Connect with us

Hi, what are you looking for?

Artikel

Apple Ungkap Fitur Aksesibilitas Terbaru Bagi Penyandang Disabilitas

Apple
Fitur Terbaru iPhone dan Mac bagi pengguna berkebutuhan khusus foto : berbagai sumber

Jakarta, Unbox.id – Dalam rangka memperingati Hari Kesadaran Aksesibilitas Global, Apple tengah meninjau beberapa fitur aksesibilitas baru yang datang ke perangkatnya. Seperti iPhone, iPad, Apple Watch, dan Mac yang ada di akhir tahun ini. Perusahaan tersebut mengatakan bahwa fitur-fitur terbaru akan memberi banyak kemudahan bagi penggunanya yang berkebutuhan khusus.

Pendeteksi Pintu Bagi Pengguna Berkebutuhan Khusus

Di antara beberapa fitur tersebut salah satunya adalah ‘deteksi pintu’. Dengan fitur tersebut, pengguna dapat menemukan di mana pintunya saat tiba di tempat tujuan yang belum pernah mereka kunjungi. Pengguna dapat mengetahui letak pintu dan jarak mereka dari pintu tersebut. Mereka juga dapat mengetahui apakah pintu itu terbuka atau tertutup, mengetahui jenis pintu yang ada dan cara membukanya.

Kecanggihan fitur Apple iPhone ini sangat membantu pengguna yang berkebutuhan khusus saat berkunjung ke suatu tempat. Dalam fitur ‘deteksi pintu’ penggunanya akan mengetahui informasi yang ada di sekitar pintu. Seperti nama kamar, nomor kamar, dan catatan/memo yang tertempel di pintu tersebut.

baca juga : Foto iPhone Tidak Sengaja Terhapus? Ini Cara Mengembalikannya

Pencerminan Apple Watch dan Tindakan Cepat

Untuk Apple Watch, perusahaan sendiri telah mengumumkan fitur Watch Mirroring baru. Mereka menggambarkannya sebagai cara untuk membuat perangkat tersebut agar lebih mudah diakses dari sebelumnya. Khususnya bagi orang-orang dengan disabilitas fisik dan motorik.

Perusahaan dengan logo apel tersebut telah menjelaskan bahwa Apple Watch Mirroring memungkinkan pengguna untuk mengontrolnya menggunakan fitur bantu iPhone. Yaitu seperti Kontrol Suara dan Kontrol Pengalihan, serta menggunakan input termasuk perintah suara, tindakan suara, pelacakan kepala. Atau sakelar Made for iPhone eksternal sebagai alternatif untuk mengetuk layar Watch .

Fitur Terbaru iPhone dan Mac bagi pengguna berkebutuhan khusus foto : berbagai sumber

Apple Watch Mirroring menggunakan kombinasi kemampuan perangkat keras dan perangkat lunak, termasuk “kemajuan yang dibangun di atas AirPlay.” Kuncinya di sini adalah bahwa pengguna yang mengandalkan fitur mobilitas ini dapat mengakses hal-hal berbau medis. Contohnya seperti Oksigen Darah, Detak Jantung, Perhatian, dan lainnya dari perangkat jam pintar mereka.

Fitur Apple Lainnya

Dengan Tindakan Cepat baru di Apple Watch, gerakan mencubit dua kali dapat menjawab atau mengakhiri panggilan telepon serta menutup pemberitahuan. Tidak hanya itu, anda juga dapat mengambil foto, memutar media di aplikasi Now Playing, dan melanjutkan aktifitas olahraga.

Perusahaan membangun fitur ini di atas teknologi inovatif yang berjalan dalam AssistiveTouch di Apple Watch. Fitur tersebut memberi kemudahan bagi pengguna yang memiliki keterbatasan. Ia tidak perlu lagi melihat ke arah layar, cukup memberikan isyarat dengan mencubit atau mengepal. 

baca juga : Kelebihan Samsung Galaxy A03, Desain Kamera Mirip iPhone

Teks Secara Langsung

Untuk komunitas tunarungu dan gangguan pendengaran, Apple telah mengumumkan Live Caption untuk iPhone, iPad, dan Mac. Fitur ini bekerja dengan memberi teks pada konten audio secara real-time, termasuk panggilan FaceTime, media sosial atau aplikasi video lainnya. Juga streaming konten media, atau bahkan “bercakap-cakap dengan seseorang di sebelahnya.”

sumber : berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Aplikasi YouTube Music di iOS mengalami masalah saat dibuka. Beberapa pengguna mengeluhkan bug yang menyebabkan aplikasi menampilkan layar hitam, sehingga pengguna tidak...

Software

Unbox.id – Setelah merilis pembaruan iOS 17.5 beta 1 dan 2, kali ini Apple memperkenalkan iOS 17.5 beta 3. Pengguna iPhone yang telah mendaftar...

Apple

Unbox.id – Baik iPad Air maupun iPad Pro akan menghadirkan peningkatan pada spesifikasi hardware dan peningkatan lainnya. Mengutip laporan Gurman via The Verge, selain...

Apple

Unbox.id – Rumor mengenai iPad Air semakin menyebar seiring semakin dekatnya tanggal rilisnya. Baru-baru ini beredar informasi bahwa iPad Air akan berukuran lebih besar...