Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Asal Usul Microsoft dan Persaingannya dengan Apple

Microsoft vs apple_1
Ketahui persaingan antara Apple melawan Microsoft yang telah dikenal di seluruh dunia. (Sumber: Liputan6.com)

Last updated on 26 Juni, 2024

Unbox.id – Dalam industri teknologi modern, Microsoft dan Apple adalah dua nama yang sangat dikenal di seluruh dunia. Kedua perusahaan ini memiliki sejarah yang panjang dan saling bersaing untuk mendominasi pasar perangkat lunak dan perangkat keras. Mari kita jelajahi asal usul Microsoft dan persaingannya dengan Apple yang telah membentuk peta industri teknologi saat ini. Microsoft didirikan pada tahun 1975 oleh Bill Gates dan Paul Allen. Awalnya, perusahaan ini berfokus pada pengembangan perangkat lunak untuk komputer pribadi. Pencapaian terbesar Microsoft pada awal sejarahnya adalah pengembangan sistem operasi MS-DOS (Microsoft Disk Operating System) yang menjadi dasar bagi banyak komputer pribadi pada era 1980-an.

baca artikel menarik lainnya tentang : sejarah iphone

Peluncuran Sistem Operasi Revolusioner

Pada tahun 1985, Microsoft meluncurkan sistem operasi revolusioner yang dikenal sebagai Windows. Windows menyediakan antarmuka grafis yang intuitif dan mudah digunakan, mengubah cara orang berinteraksi dengan komputer. Ini menjadi langkah penting dalam popularitas dan pertumbuhan Microsoft, dan Windows terus berkembang menjadi versi yang lebih baik seiring berjalannya waktu.

Sementara itu, Apple juga memiliki sejarah yang menarik. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1976 oleh Steve Jobs, Steve Wozniak, dan Ronald Wayne. Pada awalnya, Apple terkenal karena menciptakan komputer pribadi dengan antarmuka yang mudah digunakan dan desain yang menarik, seperti Apple II.

Namun, persaingan antara Microsoft dan Apple semakin memanas pada tahun 1980-an. Pada tahun 1984, Apple meluncurkan komputer Macintosh dengan antarmuka grafis yang revolusioner yang disebut Macintosh System Software.

Namun, meskipun Macintosh mendapatkan banyak pengakuan dalam hal desain dan pengalaman pengguna, pasar lebih memilih komputer pribadi yang menggunakan sistem operasi Microsoft Windows yang lebih terbuka.

Persaingan Kedua Raksasa Besar

Microsoft vs apple_2

Persaingan kedua raksasa teknologi besar dunia ini memang telah populer di kalangan masyarakat dunia. (Sumber: Reddit)

Perbedaan pendekatan antara Microsoft dan Apple terus memperkuat persaingan mereka. Microsoft fokus pada perangkat lunak dan memberikan lisensi sistem operasinya kepada berbagai produsen komputer, sehingga memungkinkan Windows menjadi sistem operasi yang paling dominan dalam industri komputer pribadi.

Di sisi lain, Apple tetap berpegang pada model bisnis yang terintegrasi vertikal. Mereka mengendalikan baik perangkat keras maupun perangkat lunak mereka sendiri, yang memungkinkan mereka menghadirkan pengalaman yang konsisten dan terpadu.

Meskipun pendekatan ini membatasi pilihan perangkat keras bagi konsumen, Apple berhasil membangun basis penggemar yang kuat yang menghargai ekosistemnya yang terintegrasi.

Persaingan antara Microsoft dan Apple mencapai puncaknya pada akhir tahun 1990-an hingga awal tahun 2000-an. Pada saat itu, Microsoft mendominasi pasar dengan Windows dan perangkat lunak produktivitas seperti Microsoft Office, sementara Apple menghadapi tantangan dan mengalami penurunan penjualan.

Baca juga: Apple Disebut Akan Bawa Layar Lebih Besar Di IPhone 16 Pro

Kebangkitan Apple

Namun, Apple mengalami kebangkitan yang luar biasa pada akhir 1990-an ketika Steve Jobs kembali ke perusahaan sebagai CEO. Jobs memimpin transformasi Apple dengan meluncurkan produk inovatif seperti iMac, iPod, iPhone, dan iPad. Inovasi-inovasi ini membantu Apple untuk memperoleh kembali momentum dan mengubahnya menjadi salah satu perusahaan teknologi terkemuka di dunia.

Persaingan antara Microsoft dan Apple terus berlanjut hingga hari ini. Keduanya bersaing di berbagai bidang, termasuk sistem operasi komputer, perangkat mobile, dan layanan cloud. Microsoft telah mengembangkan produk-produk sukses seperti Windows 10, Microsoft Office 365, dan layanan cloud Azure, sementara Apple terus menghasilkan inovasi dengan produk-produk seperti macOS, iPhone, dan MacBook.

Meskipun keduanya memiliki pendekatan yang berbeda dalam bisnis dan strategi, Microsoft dan Apple sama-sama berperan penting dalam membentuk industri teknologi modern. Persaingan antara keduanya telah mendorong inovasi, memperbaiki pengalaman pengguna, dan menghadirkan berbagai pilihan bagi konsumen di seluruh dunia.

Dalam perjalanan sejarah mereka, baik Microsoft maupun Apple telah menunjukkan ketekunan, inovasi, dan adaptasi yang telah mengantarkan mereka menjadi dua perusahaan teknologi terkemuka di dunia saat ini.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Apple

Unbox.id – Seri iPhone 16 disebut-sebut akan meluncur pada acara peluncuran pada September 2024. Meski masih 2 bulan lagi, bocoran informasi mengenai seri iPhone...

Tech Industry

Last updated on 5 Juli, 2024 Unbox.id – Apple saat ini mengklasifikasikan tiga produknya sebagai produk lama, yakni klasik. Perusahaan telah memperbarui daftar produk...

Tech Industry

Unbox.id – Serangan terhadap Microsoft yang dilakukan hacker asal Rusia ternyata membawa dampak yang jauh lebih besar dibandingkan pemberitaan sebelumnya. Raksasa teknologi itu sekali...

Apple

Last updated on 1 Juli, 2024 Unbox.id – Apple meluncurkan dua produk iPad baru pada Mei 2024, yaitu iPad Pro 2024 dan iPad Air...