Connect with us

Hi, what are you looking for?

Software

Aplikasi Google Gemini Perluas Cakupan, Jangkau Lebih Banyak Negara

Google Gemini_1a
Google Gemini. (Sumber: ZDNet)

Unbox.id – Google telah mengumumkan perubahan nama untuk Google Bard-nya. Kini, layanan kecerdasan buatan Google Bard secara resmi diberi nama Gemini. Informasi pergantian nama ini diungkap pengembang Google Gemini sepekan lalu melalui akun X. Terbaru, pasca pergantian nama, Google melakukan sejumlah pembaruan. Salah satunya yang dikutip GSM Arena adalah kehadiran aplikasi tersebut kini telah meluas ke lebih banyak wilayah, termasuk Amerika Latin, Afrika, Asia-Pasifik, dan Kanada. Informasi tersebut diungkapkan langsung oleh Jack Krawczyk, manajer produk Gemini, melalui akun X. Ia juga mengatakan Google sedang berupaya memperkenalkan layanan ini ke Eropa dalam waktu dekat. Meski kehadirannya masih diluncurkan secara bertahap, pengguna perangkat Android sebenarnya sudah bisa mengunduh aplikasi Gemini. Menurut beberapa laporan, aplikasi tersebut juga berfungsi seperti biasa, meskipun diunduh secara mandiri.

Aplikasi Gemini Akan Gantikan Google

Chatbot AI Gemini_2b

Chatbot AI Gemini. (Sumber: Tech Network)

Perlu diketahui bahwa aplikasi Gemini menggantikan Google Assistant saat diinstal pada perangkat Android. Namun, layanan tersebut tidak akan dapat melakukan beberapa tugas dasar yang sebenarnya dapat dilakukan oleh Asisten Google.

Misalnya, Gemini tidak bisa diminta melakukan banyak hal seperti menyetel alarm dan pengingat, meluncurkan aplikasi, termasuk mengakses kontrol rumah pintar. Sekadar informasi, Google resmi mengganti nama chatbot Bard menjadi Gemini pada Kamis, 8 Februari 2024 waktu setempat.

Selain itu, perusahaan juga merilis aplikasi khusus Google Gemini untuk perangkat Android dan menyatukan semua fiturnya. dari Duet AI. di Google Workspace untuk Gemini.

Google Ganti Nama Chatbot AI Bard Jadi Gemini

Sekadar informasi, Google Gemini sendiri ditenagai model Gemini Pro 1.0, hadir di lebih dari 230 negara dan menguasai lebih dari 40 bahasa. Seperti chatbot Microsoft, pengguna dapat mengobrol dengan Gemini AI melalui teks, suara, dan memberikan foto sebagai referensi atau meminta pembuatan gambar berbasis AI.

Mengutip The Verge, Google juga mengumumkan model AI terkuat milik perusahaan, Gemini. Ultra 1.0 dirilis ke publik. Saat ini, semua pengguna dapat menggunakan Gemini secara gratis. Namun, perusahaan menawarkan solusi Level 2 yang disebut Gemini Advanced.

Google menjelaskan bahwa Gemini Advanced akan didukung oleh model Gemini Ultra 1.0, yang tersedia di lebih dari 150 negara dan dapat digunakan secara gratis dalam 2 bulan. Setelah masa gratis, pengguna harus membayar sebesar 20 USD atau setara dengan sekitar Rp 313.000. untuk paket premium Google One AI.

Baca juga: Chatbot AI Google Yang Dulu Bernama Bard, Sekarang Gemini

Chatbot Gemini Tersedia di Web dan Aplikasi

Google Bard Gemini_1a

Google Bard Gemini. (Sumber: Techno Solutions)

Dijelaskan bahwa paket ini akan mencakup penyimpanan 2TB dan Anda akan dapat memanfaatkan banyak fitur Google One Premium lainnya. Perusahaan mengumumkan akan segera mengaktifkan Gemini di Gmail, Google Docs, dan layanan lainnya.

Sedangkan untuk aplikasi Gemini, pengguna seluler dapat mengunduhnya dari Google Play Store atau App Store dari Apple. Di Android, Gemini menggantikan Asisten Google. Aktifkan saja dengan cara yang sama, dengan mengucapkan “Hai Google” atau menekan tombol daya.

Gemini dapat digunakan untuk meringkas artikel yang sedang Anda baca atau membuat keterangan untuk foto. Google adalah perusahaan teknologi terkemuka yang didirikan pada tahun 1998 oleh Larry Page dan Sergey Brin. Perusahaan ini terkenal dengan mesin pencarinya yang luar biasa, yang memungkinkan pengguna menemukan informasi di web dengan cepat dan mudah.

Selain mesin pencarinya, Google juga menyediakan banyak layanan dan berbagai produk seperti Gmail (layanan perpesanan), Google Maps (aplikasi pemetaan dan navigasi), YouTube (platform berbagi video), Google Drive (layanan penyimpanan cloud), Google Chrome (browser web) dan masih banyak lagi aplikasi lainnya.

Google terus berinovasi di berbagai bidang teknologi dan telah menjadi salah satu perusahaan terbesar dan paling berpengaruh di dunia.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Google dilaporkan mulai meluncurkan akses Gemini langsung di Google Chrome. Dengan akses tersebut, pengguna Chrome dapat mengakses Gemini langsung melalui bilah alamat....

Software

Jakarta, Unbox.id — Hingga saat ini., OpenAI terus memberikan pengguna lebih banyak bantuan dan layanan dari ChatGPT untuk berbagai kebutuhan. Pengguna dapat merasakan pengalaman...

Tech Industry

Unbox.id – Samsung mengadakan program bernama Samsung Solve for Tomorrow 2024. Melalui program ini, Samsung memperkenalkan kompetisi dan pembelajaran sains, teknologi, teknik dan matematika...

Tech Industry

Unbox.id – Meningkatnya penipuan menggunakan teknologi deepfake mengkhawatirkan sektor bisnis di Indonesia. Kementerian Informasi dan Komunikasi (Kominfo) mengingatkan masyarakat akan pentingnya edukasi mengenai teknologi...