Connect with us

Hi, what are you looking for?

Merk

Apple Berencana Gunakan Port USB-C Pada iPhone Terbaru

Apple Berencana Gunakan Port USB-C Pada iPhone Terbaru (sumber: macrumors.com)
Apple Berencana Gunakan Port USB-C Pada iPhone Terbaru (sumber: macrumors.com)

Jakarta, Unbox.id – Baru-baru ini, rumor Apple tentang iPhone terbarunya mulai terkuak, salah satunya yakni rencana Apple yang akan mengganti port Lightning iPhone dengan USB tipe C.

Apple dikabarkan berencana meninggalkan porta Lightning yang selama ini menjadi ciri khas perangkat elektronik buatan mereka. Sebagai gantinya, pihak Apple akan menggunakan kabel port USB-C.

Analisis Apple yakni Ming-Chi Kuo mengungkapkan bahwa Apple sedang mulai menguji iPhone dengan port USB-C. Selain itu, pihak Apple juga sedang mengerjakan adaptor yang nantinya akan memungkinkan iPhone generasi terbaru untuk menggunakan USB-C, namun bekerja dengan aksesori yang dirancang untuk konektor Lightning saat ini.

Informasi tersebut masih belum jelas apakah nantinya Apple akan menyertakannya pada box atau menjualnya secara terpisah, mengingat saat ini mereka mulai menjual adaptor dan kabel secara terpisah Apple sendiri pertama kali menggunakan port Lightning mulai dari kehadiran iPhone 5 yang akhirnya berlanjut hingga iPhone 13 series saat ini.

Baca juga: Apple Akan Luncurkan Layanan Sewa iPhone di Amerika, Ini Tarifnya

Port iPhone (sumber: 9to5mac.com)

Port iPhone (sumber: 9to5mac.com)

Awalnya Apple enggan untuk membuang port Lightning dan menggantinya ke USB-C karena terlalu ambisius. Mereka juga sebelumnya dilaporkan tak ingin menggunakan port USB Type-C karena mereka akan beralih ke sistem pengisian daya nirkabel dengan teknologi wireless.

Kendati demikian, Uni Eropa kini tengah menyiapkan undang-undang baru yang memaksa Apple untuk mengadopsi USB-C untuk semua lini iPhone dan iPad, yang dijual di Eropa. Saat ini beberapa produsen smartphone pun mulai menerapkan port USB-C pada lini smartphone mereka.

Jika undang-undang baru tersebut disahkan, maka Apple mau tak mau harus mengirim produknya ke Eropa dengan sudah memiliki port USB-C. Informasi sebelumnya menyebutkan bahwa Apple masih mempertahankan port Lightning sembari menyiapkan iPhone tanpa port.

Ming-Chi Kuo menjelaskan bahwa transisi ke USB Type-C dilakukan untuk kemampuan pengisian daya dan transfer data yang lebih cepat. Selain itu, ia juga menjelaskan bahwa iPhone tanpa port akan menyebabkan lebih banyak masalah. Pasalnya, teknologi Wireless Charging saat ini masih terlalu berbahaya untuk digunakan oleh masyarakat umum dan pengguna awam.

Baca juga: Spesifikasi iPhone 14 Max Bocor

Selain itu, ekosistem MagSafe juga dinilai masih belum matang untuk mendukung True Wireless Charging pada perangkat iPhone, AirPods, dan sebagainya.

Sebelumnya, pihak Apple telah membawa port USB-C ke lini MacBook mereka. Transisi dari port Lightning ke USB Type-C ini diprediksi akan terjadi pada tahun 2023 mendatang. Hal ini berarti bahwa seluruh iPhone, AirPods, dan produk aksesoris seperti Magic Keyboard, TrackPad, MagSafe Battery, dan sebagainya akan didukung oleh port USB Type-C.

 

Sumber: dari berbagai sumber

Foto: macrumors.com, 9to5mac

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Instagram dikabarkan sedang menguji tampilan baru dimana rencananya akan memindahkan seluruh unggahan video pengguna ke platform Reels. Pihaknya mengungkapkan bahwa perubahan...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Twitter Circle adalah merupakan fitur baru Twitter yang memungkinkan pengguna untuk membagikan Tweet kepada orang-orang tertentu. Anda dapat memilih siapa saja...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Menjelang hari raya Idul Adha bagi umat muslim, Shopee hadirkan layanan berkurban secara online melalui aplikasi. Layanan Shopee Berkurban ini memungkinkan...

Social Media

Jakarta, Unbox.id – Baru-baru ini aplikasi pembuat konten ‘Tiktok’ mendapatkan sorotan tajam dari pihak regulator Amerika Serikat. Setelah sempat mengalami masalah beberapa waktu lalu,...