Connect with us

Hi, what are you looking for?

Artikel

Buat Smartphone Android Terasa Lebih Baru Dengan 4 Tips Ini!

smartphone Android_1sa
Ikuti beberapa tips menarik yang bisa buat smartphone Android jadi kelihatan baru. (Sumber: Smallandroidphone)

Unbox.id – Seperti yang kita semua tahu, smartphone membutuhkan perawatan rutin. Dengan perawatan rutin, Anda dapat memastikan bahwa smartphone Anda akan bekerja dengan baik untuk waktu yang lama. Tidak hanya itu, perawatan rutin juga memungkinkan pengguna untuk mengidentifikasi masalah pada peralatannya, termasuk memperbaiki dan mencegah potensi masalah lainnya. Namun sebelum mengetahui masalah di dalamnya, sebaiknya pengguna membersihkan bagian luar ponsel terlebih dahulu seperti kotoran. Karena laptop yang kotor juga dapat mempengaruhi kebersihan Anda sebagai pengguna. Tidak hanya berdampak buruk bagi kesehatan pengguna, debu yang menumpuk di lubang speaker dan port pengisian daya dapat mengurangi masa pakai ponsel.

Hapus Aplikasi Yang Tidak Dggunakan

Selain file, aplikasi yang tidak terpakai juga sering dilupakan oleh pengguna ponsel. Parahnya lagi, aplikasi tersebut tidak hanya menghabiskan ruang penyimpanan dan memperlambat kinerja ponsel Anda.

Namun, ia juga memiliki kemampuan untuk mengakses informasi pribadi yang dilisensikan pengguna saat pertama kali meluncurkan aplikasi.

Cara menghapusnya dapat bervariasi menurut perangkat, tetapi kebanyakan ponsel memiliki metode yang cukup umum. Setelah menentukan aplikasi mana yang akan dihapus, tekan dan tahan ikon aplikasi dan pilih opsi “uninstall”.

Baca juga: Smartphone Yang Ada Fitur NFC Dengan Harga Murah Di 2023

Bersihkan File Lama Untuk Longgarkan Penyimpanan

smartphone Android_2sas

Membersihkan berbagai file-file lama pada perangkatnya jadi salah satu hal yang bisa buat performa smartphonenya jadi lebih baik. (Sumber: Guilding Tech)

Bagi pengguna ponsel, salah satu hal yang paling sering dilupakan adalah file-file lama, terutama unduhan. Begitu banyak file yang tidak terlalu penting, seperti screenshot acak dan GIF yang dikirimkan oleh teman, bisa memenuhi memori smartphone.

Untuk mulai membersihkan, periksa folder Unduhan Anda. Pengguna dapat menyortir dan menghapus file yang tidak terpakai atau tidak diinginkan.

Jika ragu untuk menghapusnya, memindahkannya ke Google Drive mungkin juga merupakan pilihan yang tepat. Selain itu, pengguna juga harus memeriksa folder media dari beberapa aplikasi, seperti Foto dan Video WhatsApp.

Kedua folder ini kemungkinan besar berisi media yang sudah tidak penting lagi, seperti foto atau video yang sudah terlanjur terkirim. Meskipun tidak disimpan di galeri, file tersebut dipasang di penyimpanan WhatsApp, sehingga memperbesar ukuran aplikasi.

Sesuaikan Pengaturan Home Screen

Salah satu keuntungan bagi pengguna Android adalah kemampuan untuk menyesuaikan seluruh tampilan dan nuansa smartphone, baik dengan mengubah pengaturan maupun menggunakan Launcher.

Meskipun peluncur dapat mempermudah penyesuaian tampilan dan nuansa ponsel Anda, mari mulai menjelajahi pengaturan layar beranda yang tersedia. Itu dapat membuat ponsel Anda seperti perangkat baru.

Pengguna dapat menekan lama area kosong di layar beranda dan mulai mengubah ukuran kisi aplikasi, tata letak, dan widget untuk kenyamanan pengguna. Meskipun terlihat seperti sedikit penyesuaian, perubahan ini membuat pengguna merasa lebih nyaman saat mengakses ponsel.

Baca juga: Smartphone Gaming Terbaik Di 2023 Yang Pas Buat Game Berat

Telusuri Pengaturan Ponsel dan Optimalkan Tampilan

smartphone Android_3sas

Mengetahui secara detail tentang pengatuan smartphonenya jadi salah satu hal agar perangkatnya tetap terjaga dengan baik. (Sumber: Populer Science)

Selain penyesuaian tampilan, penting juga untuk dicatat bahwa pengaturan ponsel Android Anda dapat dioptimalkan untuk mencapai kinerja yang diharapkan. Misalnya, mengaktifkan mode gelap memberikan tampilan aplikasi yang lebih baik dan menghemat masa pakai baterai.

Selanjutnya, pengguna juga dapat menyesuaikan preferensi privasi, terutama untuk fitur yang sedang tidak digunakan. Untuk mengubahnya, buka aplikasi Pengaturan, lalu pilih Privacy & Permissions Manager.

Telusuri setiap kategori untuk melihat aplikasi mana yang saat ini memiliki akses ke data pribadi pengguna. Jika Anda menemukan aplikasi yang dapat mengakses lokasi Anda, sebaiknya matikan saat tidak digunakan.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, pengguna dapat menghemat energi dan merasakan perubahan yang lebih baik pada smartphone mereka.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Salah satu syarat agar sebuah smartphone dapat beroperasi dengan stabil adalah memiliki daya tahan yang cukup untuk menunjang aktivitas sepanjang hari. Namun...

Tech Industry

Last updated on 10 Juni, 2024 Unbox.id – Diprediksi harga HP Android akan semakin mahal, apalagi ponsel andalan yang dimana harga ponsel tersebut sudah...

Artikel

Unbox.id – Kamera smartphone modern saat ini sudah mencapai titik di mana hasil foto yang diambil hampir setara dengan kamera profesional. Salah satu faktor...

Tech Industry

Unbox.id – Google telah menemukan cara baru untuk meningkatkan keamanan perangkat Android. Perusahaan dikatakan telah menerapkan fitur anti maling ini pada perangkat Android melalui...