Connect with us

Hi, what are you looking for?

Software

Android 15 Muncul dengan Kode Nama Awalan Huruf V, Apa Itu?

Android 15
ilustrasi: berbagai sumber

Jakarta, Unbox.id – Sudah menjadi tradisi Google dalam menamai sistem operasi buatannya, yang dari generasi ke generasi selalu menggunakan nama kue. Termasuk generasi terbaru yang akan datang, Android 15.

Karakteristik Google dalam memberi nama kue pada sistem operasi tersebut adalah berdasarkan urutan abjad. Tradisi tersebut bermula saat Google menamai Android 1,5 dengan nama “cupcake”, lalu versi 1,6 adalah “donut”, dan seterusnya.

Baca juga: Google Pixel Watch, Jam Tangan Pintar dengan Fitur Sensor Kecelakaan

Pada versi terbaru yang rilis di tahun ini, Google menamai generasi keempat belas dengan nama “upside down cake” karena jatuh pada abjad “U”. Kabarnya, Android 15 akan rilis pada tahun 2024 dan memiliki kode nama dengan awalan huruf “V”.

Kode Nama untuk Android 15 Memiliki Awalan Huruf “V”

Melansir informasi dari berbagai sumber, terdapat temuan baru dari kode nama Android 15 tersebut. Dalam temuannya, sistem operasi yang konon akan meluncur di 2024 akan dinamai dengan nama “vanilla ice cream”.

Penemuan ini cenderung lebih cepat, mengingat versi 14 sendiri belum benar-benar rilis. Namun, kode nama untuk versi 15 telah muncul. Berbeda dari versi 14 yang baru muncul pada bulan April di tahun 2022 kemarin.

Baca juga: Google Drive Penuh? Ini Rekomendasi Penyimpanan Lain

Sebuah akun Twitter milik salah seorang jurnalis @mishaalrahman, memberikan ungkapan bahwa ini sedikit lebih cepat dari versi sebelumnya. Selain itu, ia juga melampirkan bukti kode nama “vanilla ice cream” dalam sebuah gambar postingannya.

Kode Nama Hanya Berlaku untuk Keperluan Internal

Meski kode nama Android 15 sendiri sudah terungkap, akan tetapi Google tentu tidak akan menggunakan nama tersebut untuk komersil. Seperti yang kita tahu, Google sudah menghapus tradisi penamaan kue dengan hanya menggunakan nama angka saja.

Hal ini sejatinya sudah berlaku sejak penamaan generasi kesepuluh pada 2019, Google tidak lagi menggunakan nama kue dalam sistem operasinya. Namun, nama kue akan tetap berlaku untuk keperluan kalangan internalnya saja.

Untuk generasi keempat belas, banyak yang sudah membocorkan apa saja keunggulan sistem operasi tersebut. Kabarnya, ia akan meluncur pada tahun ini dengan tanggal dan bulan yang belum pasti.

Sumber: Berbagai Sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Google memperkenalkan beberapa solusi baru pada acara Google Next 2024. Salah satu solusi yang dihadirkan pada acara tersebut adalah Gemini Code Assist...

Tech Industry

Unbox.id – Google Doodle hari ini merayakan Hari Bumi 2024 dengan serangkaian gambar yang menampilkan kata “Google” dari gambar satelit. Hari Bumi 2024 atau...

Tech Industry

Unbox.id – Google Pixel Fold memang tidak sepopuler merek ponsel layar lipat lainnya seperti Samsung, Oppo, atau Huawei. Meski begitu, Google Pixel Fold tetap...

Tech Industry

Unbox.id – Google dikabarkan akan meluncurkan Android 15 dalam waktu dekat. Android terbaru ini akan memperkenalkan banyak fitur dan keamanan baru yang dapat meningkatkan...