Connect with us

Hi, what are you looking for?

Artikel

Apple Hadirkan Chip PC Terbaru M3, M3 Pro, dan M3 Max

Apple
Chip Apple M3 M3 Pro dan M3 Max | Foto: MobiGyaan

Jakarta, Unbox.id – Apple menghadirkan chip baru M3, M3 Pro, dan M3 Max untuk komputer pribadi alias PC (Personal Computer). Mereka akan tersedia di laptop MacBook Pro 14” dan 16” yang baru muncul, dan varian entry-level juga tersedia di iMac 24”.

Ketiga chip terbaru ini hadir dengan peningkatan GPU untuk meningkatkan kinerja aplikasi dan gaming. Terdapat dukungan ray tracing dan mesh shading, serta teknologi chip dengan proses 3 nm, Sebagaimana tertulis dalam laman GSM Arena, Rabu 01 November 2023.

Baca juga: Samsung Galaxy S24 Akan Dilengkapi Fitur Panggilan Darurat Satelit

M3 dasar memiliki CPU 8 inti dengan 1 cluster yang terdiri dari 4 cluster untuk kinerja, serta 4 cluster lainnya untuk efisiensi. GPU memiliki arsitektur 10-core dan menjanjikan 65% lebih cepat daripada M1 ketika berbicara tentang grafis. Ia memiliki penyimpanan terpadu hingga 24 GB.

Keunggulan Chip M3 Series Apple

Chip Apple M3 Pro hadir dengan CPU 12-core (enam untuk performa, enam untuk efisiensi) dan GPU 18-core yang 40% lebih cepat dibandingkan M1 Pro. Ini mendukung penyimpanan terpadu hingga 36 GB.

M3 Max memiliki CPU 16-inti (12 untuk kinerja, 4 untuk efisiensi), GPU 40-inti, dan dukungan penyimpanan terpadu hingga 128 GB. Chip ini 50% lebih cepat ketimbang M1 Max, sementara kinerja grafisnya sendiri 80% lebih baik.

Baca juga: Apa Saja Deretan Fitur Redmi Note 12 Series?

Dukungan ray-tracing berarti chip M3 akhirnya berhasil menyamai GPU Nvidia, AMD, dan Arm, yang terlihat di konsol, stasiun game PC, dan laptop Windows. Bayangan mesh lebih cepat dengan dukungan perangkat keras, memungkinkan pengembang meningkatkan pemandangan kompleks dalam game dan aplikasi intensif GPU.

Fitur dan Informasi Lainnya

Ada juga Dynamic Caching pada silikon M3, yang mengalokasikan persis memori yang dibutuhkan oleh GPU. Apple mengatakan ini adalah yang pertama dalam industri ini, dan para pengembang akan menyukainya, karena mereka tidak perlu mengembangkannya.

Perusahaan asal Amerika Serikat tersebut juga mengatakan M3, M3 Pro, dan M3 Max memiliki Neural Engine yang mendapatkan peningkatan. Yakni untuk mempercepat model pembelajaran mesin, namun tidak memberikan angka peningkatannya.

Efisiensi daya sangat besar dengan chip M3, berkat proses 3 nm yang canggih, cocok dengan platform A17 Pro di iPhone 15 Pro dan 15 Pro Max. Dalam acara tersebut, Apple membandingkan kinerja CPU dan GPU M3 dengan laptop dengan prosesor Intel Core i7 1360P.

Pengujian tersebut mengungkap bahwa kinerja tersebut memberikan kinerja yang sama dengan konsumsi daya 25%. Chip M3 akan tersedia di iMac. Selain M3 Pro, chip ini juga dapat ditemukan di MacBook Pro 14”.

Sumber: GSM Arena

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Apple

Unbox.id – Seri iPhone 16 disebut-sebut akan meluncur pada acara peluncuran pada September 2024. Meski masih 2 bulan lagi, bocoran informasi mengenai seri iPhone...

Tech Industry

Last updated on 5 Juli, 2024 Unbox.id – Apple saat ini mengklasifikasikan tiga produknya sebagai produk lama, yakni klasik. Perusahaan telah memperbarui daftar produk...

Apple

Last updated on 1 Juli, 2024 Unbox.id – Apple meluncurkan dua produk iPad baru pada Mei 2024, yaitu iPad Pro 2024 dan iPad Air...

Tech Industry

Unbox.id – Apple dikabarkan akan mengganti 50% pekerja perakitan iPhone dengan sistem otomasi atau dikenal dengan tenaga robot. Informasi ini berdasarkan laporan dari The...