Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Arti Nama Samsung Yang Orang Belum Banyak Tahu

Samsung Company_1a
Samsung Company. (Sumber: ZDNET)

Unbox.id – Samsung merupakan perusahaan teknologi dan elektronik raksasa asal Korea. Merek ini terkenal dengan beragam produk elektronik konsumen dan industri, termasuk perangkat multimedia digital, chip memori, dan semikonduktor. Berkat kualitas produknya, Samsung menjadi salah satu merek teknologi terkenal di dunia, menghasilkan 1/5 dari total omzet ekspor Korea. Samsung juga terkenal dengan produk smartphone-nya. Samsung Galaxy telah menjadi lini smartphone terlaris di pasaran. Menurut data pangsa pasar dari IDC yang dikutip Android Authority, Samsung Galaxy telah menjadi salah satu produsen smartphone tersukses, tepat di belakang Apple dengan lini iPhone-nya. Meski Samsung merupakan salah satu perusahaan paling terkenal di dunia, namun masih banyak orang yang belum mengetahui arti nama “Samsung”. Berikut penjelasan dan kiprah Samsung dalam dunia teknologi.

Apa Arti Nama Samsung?

Samsung Company_2b

Samsung Company. (Sumber: CNET)

Samsung merupakan gabungan dari kata “Sam” dan “Sung” yang berarti “Bintang Tiga”. Dikutip di situs resmi Samsung, nama tersebut dipilih oleh pendiri Samsung Lee Byung-chull untuk mencerminkan visinya bagi perusahaan.

Kata “ba” berarti Samsung adalah sebuah kolektif. Grupnya besar, kaya, dan berkuasa, sedangkan Samsung adalah sebuah grup yang besar, kaya, dan berkuasa. “bintang” melambangkan bahwa Samsung telah menjadi perusahaan yang bersinar terang dan bertahan lama.

Faktanya, ketiga bintang tersebut merupakan bagian dari logo Samsung sejak perusahaan ini didirikan pada tahun 1938 hingga tahun 1993, hingga menjelma menjadi logo oval berwarna biru tua yang familiar bagi perusahaan saat ini.

Sepak Terjang Samsung di Bidang Elektronik

Samsung memulai bisnis elektroniknya pada tahun 1969 dengan meluncurkan televisi hitam putih sebagai produk elektronik pertama yang diproduksi. Selama tahun 1970an, Samsung mulai mengekspor barang elektronik konsumen ke luar negeri.

Dari akhir tahun 1970an hingga awal tahun 1980an, Samsung menjadi pemain utama di industri Korea. Selama tahun ini, divisi semikonduktor dan divisi elektronik didirikan, Samsung Data Systems (sekarang Samsung SDS) didirikan pada tahun 1985 untuk memenuhi kebutuhan pengembangan sistem perusahaan yang terus berkembang.

Perkembangan ini memungkinkan Samsung dengan cepat menjadi pemimpin dalam layanan TI. Samsung juga mendirikan dua organisasi penelitian dan pengembangan untuk memperluas perusahaan lini teknologinya di bidang elektronik, semikonduktor, bahan kimia polimer tinggi, alat rekayasa genetika, telekomunikasi, dirgantara, dan nanoteknologi.

Lee Byung-Chull meninggal dunia pada tahun 1987 dan anak-anaknya Putranya Lee Kun-Hey menggantikannya. Selama tahun 1990an, Samsung terus melakukan ekspansi ke pasar elektronik global.

Perusahaan terus melakukan kemajuan teknologi dengan produk-produk berteknologi mutakhir, mulai dari semikonduktor hingga monitor komputer dan panel LCD. Menempatkan Samsung pada posisi lima besar pangsa pasar global.

Baca juga: Masyarakat Lebih Puas Samsung Galaxy S24 Ketimbang IPhone 15

Tiga Bintang yang Bersinar di Galaksi

Galaxy GT-I7500_1a

Galaxy GT-I7500. (Sumber: CNET)

Samsung memperkenalkan brand Galaxy dengan smartphone pertamanya pada tahun 2009. Smartphone pertama yang diluncurkan adalah Galaxy GT-I7500. Meski sepertinya cocok dengan tema “bintang” Samsung, ternyata cerita di balik nama Galaxy tidak sesederhana itu.

Kutipan dari buku berjudul “Samsung Rising” karya penulis palsu Geoffrey Cain, nama Galaxy tidak ada hubungannya dengan itu. lakukan dengan itu. lakukan dengan bintang-bintang. Cain berkata Ed Ho, mantan wakil presiden senior perusahaan, mengatakan “Galaxy” berasal dari botol Terlato Wines dengan nama yang sama dengan wine yang disukai oleh para eksekutif senior Samsung.

Cain melanjutkan dengan mengatakan bahwa Nama Galaxy ada di dalam botol tersebut. anggur dan digunakan sebagai inspirasi karena memiliki “cincin premium”. Saat ini, Samsung lebih dari sekadar merek elektronik, Samsung telah memproduksi segalanya mulai dari ponsel cerdas, tablet, laptop, prosesor, lemari es, oven, dan mesin cuci.

Meskipun divisi elektronik menyumbang 70% pendapatan perusahaan, Samsung juga memproduksinya. bagian dari divisi lain, seperti divisi pembuatan kapal, konstruksi, asuransi, pertahanan, periklanan dan hiburan.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Software

Unbox.id – Belum lama ini, Samsung meluncurkan fitur andalan dari smartphone seri Galaxy S24 terbarunya yakni Galaxy AI ke beberapa smartphone lawas. Seri Galaxy...

Software

Unbox.id – Pernahkah Anda lupa kata sandi ponsel Samsung Anda? Jika ya, Anda tidak sendirian. Mungkin banyak pengguna ponsel Samsung yang juga mengalami masalah...

Spesifikasi & Harga

Unbox.id – Rumor mengenai Samsung Galaxy Z Fold 6 semakin banyak dibicarakan, dengan beberapa bocoran yang membagikan banyak bocoran mengenai ponsel lipat baru tersebut....

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Unbox.id – Samsung dikabarkan akan menambah produk baru di lini FE. Seri FE yang saat ini diproduksi Samsung adalah jam tangan pintar. Mengutip informasi...