Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Cara Aktfikan Bixby Routines, Asisten Virtual di Smartphone Samsung

Cara Aktfikan Bixby Routines, Asisten Virtual di Smartphone Samsung (sumber: samsung.com)
Cara Aktfikan Bixby Routines, Asisten Virtual di Smartphone Samsung (sumber: samsung.com)

Jakarta, Unbox.id – Layaknya Apple yang membekali iPhone dengan fitur Siri, Samsung juga membekali lini smartphone miliknya dengan antarmuka sistem One UI dengan asisten virtual bernama Bixby yang dapat memudahkan pengguna pada setiap aktivitas ketika menggunakan perangkat.

Bixby Routines ini merupakan sebuah fitur berbasis machine learning yang diharapkan mampu beradaptasi dengan kehidupan pengguna supaya penggunaan smartphone dapat lebih efisien.

Dengan mengaktifkan asisten virtual ini, Samsung Galaxy dapat membuat pengaturan pemakaian harian secara otomatis berdasarkan kebiasaan yang sering pengguna lakukan.

Seperti misalnya ketika pagi hari, Bixby dapat membantu pengguna untuk mematikan notifikasi supaya lebih fokus. Selain itu, asisten virtual ini juga dapat menghidupkan WiFi secara otomatis ketika kita sampai di lokasi tertentu seperti kantor atau rumah sehingga kita dapat langsung terkoneksi dengan internet.

Fitur Bixby Routines biasanya akan aktif secara otomatis di berbagai macam smartphone Samsung yang mendukung. Namun jika fitur tersebut belum aktif, Anda dapat mengaktifkannya secara manual dengan mudah, berikut adalah beberapa langkah untuk mengaktifkan Bixby Routines.

Baca juga: Samsung Luncurkan Aplikasi Samsung Wallet

Cara aktifkan fitur Bixby Routines (sumber: samsung.com)

Cara aktifkan fitur Bixby Routines (sumber: samsung.com)

  • Buka pengaturan pada Samsung Galaxy Anda.
  • Gulir ke bawah dan masuk menu Advanced features.
  • Aktifkan tombol di samping menu Bixby Routines.
  • Selanjutnya Anda bisa memilih menu Bixby Routines jika ingin melakukan pengaturan atau membuat setelan rutinitas secara lebih lanjut.

Anda juga dapat menambahkan ikon ke daftar aplikasi supaya dapat lebih mudah untuk diakses.  Berikut adalah beberapa langkahnya.

Cara aktifkan fitur Bixby Routines (sumber: samsung.com)

Cara aktifkan fitur Bixby Routines (sumber: samsung.com)

  • Masuk ke halaman Bixby Routines.
  • Ketuk More options (ikon titik tiga) pada pojok kanan atas.
  • Pilih Settings.
  • Kemudian pilih opsi Show Bixby Routines on the apps screen.

Setelah berhasil ditambahkan, nanti akan muncul ikon Bixby Routines di daftar aplikasi. Sehingga Anda pun tak perlu masuk ke dalam halaman pengaturan ketika perlu menambahkan atau menghapus rutinitas harian. Jika Anda ingin menambahkan rutinitas baru di Bixby Routines dengan mudah, berikut adalah beberapa langkahnya.

  • Buka halaman Bixby Routines.
  • Ketuk opsi Add routine dari baris menu di bagian bawah.
  • Tekan tombol Plus (+).
  • Pilih pemicu rutinitas yang ingin digunakan.
  • Gunakan lebih dari satu pemicu jika diperlukan.
  • Pilih tombol Plus dan cari atau pilih tindakan yang diinginkan.
  • Tambahkan beberapa tindakan jika diinginkan.
  • Kemudian pilih tombol Next.
  • Ubah nama dan ikon untuk rutinitas yang dibuat.
  • Pilih done.

Untuk rutinitas dengan pemicu manual, Anda nantinya akan diminta untuk menambahkan widget ke layar utama. Tekan tombol Add untuk menambahkan widget dan atur letak dan ukuran tombol sesuai dengan keinginan.

Baca juga: Samsung Bespoke AirDresser Hadir Dengan Fitur Baru, Batik Care

Setiap rutinitas yang berhasil dibuat nantinya juga akan dimasukkan ke tab My routines pada Bixby. Jika dirasa perlu melakukan pengaturan ulang, menghapus, atau menonaktifkannya, Anda pun dapat mengaksesnya pada halaman tersebut.

 

Sumber: dari berbagai sumber

Foto: samsung.com

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Belakangan ini banyak pengguna iPhone yang mengeluhkan kemampuan Siri yang dinilai sama. Beberapa orang menganggap Siri tertinggal jauh dari asisten virtual Alexa...

Apple

Unbox.id – Pengguna iPhone harus waspada karena baru-baru ini, peneliti keamanan siber menemukan metode baru spionase siber. Menargetkan pengguna iPhone di Asia Selatan, penjahat...

Tech Industry

Unbox.id – Pemerintah Amerika Serikat (AS) di bawah Joe Biden akan memberikan subsidi hingga $6,4 miliar atau sekitar Rs 103,5 triliun kepada Samsung. Menurut...

Spesifikasi & Harga

Unbox.id – Bocoran iPhone SE 4 masih bermunculan dari waktu ke waktu. Terbaru, iPhone SE 4 disebut-sebut mendapat tambahan kemampuan kamera berbasis kecerdasan buatan...