Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

Bikin Catatan Kuliah Jadi Lebih Menarik Dengan Aplikasi Notes Ini

Aplikasi Notes_1a
Aplikasi Notes. (Sumber: PC World)

Unbox.id – Merekam dokumen menggunakan laptop atau tablet merupakan hal yang wajar di era digital saat ini. Beberapa siswa telah meninggalkan model pencatatan pensil/pena dan kertas dan menggantinya dengan aplikasi yang dapat melakukan hal yang sama. Ada banyak aplikasi yang dapat membantu Anda merekam materi pembicara. Selain itu, aplikasi yang ada saat ini berbasis kecerdasan buatan dan juga terintegrasi dengan sistem digital lainnya. Anda dapat membuat catatan menggunakan berbagai jenis dan warna pena agar catatan Anda tidak membosankan. Karena jika anda cepat bosan membaca akan mempengaruhi semangat anda untuk belajar di perguruan tinggi serta hasil ujian akhir anda. Berikut Unbox.id telah merangkum 5 aplikasi pencatatan dari How to Geek.

OneNote

OneNote App_2b

OneNote App. (Sumber: MSPoweruser)

OneNote adalah aplikasi Microsoft gratis yang kaya dengan fitur canggih yang menyempurnakan catatan Anda. Anda dapat menggunakan dan menyambungkan OneNote di berbagai perangkat, mulai dari web, Windows dan Mac hingga iPhone (iPad) dan Android.

Anda dapat menyediakan halaman, folder arsip, dan tag di catatan Anda. Microsoft memungkinkan Anda membuat catatan dalam berbagai gaya sesuai preferensi Anda. Anda juga dapat menambahkan item ke catatan Anda (seperti kotak teks, tabel, gambar, persamaan, diagram, dll.) Teman berkolaborasi dalam skor Anda.

Di OneNote, Anda bisa merekam dan menggambar sketsa atau catatan tulisan tangan di platform apa pun. Masih ada fitur lain seperti terjemahan, proteksi password, mode gelap dan lain-lain yang dapat meningkatkan produktivitas Anda.

Apple Notes

Seperti OneNote, Apple Notes adalah aplikasi pencatatan yang kaya fitur, mudah digunakan, dan sepenuhnya gratis. Berbeda dengan OneNote, Apple Notes hanya cocok jika Anda rutin menggunakan produk Apple seperti Mac, iPhone, dan iPad.

Anda dapat mengakses Apple Notes melalui web di iCloud.com, namun itu bukan cara terbaik untuk menggunakan aplikasi catatan. Apple Notes menggunakan folder untuk mengatur catatan Anda, dengan kemampuan untuk menempatkan folder di dalam folder untuk membuat struktur organisasi.

Anda juga dapat menggunakan tag untuk mengatur Apple Notes Anda hanya dengan mengetikkan tag ke dalam catatan, seperti #pekerjaan rumah. Apple Notes sedikit kikuk dibandingkan OneNote dalam hal desain catatan, namun masih dapat mengunduh file dalam format populer seperti gambar, PDF, dan lainnya.

Apple Notes juga menyertakan fitur berbagi untuk kolaborasi seperti Google Drive, serta fitur seperti @sebutan dan edit ringkasan. Anda dapat mengunci catatan dengan kata sandi atau menggunakan Face ID dan Touch ID di perangkat yang Anda gunakan dan membuat pintasan untuk membukanya.

Joplin

Joplin App_3c

Joplin App. (Sumber: Linux Uprising)

Aplikasi ini gratis dan dapat menyinkronkan catatan Anda dengan perangkat lain seperti Windows, Mac, Linux, iPhone dan Android menggunakan penyimpanan cloud seperti Dropbox atau OneDrive. Joplin juga menawarkan Joplin Cloud harga berlangganan sebesar 2 USD atau setara dengan sekitar Rp 30.000.

Joplin sangat mirip dengan beberapa aplikasi pencatatan sebelumnya. Aplikasi ini juga menawarkan fitur kolaborasi jika Anda berlangganan Joplin Cloud.

Baca juga: Aplikasi WhatsApp Khusus Mac Diluncurkan

Obsidian

Aplikasi ini gratis secara permanen untuk penggunaan pribadi, tetapi Anda harus membayar $8 per bulan jika ingin membuka kunci sinkronisasi di perangkat Anda yang lain. Aplikasi ini paling cocok untuk penelitian, pendidikan, proses kreatif, dan dengan cepat mengubah catatan Anda menjadi karya terbitan.

Obsidian menggunakan “lemari besi” untuk menyimpan data, dengan folder dan tag untuk mengatur catatan. Kelebihan Obsidian adalah dapat membuat tautan antar catatan, yang kemudian dapat ditampilkan pada grafik yang menunjukkan hubungan berbeda antar catatan Anda.

da banyak cara menggunakan Obsidian sehingga Anda dapat membaca panduan untuk memaksimalkan fungsi aplikasi ini.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga