Connect with us

Hi, what are you looking for?

Software

Android 15 Kembali Gunakan Nama Makanan Penutup?

Android 15 name dessert_1a
Platform sistem Android 15 dikabarkan akan kembali menggunakan nama makanan penutup untuk sistemnya. (Sumber: 9to5Google)

Unbox.id – Belum resmi dirilis, prediksi nama Android 15 mendatang sudah bocor di internet. Android, salah satu sistem operasi paling populer di perangkat seluler, telah lama menggunakan nama dessert manis. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, Google memilih nama numerik yang lebih sederhana. Meskipun ada perubahan kecil, sepertinya perusahaan akan terus menggunakan kode internal bertema makanan penutup untuk rilis berikutnya.

Memiliki Referensi Khusus

Menurut Crash.Net, Android telah melanjutkan tradisi ini di semua versinya sejak 2009 dan mengubahnya menjadi patung hidup yang sesuai dengan namanya. Misalnya, Android 11 secara internal bernama Red Velvet Cake, Android 12 disebut Snow Cone, dan Android 13 diberi nama Tiramisu.

Namun, Google memutuskan untuk mengakhiri tradisi ini dari Android 10 dengan tidak menyebutkan nama makanan penutup dalam patung resmi yang dibuatnya.

Namun, ada referensi Red Velvet Cake pada Android 11 Statue dan Ice Cream pada Android 12 Statue, sedangkan Android 13 Statue hanya menampilkan angka tiga belas dan disebut Swing.

Baca juga: Google Akan Ubah Kamera Android Jadi Webcam?

Google Kembali Gunakan Nama Dessert Untuk Android 15

Android 15_1ac

Android untuk seri 15 dikabarkan akan kembali menggunakan nama makanan sebagai bagian dari sistemnya. (Sumber: SamNews 24)

Sebelumnya sempat dikabarkan bahwa Google akan kembali menggunakan nama bertema dessert manis dengan Android 14. Versi ini secara internal dikenal dengan nama Upside Down Cake atau Android U.

Pratinjau pengembang awal (developer preview) mengungkapkan kode makanan penutup Android 14 yang ditemukan pada Februari 2023. Baru-baru ini, dilaporkan bahwa nama kode Android 15 berikutnya adalah Vanilla Ice Cream atau Android V.

Seperti dikutip dari Gizchina, Senin 6 Maret 2023, sumber terpercaya di komunitas Android, Mishaal Rahman mengungkapkan bahwa beberapa pengembang telah menemukan jejak codename ini di dalam kode sistem operasi bawang merah.

Perlu diingat bahwa nama kode pencuci mulut ini biasanya hanya untuk penggunaan internal, bukan untuk tujuan promosi. Namun, ini dapat memberikan gambaran sekilas kepada pengguna tentang proses kreatif di balik pengembangan sistem operasi seluler ini.

Kilas Balik Penggunaan Dessert Jadi Kode Internal Android

Sejak 2009, Android telah mengimplementasikan codename bertema makanan penutup yang manis dengan Android Cupcake. Terlepas dari perubahan desain ulang Android 10, Google terus menggunakan nama makanan penutup untuk tim pengembangan internal perusahaan.

Jika penasaran, berikut adalah nama-nama makanan penutup yang digunakan sebagai kode internal untuk setiap versi Android sebelumnya.

  • Android 1.5: Cupcake
  • Android 1.6: DonutAndroid 2.0: Éclair
  • Android 2.2: Froyo
  • Android 2.3: Gingerbread
  • Android 3.0: Honeycomb
  • Android 4.0: Ice Cream Sandwich
  • Android 4.1: Jelly Bean
  • Android 4.4: KitKat
  • Android 5.0: Lollipop
  • Android 6.0: Marshmallow
  • Android 7.0: Nougat
  • Android 8.0: Oreo
  • Android 9.0: Pie
  • Android 10: Quince Tart
  • Android 11: Red Velvet Cake
  • Android 12: Snow Cone
  • Android 13: Tiramisu
  • Android 14: Upside Down Cake

Baca juga: Steve Jobs Bilang Android Pencuri, Perang Google Dan Apple?

Bocoran Tanggal Rilis Android 14

Saat ini, tidak ada versi beta atau terbuka Android 14 yang tersedia untuk pengembang, karena Android 14 masih dalam pengembangan saat ini. Meski begitu, jika kami menganalisis strategi Google sebelumnya, Pratinjau Pengembang, dan peningkatan eksperimental untuk Google Pixel, kemungkinan dari Pixel 5 ke atas, Android 14 akan mulai dirilis pada Februari 2023.

Berdasarkan timeline tahun lalu, publik harus menunggu hingga Mei 2023 untuk bisa menjajal Android 14, namun belum diketahui tanggal pastinya. Sedangkan versi beta akan dirilis pada bulan Mei dan developer preview akan dirilis pada bulan Februari.

Versi final akan dirilis pada akhir musim panas, setidaknya September mendatang. Versi resmi dan stabil Android 14 akan dirilis setidaknya akhir Agustus atau awal September 2023.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Software

Unbox.id – Browser ponsel Android seringkali menyimpan file yang tidak diperlukan. Saat menjelajahi situs web, browser mengambil banyak data dari situs web yang dikunjungi....

Tech Industry

Unbox.id – Pasar smartphone Android belakangan ini mengalami lonjakan setelah sempat mengalami penurunan penjualan sebelumnya. Peningkatan ini bahkan bisa melebihi penjualan iPhone. Menurut studi...

Tech Industry

Unbox.id – Google dikabarkan akan meluncurkan Android 15 dalam waktu dekat. Android terbaru ini akan memperkenalkan banyak fitur dan keamanan baru yang dapat meningkatkan...

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Unbox.id – Apple saat ini menghadapi tuntutan hukum dari Departemen Kehakiman AS. Perusahaan tersebut dituduh beroperasi secara monopoli dan menghindari persaingan. Dalam gugatannya, Departemen...