Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Apa Itu Incognito Mode Pada Browser dan Manfaatnya

Browser on Incognito Mode (sumber: popsci.com)
Browser on Incognito Mode (sumber: popsci.com)

Jakarta, Unbox.id – Incognito mode adalah merupakan salah satu fitur yang terdapat pada browser yang memungkinkan Anda untuk berselancar di internet sebagai anonim, atau kata lain mode penyamaran.

Dengan menggunakan mode incognito, Anda dapat berselancar di internet tanpa menyimpan riwayat penelusuran, cookies, data situs, dan informasi yang tersimpan dalam form.

Incognito Mode (sumber: techwireasia.com)

Incognito Mode (sumber: techwireasia.com)

Saat ini hampir semua browser memiliki incognito mode. Dengan menggunakan fitur ini, riwayat penelusuran Anda tidak akan tersimpan, sehingga Anda akan mendapatkan privasi dan keamanan yang lebih baik ketika berselancar di internet.

Berikut adalah beberapa manfaat jika Anda menggunakan fitur mode incognito.

Menjaga keamanan data  

Ketika Anda melakukan login dan memasukkan username, e-mail beserta password, browser tentu akan menyimpan informasi tersebut untuk mempermudah proses login kembali.

Meskipun hal tersebut akan mempermudah pengguna, fitur login otomatis ini justru cukup berbahaya bagi keamanan akun Anda.

Bca juga: Cara Test Kecepatan Internet di HP dan PC

Namun dengan Incognito Mode, browser tak akan menyimpan data ketika Anda login ke situs tertentu. Dengan begitu, fitur ini tentu dapat menjaga keamanan pengguna ketika mengakses internet atau melakukan login ke akun media sosial dan yang lainnya.

Terbebas dari iklan yang mengganggu

Ketika sedang berselancar di internet, Anda tentu pernah melihat iklan yang mengganggu. Dengan menggunakan Incognito Mode maka data dan kebiasaan Anda saat berselancar di internet tidak terekam, sehingga hal tersebut dapat mengurangi iklan yang akan muncul. Setidaknya Google tidak akan merekam jejak data dan situs yang biasa Anda kunjungi, sehingga tidak akan mengganggu aktivitas browsing Anda.

Bebas browsing apa saja

Dengan menggunakan mode ini, Anda akan mendapatkan privasi, dan keamanan yang lebih baik saat berselancar di internet, sebab dengan fitur Incognito Mode, riwayat penelusuran Anda tidak akan tersimpan.

Dengan begitu, Anda pun akan bisa merasakan kebebasan dan kenyamanan ketika mencari atau browsing sesuatu yang bersifat pribadi.

Dapat membuka beberapa akun sekaligus

Biasanya ketika menggunakan browser, Anda hanya bisa membuka satu akun media sosial saja dan harus log out jika ingin menggunakan akun yang lain. Namun dengan memanfaatkan fitur Incognito Mode, Anda dapat membuka akun lain tanpa harus melakukan log out terlebih dahulu di fitur Normal Mode.

Tak perlu repot hapus history saat pinjam perangkat lain

Hal ini mungkin jarang dilakukan, namun jika Anda diharuskan untuk browsing menggunakan perangkat lain seperti misalnya hp atau laptop kerabat, tentunya akan ada riwayat dari browsing Anda.

Baca juga: Nikmati Internet Jaringan LTE Dimana Saja Dengan Samsung Chromebook Plus V2

Oleh karena itu, daripada Anda repot untuk menghapus hasil riwayat browsing Anda, Anda dapat memanfaatkan fitur incognito mode ketika browsing menggunakan perangkat lain yang bukan milik Anda. Dengan menggunakan mode ini, informasi, sosial media atau situs penting yang telah Anda buka tidak akan tersimpan di perangkat tersebut.

 

Sumber: dari berbagai sumber

Foto: techwireasia.com, popsci.com

 

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Pasar smartphone Android belakangan ini mengalami lonjakan setelah sempat mengalami penurunan penjualan sebelumnya. Peningkatan ini bahkan bisa melebihi penjualan iPhone. Menurut studi...

Apps & Games

Unbox.id – Trafik internet di jaringan XL Axiata meningkat 16% selama Ramadhan dan Idul Fitri 1445 H dibandingkan hari biasa sebelum Ramadhan. Mengutip informasi...

Tech Industry

Unbox.id – Google Pixel Fold memang tidak sepopuler merek ponsel layar lipat lainnya seperti Samsung, Oppo, atau Huawei. Meski begitu, Google Pixel Fold tetap...

Tech Industry

Unbox.id – Penjualan iPhone akan turun sekitar 10% pada kuartal pertama tahun 2024 karena meningkatnya persaingan dari pembuat ponsel pintar Android untuk mendapatkan posisi...