Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Apa Itu Mode Sleep, Hibernate, dan Shutdown Pada Laptop Dan PC

Sleep, Hibernate, and Shutdown Mode (sumber: drivereasy.com)
Sleep, Hibernate, and Shutdown Mode (sumber: drivereasy.com)

Jakarta, Unbox.id – Pernahkah Anda membiarkan laptop atau PC dalam keadaan menyala terus-menerus tanpa dimatikan? Jika pernah, maka Anda harus segera menghentikan kebiasaan tersebut sebelum berakibat buruk pada laptop maupun PC Anda. Memang, dalam beberapa kasus, kita terpaksa harus tetap menyalakan untuk melakukan pekerjaan, atau yang lainnya. Namun hal tersebut ternyata dapat menyebabkan dampak buruk terlebih untuk jangka waktu yang panjang.

Pada laptop atau PC umumnya terdapat 3 mode yakni Mode Sleep, Hibernate, dan Shutdown. Apabila Anda sedang tidak menggunakan laptop atau PC, sebenarnya ada 3 mode yang dapat Anda gunakan.

Baca juga: 6 Aksesoris Laptop yang Wajib Anda Miliki

Ketiga mode tersebut memiliki fungsi yang terlihat hampir sama yakni untuk mematikan laptop. Sleep dan Hibernate cukup mirip, meskipun keduanya berbeda. Sementara itu, Shutdown benar-benar mematikan komputer.

Lalu apa perbedaan pada ketiga mode tersebut? Berikut adalah penjelasan mengenai ketiga mode yang ada pada laptop maupun PC.

Mode Sleep

Mode Sleep (sumber: maketeccheasier.com)

Mode Sleep (sumber: maketeccheasier.com)

Mode yang satu ini pasti dapat Anda temukan di setiap PC maupun laptop. Mode Sleep merupakan sebuah mode yang menyimpan semua file, software, dan data di RAM.

Ketika Anda menjalankan Mode Sleep, semua komponen laptop atau PC akan dimatikan kecuali RAM. RAM tersebut tetap berjalan untuk menyimpan kondisi terakhir sebelum laptop atau PC masuk ke Mode Sleep.

Lalu saat Anda menyalakan kembali, semua file dan software yang tersimpan di RAM tadi akan langsung tersedia kembali tanpa Anda harus menunggu lama dan memulai semuanya dari awal. Mode ini sangat cocok bagi Anda yang ingin langsung kembali melanjutkan pekerjaan tanpa harus lama menunggu waktu boot-up.

Namun karena Mode Sleep mengizinkan RAM untuk terus bekerja. Oleh karena itu, laptop atau PC akan terus mengonsumsi listrik. Anda dapat menggunakan Mode ini jika Anda hanya akan meninggalkan laptop atau PC dalam durasi yang sebentar. Misalnya, saat makan siang atau istirahat.

Mode Hibernate

Mode Hibernate (sumber: pelajaran.co.id)

Mode Hibernate (sumber: pelajaran.co.id)

Mirip seperti Mode Sleep, Mode Hibernate juga dapat langsung menyediakan semua file dan aktivitas terakhir Anda buka. Bedanya, data terakhir ini tidak disimpan di RAM, melainkan di penyimpanan internal, baik itu hard disk atau SSD.

Selain itu, Mode Hibernate juga akan mematikan semua komponen listrik. Bebeda dengan Mode Sleep yang tetap menyalakan RAM. Dengan begitu, Mode Hibernate lebih hemat daya. Hanya saja, jika Anda menggunakan Mode Hibernate, Anda harus menunggu waktu lebih lama untuk boot-up jika dibanding dengan Mode Sleep.

Baca juga: 5 Software Laptop Terbaik Untuk Editing Foto

Anda dapat menggunakan Mode Hibernate ini apabila sedang dalam perjalanan jauh, jadi laptop tetap menyimpan file terakhir yang Anda buka dengan lebih cepat lebih cepat namun tidak memakan daya listrik.

Mode Shutdown

Mode Shutdown (rd.com)

Mode Shutdown (rd.com)

Dengan Mode Shutdown ini, semua sistem laptop atau PC akan dimatikan. Artinya, mode ini juga akan mematikan semua software dan file terakhir yang Anda buka.

Jadi, Mode Shutdown juga akan menghapus atau membersihkan semua memori yang tersimpan di RAM. Dengan bagitu, ketika Anda menyalakan laptop maupun PC kembali, Anda harus memulai semua dari awal seperti membuka software atau file yang terakhir Anda buka.

Itulah ketiga mode yang ada di laptop maupun PC yang dapat anda manfaatkan dengan menyesuaikan kondisi Anda. Hindari untuk membiarkan laptop menyala namun tidak digunakan supaya laptop maupun PC Anda menjadi lebih awet.

 

Sumber: dari berbagai sumber

Foto: drivereasy.com, rd.com, pelajaran.co.id, maketeccheasier.com

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Software

Jakarta, Unbox.id – Windows 11 telah mendapatkan update besar-besaran dari Microsoft. Pembaruan perangkat lunak komputer ini merupakan pembaruan perdana sejak sistem operasi tersebut rilis...

How To

Jakarta, Unbox.id – Salah satu harware yang sering dibawa-bawa ke mana pun adalah Flashdisk. Dengan bentuknya yang semakin sederhana dan semakin multifungsi, perangkat keras...

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Jakarta, Unbox.id – Secara resmi, Nvidia telah memperkenalkan GPU alias kartu grafis terbaru mereka, yakni RTX 40 series. GPU buatan Nvidia tersebut tersedia dalam...

Spesifikasi & Harga

Unbox.id – Sebuah perangkat laptop merupakan salah satu produk teknologi yang sangat dibutuhkan oleh para penggunanya pada saat ini. Beragam hal dan juga aktivitas...