Benarkah VLC Media Player Memiliki Ancaman Keamanan?

Unbox.id – VLC Media Player merupakan salah satu software populer. Software yang befungsi mengakses file multimedia ini diunduh jutaan orang di dunia.

Namun kabar terbaru menyebut VLC memiliki ancaman keamanan.

VLC disebut memiliki kerentanan yang dikenal sebagai CVE-2019-13615. Kerentanan ini ditemukan oleh Tim Respons Gawat Darurat Komputer asal Jerman, CERT-Bund. Tim ini merupakan bagian dari Kantor Federal Keamanan Informasi.

Kerentanan ini ditemukan pada VLC Media Player versi 3.0.7.1 dan mendapat nilai 9,8 dari 10 atau diklasifikasikan sebagai ancaman serius.

Kerentanan ini berpotensi menyebabkan pihak lain mengeksekusi remote code execution (RCE) untuk meng-install, memodifikasi dan menjalankan software tanpa izin. Artinya, para peretas bisa membajak gadget dan mengakses file Anda.

Celah keamanan ini terdeteksi di Windows, Linux dan versi UNIX dari VLC. Kabarnya, kerentanan ini tidak dialami macOS.

Baca juga: Ingin Mengkonversi File Video ? Ini Rekomendasi Kami !

SOLUSI

Organisasi di balik VLC, VideoLAN kini tengah berupaya mengerjakan patch untuk mengatasi celah keamanan tersebut.

Banyak yang menyarankan untuk melakukan uninstall VLC dan menggunakan media player lain. Sembari menunggu versi perubahan terbaru VLC tersebut selesai.

Dok. How-To Geek

Namun dikutip dari laman How-To Geek, celah keamanan tersebut bisa timbul akibat memutar file MKV yang rusak. Meski kenyataannya, tidak ada laporan yang menyebutkan VLC mengalami masalah keamanan akibat file MKV.

Kendati dianjurkan untuk lebih berhati-hati terhadap file MKV. Upayakan tidak mengunduh dan memutar sembarang file MKV terutama jika Anda suka mengunduh file bajakan.

Baca juga: YouTube Batasi Rekomendasi Video Teori Konspirasi

JAWABAN VLC

Lewat laman Twitter, VideoLAN mengungkapkan celah keamanan yang disebut tersebut berasal dari pihak ketiga bernama Libebml. Masalah tersebut juga sudah tuntas lebih dari 16 bulan yang lalu.


Presiden VideoLAN Jean-Baptiste Kempf mengatakan semua isu kerentanan yang potensial telah dituntaskan lebih dari setahun yang lalu.

Dalam wawancara dengan The Daily Swig, Jean-Baptiste mengonfirmasi bahwa isu keamanan terjadi pada pihak ketiga. Isu tersebut juga sudah diatasi 18 bulan lalu.

Jean-Baptiste menjabarkan VLC 3.0.2 mungkin berpotensi terhadap kerentanan ini. Namun versi ini telah digantikan sejak April 2018.

“Hal itu menjadi isu pada 2 tahun lalu dan tentu saja tidak mungkin mengambil kendali (gadget seseorang sekarang),” ucap Jean-Baptiste.

Baca Juga: Tambahkan Musik Agar Foto Dan Video Di Postingan Instagram Anda Terlihat Lebih Menarik. Berikut Tutorialnya !!!

 

Sumber: berbagai sumber
Foto: berbagai sumber

 

Tinggalkan Balasan