Connect with us

Hi, what are you looking for?

Artikel

Bocoran Terbaru Tentang iPhone SE 4

iPhone SE 4_1a
iPhone SE 4. (Sumber: The Hans)

Unbox.id – Apple ingin meluncurkan iPhone SE 4, untuk melanjutkan model ponsel kelas menengah. Dari laporan yang diterima sejauh ini, ponsel ini masih mengusung ID perangkat D59, beserta kode layanan Ghost. Baru-baru ini beredar rumor yang menyebutkan bahwa iPhone SE 4 akan berhenti menggunakan model iPhone 8 lama seperti dua generasi sebelumnya. Merujuk Macrumors, iPhone SE 4 akan memiliki tampilan modern dan ukuran layar lebih besar, serta mirip dengan model iPhone 14 standar. IPhone SE 4 terbaru, ponsel Apple ini akan hadir dengan sasis yang sama dengan iPhone 14 yang sudah ada, dan versi datar.

Menyertakan Home Button Touch ID

iPhone SE 4_2b

iPhone SE 4. (Sumber: Dryo Tech)

Laporan lain menunjukkan bahwa perangkat baru tersebut tidak menyertakan tombol beranda Touch ID, melainkan menampilkannya di layar penuh seperti iPhone 14, dan Face ID berfungsi sebagai pengidentifikasi biometrik.

Berdasarkan bocoran Macrumors, smartphone ini diperkirakan lebih ringan sekitar 6 gram dibandingkan iPhone 14 yang berbobot 165 gram. Perubahan bobot ini mungkin disebabkan oleh kamera yang sama yang dirancang untuk ponsel Apple tersebut.

Dilaporkan juga bahwa iPhone SE 4 akan menampilkan kamera belakang tunggal 48MP, diproduksi dengan nama kode Portland, yang memiliki dasar perangkat untuk mengakomodasi perubahan desain. Selain itu, tidak ada faktor penting lain yang mempengaruhi bobot ponsel ini.

Dari segi material, iPhone SE generasi keempat akan menggunakan bahan aluminium 6013 T6 yang sama dengan iPhone 14, dengan cover belakang. Diketahui pula bahwa iPhone SE 4 versi warna hitam mirip dengan iPhone 14 versi warna tengah malam.

iPhone SE 4 Akan Punya Action Button

Meski memiliki sasis yang sama dengan iPhone 14, model ini akan dilengkapi tombol fungsi dan port USB-C. Tombol tindakan adalah tombol yang dapat dikonfigurasi pengguna di atas tombol volume. Fitur ini pertama kali diperkenalkan pada iPhone 15 Pro, menggantikan tombol mute.

Sepertinya Apple ingin menjadikan tombol tersebut sebagai fitur standar di seluruh lini iPhone 16, dan pada akhirnya akan tersedia di iPhone SE 4. Mengutip 9to5mac, beberapa sumber termasuk YouTuber Jon Prosser mengklaim iPhone SE terbaru akan mirip dengan iPhone XR.

Sementara itu, analis Ross Young mengatakan Apple belum memutuskan model dan tampilan ponsel barunya. Analis Ming-Chi Kuo juga mengatakan Apple menunda pengembangan iPhone SE 4. Belum diketahui kapan Apple akan merilis iPhone SE 4.

Beberapa sumber menyebutkan akan dirilis pada tahun 2024, namun MacRumors menyebutkan ponsel ini akan diperkenalkan pada tahun 2025, setelah iPhone 16.

Perlu diketahui bahwa informasi ini masih sebatas rilis atau rumor, sehingga kemungkinan produk final smartphone ini akan berbeda dari yang diberitakan sebelumnya.

Baca juga: Fitur Keamanan Dari IPhone Bisa Lindungi Anak Dari Konten Berbahaya

Bocoran Fitur iPhone SE 4

iPhone SE 4_3c

iPhone SE 4. (Sumber: Good Tech)

Sebelumnya dikabarkan iPhone SE generasi keempat atau iPhone SE 4 akan menghadirkan banyak fitur yang terdapat pada iPhone 15 Pro. Menurut leaker bernama Unknownz21, salah satu fitur iPhone 15 Pro yang diperkenalkan di iPhone SE 4 adalah tombolnya.

Menurut MacRumors, tombol objek bukan satu-satunya fitur iPhone 15 Pro yang akan tersedia di smartphone iPhone terbaru ini. Lebih banyak fitur juga akan hadir dengan iPhone SE generasi keempat. Leaker Unknownz21 menyebut iPhone SE Generasi 4 sebagai penerus efektif iPhone 14. Bahkan, ia senada dengan beberapa laporan sebelumnya dari analis Apple Ming-Chi Kuo.

Dalam cuitannya baru-baru ini di platform Twitter X, Unknownz21 memberikan detail baru mengenai iPhone murah Apple yang akan datang. Salah satunya adalah bagian desain iPhone ini yang berbasis iPhone 14. Selain itu, smartphone ini dikatakan memiliki port Tipe C pada perangkatnya.

Jika benar, ini adalah iPhone SE pertama tanpa port pengisian daya. Selain itu, iPhone SE 4 juga akan memiliki Touch ID. Membantah rumor sebelumnya bahwa Apple mungkin akan mempertahankan desain Touch ID di iPhone SE 4.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Apple

Unbox.id – Para penggemar Apple saat ini sudah tidak sabar menunggu peluncuran iPhone SE 4. Beberapa laporan menyebutkan bahwa Apple sedang mengembangkan model ponsel...

Tech Industry

Unbox.id – Apple baru-baru ini membuat marah banyak orang setelah merilis iklan kontroversial untuk iPad Pro OLED barunya. Iklan tersebut memperlihatkan mesin press hidrolik...

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Unbox.id – Apple diperkirakan akan meluncurkan jam tangan pintar barunya tahun ini. Ada rumor yang menyebutkan jam tangan ini akan diberi nama Apple Watch....

Software

Jakarta, Unbox.id — Apple baru saja merilis pembaruan sistem operasi iOS 17.5 dan iPadOS 17.5 awal pekan ini. Sayangnya, tampak terjadi masalah yang ada...