anda rekam memiliki adegan gerak yang cepat.

Dengan Auto FPS Otomatis, iPhone Anda akan melakukannya dengan baik dan secara otomatis meningkatkan atau menurunkan frame rate seseuai dengan pencahayaan dan gerakan. Hasilnya, selain itu, Anda juga akan mendapatkan video yang lebih baik dengan ukuran file yang dioptimalkan.

Baca juga: 3 Cara Simpan Kontak di iPhone Ke Akun Google

Perlu di ingat bahwa untuk fitur Auto FPS ini hanya tersedia di iPhone 12 series, iPhone 13 series, dan iPhone SE (generasi ke-3). Sedangkan untuk fitur Auto Low Light FPS tersedia pada iPhone X series, iPhone 11 series, dan iPhone SE (generasi ke-2).

Oleh karena itu, berikut ini adalah cara untuk mengaktifkan atau menonaktifkan Auto FPS pada iPhone.

  • Buka Pengaturan di iPhone Anda.
  • Gulir ke bawah dan klik Camera.
  • Klik pada bagian Record Video.
  • Gulir ke bawah dan ketuk Auto FPS.
  • Di sini, Anda dapat memilih 3 opsi yakni Off, Auto 30 fps, dan Auto 30 & 60 fps.

Jika Anda ingin Auto FPS hanya berfungsi saat Anda memotret dalam mode 30 fps, pilih Auto 30 fps. Ini akan memastikan iPhone mempertahankan kecepatan refresh konstan dalam video tanpa mengutak-atik apa pun dalam mode 60 fps. Namun jika Anda ingin frame rate otomatis berfungsi di semua pengaturan, pilih Otomatis 30 & 60 fps.

Haruskah merekam dalam mode Auto FPS?

Saat merekam dalam mode Auto FPS, iPhone secara otomatis beralih dari 60 ke 24 fps saat berpindah dari area yang cukup terang ke ruangan yang gelap. Karena ketika membuka shutter yng lebih lama, ia dapat merekam video yang cerah dengan detail yang jelas.

Sebaliknya, dengan menonaktifkan Auto FPS, video 60 fps terlihat lebih mulus, namun tidak ada yang terlihat ketika dalam ruangan gelap. Jadi, Anda dapat mengaktifkan Auto FPS jika tujuan Anda adalah merekam video terang dengan detail dalam cahaya yang gelap.

Baca juga: Inilah Rekomendasi Kabel Data iPhone Yang Bagus

Perubahan frame rate juga terjadi selama video, dan Anda akan melihat transisi saat Anda berpindah dari area terang ke area gelap. Rekaman yang smooth akan sedikit berombak ketika frame rate dikurangi.

Anda juga dapat menggunakan aplikasi EXIF Data Viewer di iPhone untuk memeriksa apakah video beralih ke frekuensi gambar yang lebih rendah.

 

Sumber: dari berbagai sumber

Foto: gadgetstouse.com, gadgethacks.com

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Unbox.id – Seiring dengan perkembangan smartphone yang semakin mumpuni untuk bisa diboyong oleh para penggunanya, salah satu smartphone yang telah menjadi pilihan dan cocok...

Artikel

Jakarta, Unbox.id – Sekarang ini, banyak berbagai pilihan tablet 10 inch yang tersebar di pasaran. Jika Anda sedang bingung untuk memilih tablet yang sesuai untuk Anda...

Merk

Unbox.id – Siapa yang tidak kenal dengan produk iPhone? Produk teknologi asal negeri Amerika Serikat ini memang menyajikan sebuah produk-produk smartphone yang mumpuni dan...

Software

Jakarta, Unbox.id – Beberapa waktu lalu, Apple telah merilis lini iPhone terbaru mereka yakni iPhone 14 series yang bersamaan dengan dirilisnya sistem operasi baru...