Connect with us

Hi, what are you looking for?

Merk

Fitur RAM Virtual Akan Hadir Pada iPadOS 16

Fitur RAM Virtual Akan Hadir Pada iPadOS 1(sumber: appleinsider.com)
Fitur RAM Virtual Akan Hadir Pada iPadOS 1(sumber: appleinsider.com)

Jakarta, Unbox.id – Baru-baru ini, Apple telah mengenalkan beberapa fitur baru di iPadOS 16 pada acara WWDC 2022 lalu.

Beberapa fitur yang akan hadir pada iPadOS 16 ini memang didesain untuk mempercepat dan mempermudah pekerjaaan para pengguna. iPadOS 16 berfokus menghadirkan fitur yang mampu meningkatkan produktivitas pengguna.

Salah satu fitur iPadOS 16 yang menjadi sorotan pengguna yakni adalah dukungan RAM virtual yang diklaim akan berpengaruh besar terhadap performa perangkat iPad besutan Apple ini.

RAM virtual tersebut memungkinkan aplikasi di iPad Pro dan iPad Air yang berbasis chipset M1 untuk menggunakan memori internal sebagai RAM. Sebenarnya fitur ini merupakan pembaruan dari fitur optimalisasi RAM di versi sebelumnya yakni iPadOS 15.

Pada iPadOS 15, aplikasi tertentu dapat menggunakan RAM hingga 12GB di iPad Pro M1 yang memiliki total RAM 16GB. Dengan iPadOS 16 dan pertukaran memori virtual, Apple secara signifikan meningkatkan jumlah memori yang dapat digunakan oleh aplikasi yakni dengan memanfaatkan penyimpanan internal iPad.

Baca juga: Apple Luncurkan OS terbaru iPadOS 16, Cek Perangkat Tablet Anda

iPadOS 16 (sumber: apple.com)

iPadOS 16 (sumber: apple.com)

Untuk model iPad Pro M1, aplikasi dapat menggunakan RAM hingga 16GB guna menangani beban kerja yang berat seperti multitasking dan sebagainya. Selain itu, fitur RAM Virtual ini juga tersedia untuk iPad Air 5 yang juga sudah ditenagai dengan chipset M1.

RAM Virtual ini nantinya juga mendukung kehadiran fitur unggulan Apple di iPadOS 16 yakni Stage Manager. Mereka mengatakan bahwa Stage Manager nantinya mengandalkan fitur RAM Virtual dan hanya dapat digunakan pada iPad berbasis chip M1.

Menurut wakil presiden senior software engineering Apple yakni Craig Federighi, iPad adalah perangkat mereka yang paling serbaguna, dan mereka bersemangat untuk melakukan apa yang dapat dilakukan lebih jauh dengan iPadOS 16.

Ia juga menambahkan bahwa dengan Stage Manager, memungkinkan pengguna untuk multitasking di iPad ke tingkat yang lebih baru, ditambah dengan cara baru untuk berbagi dan berkolaborasi melalui Pesan, Safari, dan aplikasi Freeform baru, serta fitur pro baru seperti Mode Referensi dan Zoom Tampilan. Dengan begitu, pengguna dapat melakukan lebih banyak hal di iPad.

Untuk saat ini, iPadOS 16 versi beta telah tersedia untuk para developer. Pihak Apple berencana akan meluncurkan iPadOS 16 versi public beta pada bulan Juli dan iPadOS16 untuk pengguna umum pada akhir tahun ini.

Berikut ini adalah daftar model tablet besutan Apple yang kompatibel dengan iPadOS 16:

  • iPad Pro (Semua model)
  • iPad Air (generasi ke-3 dan lebih baru)
  • iPad (generasi ke-5 dan lebih baru)
  • iPad mini (generasi ke-5 dan lebih baru)

Cara mengetahui model iPad dan versi iPadOS Anda.

Untuk mengetahui model iPad Anda, buka Pengaturan, Umum, Tentang, dan Anda akan melihat “Nama Model” iPad Anda. Kemudian generasi dari perangkat Anda terdapat persis pada sebelah Nama Model. Misalnya, “iPad (generasi ke-9)”.

Baca juga: Inilah Perjalanan Apple Produksi iPod Dari Tahun ke Tahun

Juga, untuk memeriksa versi iPadOS yang digunakan pada iPad Anda, buka Pengaturan, Pembaruan Perangkat Lunak, dan iPad Anda akan menampilkan versi yang sedang Anda gunakan. Misalnya, “iPadOS 15.5” atau “iPadOS sudah diperbarui.”

Jika pembaruan telah tersedia, iPad Anda akan memberikan notifikasi bahwa pembaruan iPadOS 16 tersedia untuk perangkat Anda.

 

Sumber: 9to5mac.com

Foto: apple.com, appleinsider.com

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Sejak YouTube Shorts diperkenalkan, fitur tersebut menjadi populer dalam waktu yang singkat dan banyak digunakan oleh para pengguna dan konten kreator....

Apple

Jakarta, Unbox.id – Mulai iPhone 12 dan seterusnya, para pengguna mendapatkan fitur video baru yang disebut Auto FPS. Fitur tersebut secara otomatis dapat menyesuaikan...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – WhatsApp kini masih terus menjadi salah satu aplikasi perpesanan yang sangat populer dan telah digunakan oleh jutaan orang di dunia. Sebagai...

Apps & Games

Last updated on 12 Agustus, 2022 Jakarta, Unbox.id – Pinterest mungkin dikenal sebagai aplikasi untuk mencari inspirasi dan ide desain, namun baru-baru ini, perusahaan...