Connect with us

Hi, what are you looking for?

Artikel

Apple Store Tiongkok Rekomendasikan Kabel USB-C Android Untuk iPhone 15

iPhone 15 USB-C_1a
iPhone 15 USB-C. (Sumber: Pinter Politik)

Unbox.id – Port USB-C, fitur yang sudah lama dikenal pengguna Android, kini menjadi sorotan karena juga digunakan di iPhone 15. Penerapan USB-C di iPhone 15 membawa keuntungan signifikan. Gizchina melaporkan bahwa pengguna Apple sebelumnya membutuhkan kabel terpisah untuk iPhone, iPad, dan MacBook. Namun, dengan port USB-C, satu kabel kini dapat mengisi daya semua perangkat ini. Namun, seperti transisi teknologi besar lainnya, prosesnya menemui beberapa kendala. Laporan terbaru dari Tiongkok, salah satu pasar terbesar Apple, menyoroti kekhawatiran beberapa toko resmi Apple. Toko-toko ini menyarankan pelanggan untuk tidak menggunakan “kabel Android” untuk mengisi daya iPhone 15 dan iPhone 15 Pro baru mereka. Ini karena perangkat mungkin menjadi terlalu panas saat mengisi daya.

Tidak Semua Kabel USB-C Diciptakan Sama

Kabel USB-C_3c

Kabel USB-C. (Sumber: Pinhome)

Terkait usulan tersebut, Apple belum memberikan pernyataan resmi. Namun, salah satu penjelasannya mungkin karena terdapat perbedaan konstruksi kabel antara produsen Android dan Apple.

Tidak semua kabel USB-C diciptakan sama. Selain itu, perubahan susunan pin sambungan serta susunan komponen tertentu dapat memengaruhi jumlah panas yang dihasilkan selama pengisian daya.

Untuk mengurangi potensi masalah panas berlebih, beberapa Apple Store di Tiongkok menyarankan agar pelanggan menggunakan kabel USB-C Apple. Namun harga kabel ini bisa lebih mahal dibandingkan kabel dari pabrikan Android.

Meskipun standar USB-C bertujuan untuk meningkatkan kompatibilitas, penting untuk diingat bahwa tidak semua kabel diproduksi dengan standar kualitas dan keamanan yang sama. Kabel berkualitas buruk atau palsu dapat menimbulkan risiko bagi perangkat dan pengguna, mungkin menyebabkan panas berlebih, masalah kelistrikan, atau kerusakan perangkat.

Tips Pilih Kabel USB-C yang Aman & Cegah iPhone 15 Overheat Saat Charge

iPhone 15 USB-C_2b

iPhone 15 USB-C. (Sumber: CNET)

Berikut beberapa tips memilih kabel USB-C yang aman:

  • Carilah kabel yang disertifikasi oleh USB-IF dan telah melalui pengujian dan memenuhi standar USB-C.
  • Hindari kabel yang terlalu murah, karena kabel berkualitas rendah sering kali tidak memiliki standar yang sama dengan kabel asli.
  • Periksa kabel sebelum menggunakannya, perhatikan tanda-tanda kerusakan, seperti kabel yang terkelupas atau kendor.
  • Berhati-hatilah saat menggunakan kabel USB-C di tempat umum, seperti bandara dan kafe.

Jika Anda khawatir iPhone 15 Anda terlalu panas, Anda juga bisa menggunakan tips berikut:

  • Hindari mengisi daya iPhone di lingkungan yang panas, seperti di bawah sinar matahari langsung atau di dalam mobil yang panas.
  • Gunakan pengisi daya yang lambat. Pengisi daya yang cepat dapat menghasilkan lebih banyak panas, jadi menggunakan pengisi daya yang lebih lambat dapat membantu mengurangi risiko panas berlebih.
  • Jika kamu mengisi daya iPhone dalam jangka waktu lama, istirahatlah agar baterai menjadi dingin.

Baca juga: Apple Rilis Keamanan Darurat Untuk Perlindungan Dari Zero Day

Apple Gunakan USB-C Pada Mac, iPad, iPhone, dan AirPods Pro Gen 2

Apple resmi meluncurkan smartphone barunya, yakni iPhone 15 dan iPhone 15 Plus. Kedua iPhone terbaru ini juga membawa beberapa fitur terbaru yang ditingkatkan dibandingkan generasi sebelumnya.

Salah satu hal yang paling dinanti adalah bagaimana iPhone 15 kini memiliki port USB-C. Apple juga mengonfirmasi penggunaan port standar universal ini, dan juga mengungkap kabel USB-C serupa untuk digunakan di Mac, iPad, iPhone, dan AirPods Pro Gen 2.

Selain itu, Apple juga memperkenalkan kemampuan mengisi daya AirPods atau Apple Watch dari iPhone menggunakan konektor USB-C. Kedua model juga mendukung MagSafe dan pengisi daya Qi2 yang akan datang untuk pengisian daya nirkabel. iPhone 15 dan iPhone 15 Plus juga akan dikirimkan dengan iOS 17.

Bagaimana? Apakah sudah mulai tertarik dengan produk terbaru dari Apple yang satu ini yang ada di pasarannya tersebut?

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Apple

Unbox.id – Bootloop di iPhone merupakan salah satu hal yang paling menyebalkan. Banyak pengguna yang panik saat menghadapi masalah ini. Mengutip GizChina, bootloop merupakan...

Software

Unbox.id – Setelah merilis pembaruan iOS 17.5 beta 1 dan 2, kali ini Apple memperkenalkan iOS 17.5 beta 3. Pengguna iPhone yang telah mendaftar...

Apple

Unbox.id – Baik iPad Air maupun iPad Pro akan menghadirkan peningkatan pada spesifikasi hardware dan peningkatan lainnya. Mengutip laporan Gurman via The Verge, selain...

Apple

Unbox.id – Rumor mengenai iPad Air semakin menyebar seiring semakin dekatnya tanggal rilisnya. Baru-baru ini beredar informasi bahwa iPad Air akan berukuran lebih besar...