Connect with us

Hi, what are you looking for?

Software

Android Mendadak Tidak Bisa Dicharge? Ini Cara Mengatasinya!

Android smartphone_11as
Apabila perangkat smartphone Android tidak dapat di charge, ada cara yang bisa dilakukan buat mengatasinya. (Sumber: Smallandroidphone.com)

Unbox.id – Apakah pengguna ponsel Android menghadapi masalah saat mengisi daya perangkat mereka? Jika demikian, pengguna tidak perlu buru-buru ke service center atau repair center HP. Alasannya adalah meskipun masalah pengisian daya baterai HP dapat dipengaruhi oleh banyak faktor, namun seringkali disebabkan oleh penyebab sederhana. Alhasil, beberapa masalah pengisian daya masih bisa diselesaikan di rumah. Jadi, jika Anda adalah salah satu pengguna yang mengalami masalah saat mengisi daya ponsel Android mereka, ada beberapa cara untuk menemukan penyebabnya dan membuatnya berfungsi kembali.

Nyalakan Ulang Ponsel

Biasanya, alasan mengapa baterai ponsel tidak terisi saat dicolokkan adalah koneksi yang sederhana. Oleh karena itu, restart ponsel harus selalu menjadi langkah pertama.

Dengan cara ini, semua layanan latar belakang pada ponsel akan dinonaktifkan serta menyegarkan komponen inti perangkat jika perangkat mengalami masalah dalam menjalankan fungsinya.

Anda dapat coba cara pertama ini terlebih dahulu, cara ini juga dapat memastikan bahwa kemungkinan hanya ada malfungsi perangkat saja.

Ganti Stop Atau Kabel dan Adaptor Charger

Kabel charger yang kendor atau rusak bisa menjadi salah satu penyebab utama HP tidak menerima aliran listrik. Kemudian coba beralih ke kabel atau adaptor lain. Tidak hanya itu, colokan listrik yang tidak bisa mengalirkan listrik juga bisa menjadi penyebab HP tidak menerima aliran listrik.

Untuk mengecek apakah kabel rusak, pengguna bisa mengisi daya baterai melalui PC. Jika ponsel terhubung dengan benar ke PC, dapat dipastikan bahwa kabel bukanlah penyebab masalahnya.

Baca juga: Daftar Smartphone Android Dengan Performa Cepat Dari AnTuTu

Aktifkan Safe Mode

Smartphone Android_2sa

Pilih Safe Mode bisa jadi salah satu cara untuk mensiasati agar produk smartphone Android bisa di charge kembali. (Sumber: Techno.id)

Jika ponsel masih tidak mengisi daya setelah reboot maka pengguna harus mencoba mengaktifkan mode aman. Mode ini akan mencegah smartphone menjalankan aplikasi pihak ketiga.

Setelah pengguna dapat mengisi daya ponsel mereka dalam mode aman, pertimbangkan untuk menghapus beberapa aplikasi yang sudah lama tidak Anda gunakan atau aplikasi yang tampak mencurigakan.

Bersihkan Port Pengisian Daya

Partikel debu yang menumpuk di port pengisian daya dapat menghalangi koneksi ponsel ke sumber listrik. Oleh karena itu, Anda dapat memeriksa port pengisian daya perangkat dan mencoba membersihkannya.

Ini dapat dibersihkan dengan menggosok area tersebut dengan lembut atau menggunakan bola kapas kering. Untuk pemeriksaan lebih dekat, gunakan bantuan senter dan ejektor SIM untuk menghilangkan kotoran asing di port.

Pastikan Masalah Bukan Bug Pada Software

Masalah yang salah pada perangkat lunak terkadang menyebabkan ponsel tidak mengisi daya meskipun pesan mengatakan perangkat sedang diisi. Yang pasti, pengguna bisa memasang aplikasi Ampere untuk melihat besaran daya yang diberikan ke ponsel.

Jika ponsel sedang mengisi daya tetapi tidak menampilkan ikon pengisian daya, maka dapat dikatakan bahwa kondisi tersebut telah terjadi. Akibatnya, pengguna harus menunggu pembaruan perangkat lunak atau melakukan reset pabrik.

Baca juga: Android 15 Kembali Gunakan Nama Makanan Penutup?

Mungkin Ponsel Mengalami Kerusakan Air

smartphone Android_3c

Apabila kemasukan air, smartphone Android juga bisa jadi salah satu kendala dalam smartphone tidak bisa dicharge. (Sumber: Computerworld)

Bahkan pada perangkat kedap air, air yang masuk ke perangkat harus ditangani dengan hati-hati agar tidak menimbulkan kerusakan. Pengguna sama sekali tidak boleh mengisi daya saat ada kemungkinan berada di dalam air.

Untuk itu, hal pertama yang harus dilakukan adalah memastikan bagian dalam ponsel benar-benar kering dan menunggu selama 24 jam. Untuk mengeringkannya, pengguna dapat mengedarkan udara panas dengan pengering rambut atau merendam perangkat dalam beras kering.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Software

Unbox.id – Browser ponsel Android seringkali menyimpan file yang tidak diperlukan. Saat menjelajahi situs web, browser mengambil banyak data dari situs web yang dikunjungi....

Tech Industry

Unbox.id – Pasar smartphone Android belakangan ini mengalami lonjakan setelah sempat mengalami penurunan penjualan sebelumnya. Peningkatan ini bahkan bisa melebihi penjualan iPhone. Menurut studi...

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Unbox.id – Apple saat ini menghadapi tuntutan hukum dari Departemen Kehakiman AS. Perusahaan tersebut dituduh beroperasi secara monopoli dan menghindari persaingan. Dalam gugatannya, Departemen...

Tech Industry

Unbox.id – Android 15 dikabarkan memiliki fitur penting yang memungkinkan pengguna melacak ponsel yang hilang meski dalam keadaan mati. Seorang pengembang Android mengungkapkan di...